WIKA Raih Rekor MURI ‘Building Information Modelling’

  • Whatsapp
WIKA Raih Rekor MURI 'Building Information Modelling'


Bacaan Lainnya

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) meraih Rekor MURI untuk BIM (Building Information Modelling), meluncuran Program Pengembangan Keprofresian Berkelanjutan (PPKB) Online dan membagikan 15 ribu paket sembako di seluruh Indonesia jelang hari raya Idul Fitri.

WIKA didaulat oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Perusahaan Pertama Penyelenggara Kompetisi BIM Tingkat Nasional di Indonesia. Pemecahan rekor ini menyusul kesuksesan program BIMWIKA Awards yang telah diselenggarakan sejak tahun 2019 lalu. BIM WIKA Awards hadir untuk mendorong peningkatan pengetahuan dan kompetensi engineer muda Indonesia terutama dalam pemanfaatan Building Information Modelling (BIM). Dengan mengikuti pembekalan maupun kompetisi, para peserta diharapkan menjadi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja di sektor konstruksi. Pada perhelatan 2020, BIM WIKA Awards telah diikuti oleh 438 peserta dari 71 Institusi Pendidikan mulai dari Sekolah Menengah Atas hingga Perguruan Tinggi di 18 Provinsi seluruh Indonesia.

Piagam Perusahaan Pertama Penyelenggara Kompetisi BIM Tingkat Nasional di Indonesia diberikan langsung oleh Senior Manager MURI, Yusuf Ngadri kepada Direktur QHSE WIKA, Rudy Hartono didampingi Kepala Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Jasa dan Usaha Sektor LPJK Prof. Dr. Manlian Ronald Adventus Simanjuntak, Kepala Divisi Engineering WIKA Achmadi Tri Cahyono, Kepala Divisi QHSE WIKA Bimo Prasetyo dan GM BIM WIKA Romi Ramadhan pada, Kamis (6/5).

“Capaian ini mencerminkan komitmen yang kuat dari WIKA untuk berada satu langkah lebih di depan dalam hal inovasi maupun optimalisasi teknologi di dunia konstruksi. WIKA percaya bahwa teknologi akan memainkan peranan penting untuk menjadikan proses pembangunan konstruksi yang lebih efektif baik dari sisi waktu juga biaya,” kata Direktur QHSE WIKA, Rudy Hartono di Jakarta, Selasa (11/5).

Selain itu, Perseroan juga baru saja meluncurkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Online bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Peluncuran PPKB Online tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Jasa dan Usaha Sektor LPJK, Manlian Ronald Adventus Simanjuntak.

“Saya dan kita semua berharap ini menjadi semangat baru untuk terus berkembang meningkatkan kompetensi dan menjaga kualitas SDM unggul bagi WIKA dan Indonesia melalui program pengembangan kompetensi. Karena kami memandang setiap Insan adalah motor inovasi bagi kemajuan bangsa,” kata Direktur QHSE WIKA, Rudy Hartono.

Melalui kerja sama PPKB WIKA – LPJK ini, setiap program pendidikan/pelatihan, sharing knowledge maupun Awards dapat diakui secara resmi oleh LPJK dan bermanfaat dalam perpanjangan Sertifikasi Keahlian (SKA). Pada pembentukan PPKB Online WIKA ini, salah satu program unggulan yang akan diajukan adalah Pelatihan BIM (BIM E-Learning) yang merupakan program pelatihan implementasi BIM dalam pelaksanaan proyek konstruksi melalui pembelajaran online berkelanjutan.

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), WIKA melaksanakan aksi berbagi sembako dalam suasana Ramadhan 1442 H. Berkat dukungan proyek-proyek dan anak perusahaan, sembako yang disalurkan mencapai 15.000 paket di berbagai daerah di Indonesia.

WIKA sendiri bergabung dengan Kementerian BUMN, Forum CSR DKI dan BUMN lainnya menyalurkan 3417 paket sembako di Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Kegiatan penyaluran bantuan lainnya dilaksanakan oleh sejumlah tim proyek termasuk proyek pengerjaan Kabel Laut 150kV Sumatera Selatan dan Bangka Belitung dan proyek pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian nikel di Kolaka juga turut menyalurkan bantuan sembako untuk masyarakat di sekitar proyek.

Pada kurun waktu yang sama, anggota WIKA Group lainnya juga turut melakukan aksi serupa di daerah yang menjadi wilayah operasi. Penyaluran sembako oleh WIKA Gedung ditujukan bagi masyarakat yang kondisi ekonominya terdampak COVID-19, sementara anggota WIKA Group lain yaitu WIKA Bitumen, WIKA Beton dan WIKA Industri Energi menyalurkannya kepada masyarakat di daerah sekitar pabrik yang terletak di Pulau Sumatera, Jawa, maupun Sulawesi.

“Kami berharap bantuan ini akan bermanfaat terutama dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1442 H bersama keluarga di rumah, terlebih di masa pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih belum berakhir,” kata Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *