Xpander Baru Pakai Transmisi CVT dan Upgrade Suspensi, Ini Keunggulannya – Otomotif – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Jakarta, Majalahtime.com – Dua hari menjelang pembukaan hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang bakal berlangsung 11 – 21 November4, PT PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan versi terbaru dari Low MPV Mitsubishi Xpander (Mitsubisi New Xpander) dan New Xpander Cross. Dengan peluncuran itu, MMKSI seakan telah mulai “perang” di pasar Low MPV jilid II.

Bacaan Lainnya

Mengapa disebut perang Low MPV jilid II, karena kondisi pasar saat ini benar-benar berbeda karena masih dalam bekapan pandemi Covid-19. Pada satu sisi – di saat bersamaan – pabrikan yang bermain di segmen pasar tersebut juga tengah bersiap diri meluncurkan versi paling gres alias paling anyar dari Low MPV buatannya, yakni Toyota dengan All New Avanza, Daihatsu dengan All New Xenia, Suzuki yang kabarnya juga menyodorkan Ertiga terbaru.

Melangkah ke ajang pertempuran ini, Xpander terbaru mendapatkan sederet amunis baru pula, selain ubahan tampilan baik di eksterior maupun interior. Namun, yang paling menarik adalah perubahan pada perangkat transmisinya, yang berubah dari transmisi otomatis 4AT ke transmisi CVT (Continously Variable Transmission), selain mendapatkan up-grade perangkat sistem suspensi.

Tampilan bagian depan Mitsaubishi New Xpander dilihat dari samping – dok.MMKSI.jpg

“Kami tidak sekadar menghadirkan dua produk baru, namun juga melengkapinya dengan berbagai inovasi baru yang membuat dua New Xpander ini semakin memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara,” ungkap Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura dalam sambutan peluncuran secara virtual mobil tersebut di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Ubahan pada bagian eksterior terlihat mulai dari format lampu utama yang kini berubah menjadi horisontal (T-Shape), dengan teknologi pencahayaan LED projector. Dengan format ini, lampu tersebut posisinya terlihat lebih tinggi, apalagi ground clearance-nya kini menjadi 220 milimeter.

Dengan posisi seperti itu maka jangkauan penerangan lampu lebih jauh dan lebih lebar. Tentu, hal ini akan membuat berkendara lebih aman dan nyaman, khususnya pada saat malam hari.

“Terlebih, foglamp model baru ini juga menggunakan LED,” tutur Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro.

Direksi PT MMKSI saat peluncuran Mitsubishi New XPander dan New Xpander Cross – dok.MMKSI

Mitsubishi juga melakukan ubahan pada pelek. Palangnya dibuat lebih pipih dengan posisi sedikit miring. Walhasil, mencuatkan kesan dinamis.

Ubahan juga terlihat di bagian bumper belakang. Gaya desainnya terlihat lebih lugas namun terkesan lebih kaku dan lebih kuat, sehingga auran sporty lebih kentara.

Bagian kabinnya sudah menggunakan material soft touch pada dashboard dan door trim, kemudian desain setir baru serta interiornya dibalut warna Black & Navy dengan penggunaan kulit sintetik dengan heat guard. Ukuran head unitnya lebih besar (dari yang semula 7 inci menjadi 9 inci), panel tersebut sudah layar sentuh. Desain warna pada kluster meter kini juga sudah diperbarui dengan penggunaan layar LCD.

“Selain itu ada floor console dengan arm rest baru dan di jok baris kedua sekarang ada arm rest dengan cup holder. Sistem pendingin udara pada Xpander Cross terbaru ini juga sudah digital,” ujar Irwan.

Mitsubishi Xpander Cross versi terbaru – dok.MMKSI

Transmisi CVT
Ihwal penggunaan transmisi otomatis CVT, Irwan sempat menyinggung soal keunggulannya. Antara lain, memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajaml ayaknyatransmisi AT 8 percepatan.
Selain itu juga berdampak pada meningkatnya tingkat efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan gigi yang mulus dan lebih halus. Berkendara pun lebih nyaman.

Secara teori, transmisi CVT bobotnya memang lebih ringan. Walhasil, beban mesin pun juga terkurangi. Ujungnya, konsumsi BBM juga lebih irit dibanding transmisi otomatis biasa.

Sementara, di perangkat sistem suspensi, New Xpander menggunakan shock absorber yang mengadaptasi sistem suspensi Pajero Sport dengan tuning terbaru. Upgrade ini diklaim mampu meningkatkan pengendalian dan stabilitas meskipun berkendara di jalan yang tidak mulus.

Mitsubishi New Xpander kini menggunakan transmisi otomotis CVT – dok.MMKSI

“Seperti dalam tayangan video yang dibagikan sebelum peluncuran tadi, saya telah mencoba New Xpander ini di berrbagai lintasan. Hasilnya pengendalian stabil dan tetap nyaman meski di medan yang kurang bagus,” ujar pembalap nasional Rifat Sungkar yang hadir dalam peluncuran tersebut.

Xpander anyar ini Masih mengusung mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve berstandar Euro4. Semburan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm disalurkan ke roda menggunakan dua pilihan transmisi yakni manual atau otomatis CVT.

Selain itu, sederet fitur keamanan canggih pun disematkan. Soal harga, baru akan diumumkan saat mobil dibawa ke hajatan GIIAS 2021. (Fan/Ara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *