Tingkatkan Daya Industri Pariwisata DIY, Sandiaga Uno Paparkan 3 Jurus

  • Whatsapp
Tingkatkan Daya Industri Pariwisata DIY, Sandiaga Uno Paparkan 3 Jurus
banner 468x60


Suara-Pembaruan.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memaparkan tiga jurus untuk meningkatkan daya saing pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Bacaan Lainnya
banner 300250

Hal ini diungkapkan oleh Sandiaga Uno dalam pernyataan di Jakarta, Jumat, 21 Mei 2021. Pihaknya mengatakan jurus pertama untuk memperkuat daya tahan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) selama masa pandemi COVID-19 ini adalah memberikan pelatihan keterampilan untuk melahirkan inovasi baru.

“Pertama adalah peningkatan keterampilan, apa yang kita dengar dari para pelaku parekraf, kita harus memastikan bahwa Kemenparekraf memberikan keterampilan yang diperlukan untuk era baru dari segi pemasaran ekonomi kreatif berbasis online sampai ke pembuatan konten,” ujar Sandiaga Uno.

Jurus kedua adalah menyiapkan program yang berkeadilan bagi pelaku industri maupun masyarakat, karena selama ini dunia pariwisata dan ekonomi kreatif belum mampu menarik minat warga untuk hadir dan menikmati kunjungan wisata.

“Kedua adalah program yang berkeadilan. Bagaimana sekarang pariwisata dan ekonomi kreatif itu tidak eksklusif tapi justru hadir untuk masyarakat yang selama ini tertekan oleh pandemi COVID-19,” ujar Sandiaga Uno.

Ia memastikan program berkeadilan ini akan menyasar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif pemula yang ingin mengembangkan potensinya agar sektor ini dapat berkembang secara maksimal dan mampu dilirik oleh masyarakat.

Terakhir Sandiaga Uno menegaskan Kemenparekraf siap mendukung penuh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dengan memberikan bantuan berupa dana hibah agar sektor ini dapat bertahan dan bangkit dari keterpurukan ekonomi.

“Bantuan-bantuan kami harus tepat sasaran. Tidak boleh kita lengah karena sebentar lagi kami akan meluncurkan dana hibah pariwisata. Saya dan jajaran akan memastikan dan hibah pariwisata maupun bantuan-bantuan lain itu menyasar masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” katanya.

Sebelumnya Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Yogyakarta pada Kamis (20/5) untuk melihat hasil karya UMKM serta melakukan dialog kepada para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah tersebut.

Sandiaga juga melihat pameran UMKM Yogyakarta seperti Pie Salak Chooby (Kue), Berkah Keramik Hias (kerajinan kerambah), Kalani Woods (Fashion), Kurnia Lurik Jaya (Kain Lurik), Omah Kreatif Dongaji (Fashion Batik), Agemanjiwa (fashion ecoprint), Pasar Ndelik Puri Mataram (Jajanan pasar), Sekna dan Geprania (snack). (red/pen)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *