Seri Belajar Bersama si Kecil: Mengenalkan Beragam Alat Transportasi

  • Whatsapp
Seri Belajar Bersama si Kecil: Mengenalkan Beragam Alat Transportasi


Mendampingi anak belajar dapat menjadi momen paling berharga. Ada banyak hal yang bisa Parents ajarkan kepada mereka. Termasuk mengajarkan mereka benda-benda yang ada di kehidupan sehari-hari, misalnya mengenalkan alat transportasi.

Bacaan Lainnya

Tips Mengenalkan Alat Transportasi kepada Anak

Ada banyak cara yang dapat Parents lakukan untuk mengenalkan alat transportasi kepada si kecil. Dapat dimulai dengan membacakan kisah tentang sejarah transportasi. Kemudian kenalkan mereka dengan beragam jenis moda transportasi.

Selain melalui media bacaan, Parents bisa membuat suasana belajar makin seru dengan kegiatan menggambar dan mewarnai alat transportasi. Lebih bagus lagi jika Anda dan si kecil merencanakan rekreasi dengan mencoba berbagai jenis moda transportasi tersebut. Ajarkan pula mereka etika saat menggunakan transportasi massal.

Sejarah Alat Transportasi

 

Seri Belajar Bersama si Kecil: Mengenalkan Beragam Alat Transportasi

Alat transportasi adalah sarana yang digunakan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Bisa digerakkan dengan tenaga manusia, hewan atau mesin. Alat transportasi sendiri dibagi menjadi 3 jenis sesuai jalur yang dilewatinya, yaitu darat, laut, dan udara.

Sejarah transportasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah memindahkan suatu barang. Pada masa itu juga manusia sudah menggunakan hewan tunggangan seperti kuda sebagai alat transportasi.

Seri Belajar Bersama si Kecil: Mengenalkan Beragam Alat Transportasi

Perkembangan transportasi setelah zaman industrialisasi berjalan sangat cepat. Dimulai dengan penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin dengan pembakaran dalam.

Penemuan selanjutnya yang sangat mempengaruhi sistem transportasi adalah dengan dikembangkannya mesin turbin gas, yang kemudian menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Di transportasi laut penemuan yang spektakuler adalah dengan pengembangan bahan bakar nuklir, banyak digunakan untuk kapal selam.

11 Jenis Alat Transportasi yang dapat Dikenalkan kepada si Kecil

Alat Transportasi Darat

1. Kereta kuda

mengenalkan alat transportasi

Kereta kuda merupakan alat transportasi darat yang paling sering digunakan sebelum ditemukannya mesin motor penggerak. Kendaraan Kereta kuda merupakan kendaraan beroda yang terdiri atas 1 kotak besar, setengah bundar maupun jenis lain yang ditarik oleh kuda.

2. Sepeda, Alat Transportasi Roda Dua

Seri Belajar Bersama si Kecil: Mengenalkan Beragam Alat Transportasi

Kendaraan ini memiliki tempat duduk, setang, dan ditopang oleh pegas. Terdapat sepasang pengayuh yang digerakkan dengan menggunakan kaki untuk bisa menjalankan sepeda.

Biasanya sepeda memiliki dua roda, namun ada pula sepeda dengan tiga sampai empat roda. Seiring perkembangan zaman, jenis sepeda pun semakin beragam. Mulai dari model klasik seperti sepeda onthel, ada pula sepeda balap, sepeda lipat, hingga yang terbaru yaitu sepeda listrik.

Setelah ditemukannya mesin, sepeda menjadi lebih modern dengan ditemukannya sepeda motor. Bentuknya sedikit mirip dengan sepeda, yakni kendaraan roda dua yang digerakkan oleh mesin sehingga tak perlu lagi mengayuh pedal agar sepeda motor bisa berjalan. 

3. Becak, Alat Transportasi Roda Tiga

Seri Belajar Bersama si Kecil: Mengenalkan Beragam Alat Transportasi

Becak merupakan alat transportasi beroda tiga yang banyak ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian negara Asia. Dalam bentuk tradisionalnya, becak digerakkan dengan tenaga manusia, pengemudi akan mengayuh sepeda yang terdapat di bagian belakang bangku penumpang.

Ada pula becak yang digerakkan dengan tenaga mesin, dalam hal ini sepeda motor. Moda transportasi yang satu ini cukup popular di sejumlah daerah, salah satunya di Sulawesi Selatan. Kendaraan in dikenal dengan nama bentor, singkatan dari becak motor.

Artikel terkait: Belajar di Rumah, Mengenalkan Alam pada Anak Sejak Dini

4. Mobil, Alat Transportasi Roda Empat

mengenalkan alat transportasi

Mobil adalah kendaraan yang menggunakan mesin bermotor dengan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Sejarah mobil dimulai dengan ditemukannya mesin uap dan menjadi alat yang menggerakan mobil di masa awal-awalnya.

Setelah ditemukan mesin bermotor, mobil beralih menggunakan mesin bermotor sebagai penggeraknya. Di zaman sekarang perkembangan mobil terus berkembang dengan ditemukannya mobil listrik yang ditenagai oleh baterai.

5. Mengenalkan Alat Transportasi Darat Truk

mengenalkan alat transportasi

Truk adalah moda transportasi darat yang umumnya digunakan sebagai alat pengangkut barang. Ukuran truk lebih besar daripada mobil biasa, dengan jumlah roda yang juga lebih banyak.

Truk yang paling kecil memiliki 4 roda. Sedangkan yang paling besar adalah jenis truk trailer tronton dengan jumlah roda mencapai 22 buah.

6. Kereta api

mengenalkan alat transportasi

Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang ditarik sepanjang jalur kereta api (rel) untuk mengangkut kargo atau penumpang. Awalnya, kereta api menggunakan mesin uap sebagai penggeraknya. Kereta api kemudian berkembang dengan menggunakan diesel dan listrik.

Kereta api sendiri umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Kereta juga mengalami perkembangan yang pesat sepanjang sejarah. Bahkan, di Jepang terdapat kereta api listrik yang dapat melaju hingga kecepatan 350 km/jam, yang dinamai Shinkansen.

Alat Transportasi Laut

7. Sampan

Seri Belajar Bersama si Kecil: Mengenalkan Beragam Alat Transportasi

Merupakan sebuah perahu kayu yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengapung di air. Sampan biasanya berukuran sekitar 3,5 hingga 4,5 meter yang digunakan sebagai alat transportasi laut, sungai dan danau atau menangkap ikan. Alat transportasi yang satu ini dapat mengangkut penumpang 2 – 8 orang, tergantung ukuran sampan.

Sampan digerakkan dengan sepotong galah, dayung atau dapat pula dipasangi motor di bagian belakangnya. Ada juga sampan yang memiliki layar sebagai penggeraknya. Sampan masih banyak digunakan oleh penduduk di Asia Tenggara, khususnya Malaysia, Indonesia, Bangladesh, dan Vietnam.

8. Mengenalkan Alat Transportasi Kapal Laut pada Anak

mengenalkan alat transportasi

Kapal merupakan kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut atau sungai. Di masa lampau, kapal digerakkan oleh tenaga angin dengan menggunakan layar. Para awak kapal layar menggunakan bintang sebagai alat bantu navigasi dengan alat bantu berupa kompas, astrolabe, serta peta.

Penemuan mesin bermotor turut mempengaruhi perkembangan kapal. Sekarang hampir semua kapal di seluruh dunia sudah menggunakan mesin bermotor. Navigasinya turut berkembang dengan ditemukannya GPS yang jauh lebih akurat.

Artikel terkait: Kapan Mulai Mengenalkan Komputer untuk Anak?

9. Kapal Selam

mengenalkan alat transportasi

Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air. Umumnya kapal selam tidak digunakan untuk mengangkut penumpang, namun lebih digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer.

Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar. Kendaraan ini beroperasi di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.

Mengenalkan Alat Transportasi Udara

10. Pesawat Terbang

mengenalkan alat transportasi

Merupakan sebuah alat transportasi yang dapat terbang dengan bantuan tenaga mesin jet. Mesin jet menghasilkan daya dorong yang menjaga pesawat tetap berada di udara. Pesawat dilengkapi sayap serta pengendali untuk mengarahkan pesawat.

Jenis pesawat pun beraneka ragam sesuai tujuan penggunaannya. Ada pesawat komersial yang digunakan untuk mengangkut penumpang, pesawat kargo yang digunakan untuk pengangkutan barang atau komoditas lainnya, hingga pesawat militer yang berfungsi untuk berbagai keperluan militer.

11. Helikopter

mengenalkan alat transportasi

Helikopter adalah pesawat udara bersayap putar yang digerakkan oleh rotor atau baling-baling. Saat rotor berputar, udara akan bergerak pada permukaan atas rotor yang mengakibatkan tekanan di atas rotor lebih rendah dari yang di bawah rotor sehingga helikopter terangkat ke atas.

Penggunaan helikopter umumnya tidak ditujukan untuk mengangkut penumpang. Namun lebih banyak digunakan untuk keperluan militer atau kargo.

****

Nah, itulah tadi jenis-jenis alat transportasi yang dapat Parents kenalkan kepada si kecil. 

Baca juga:

Mengenalkan Aritmetika Pada Balita dengan Metode Montessori

Mengenalkan dan Mendidik Disiplin Waktu pada Anak

6 Alasan untuk Mengenalkan Bahasa Inggris pada Anak

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *