14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun, Pakai Bahan Alami yang Ada di Dapur!

  • Whatsapp
14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun, Pakai Bahan Alami yang Ada di Dapur!
banner 468x60


Kehadiran tikus di rumah sungguh menjijikkan. Pasalnya, binatang hama ini dapat menyebarkan penyakit melalui urin dan fesesnya, berkembang biak memenuhi rumah, serta menyebabkan kerusakan pada furnitur dan perlengkapan rumah tangga. Lalu, adakah cara mengusir tikustanpa racun?

Bacaan Lainnya
banner 300250

Yuk, usir tikus-tikus nakal itu dari rumah Anda menggunakan bahan-bahan alami, tanpa racun sama sekali!

14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun

1. Gunakan Minyak Esensial

Ada beberapa aroma minyak esensial yang tak disukai tikus. Yaitu, aroma peppermint, cengkih. Kalau ada minyak sereh juga boleh. Basahi bola-bola kapas dengan minyak esensial aroma ini, lalu letakkan kapas di lemari, sudut ruang, laci, ruangan atau area lain yang mungkin disinggahi tikus. Memang, sih, aroma ini tidak bisa membasmi tikus hama, tapi paling tidak bisa membuat mereka mabuk dan terkulai lemas.

Artikel terkait: Minyak esensial untuk bayi, ini aturan penting penggunaannya

2. Cengkeh Juga Mujarab sebagai Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun

cara mengusir tikustanpa racun

Kalau kesulitan mendapatkan minyaknya, langsung kasih cengkih aslinya saja, Bunda. Caranya dengan membungkus cengkih kering ke dalam kain kasa dan meletakkannya di sarang tikus.

3. Cuka Melemahkan Curut

14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun, Pakai Bahan Alami yang Ada di Dapur!

Cairan asam beraroma khas ini sangat ditakuti tikus. Campur sebotol kecil cuka pada air pel, lalu pel seluruh lantai menggunakan campuran air tersebut. Biar makin afdol, celupkan bola-bola kapas ke dalam cuka, dan letakkan di lokasi favorit tikus.

4. Bawang Putih

cara mengusir tikustanpa racun

Cara mengusir tikus dengan bawang putih sama seperti saat Anda mengusir tikus menggunakan kantung teh atau juga cengkih. Bungkus beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas –kalau bisa diiris-iris agar aromanya lebih keluar- dengan kain kasa. Setelah dibungkus, taruh di daerah yang sering dihampiri tikus.

5. Kulit telur sebagai Cara Mengusir Tikus tanpa Racun

cara mengusir tikus

Anda mungkin tak pernah berpikir bahwa ‘sampah’ telur ini bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat di rumah. Nah, kalau rumah Anda banyak tikusnya, jangan pernah lagi Anda membuang kulit telur.

Haluskan kulit telur menjadi serbuk lalu taburkan di tempat-tempat tikus sering mampir.

6. Coba Larutan Cabai atau Lada

cara mengusir tikus

Tikus paling tidak suka aroma pedas. Jadi, yuk, coba larutan cabai pekat dan semprotkan di tempat-tempat yang mungkin dikunjungi tikus, seperti di bawah kompor atau di balik lemari. Jika tak sengaja mengenai badannya, tikus akan merasa kepanasan dan lari ngibrit menjauhi area tersebut. Senyawa piperin pada lada juga sangat menyengat dan bikin tikus menjauh.

Pastikan Anda menyemprotkan air cabai di area yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan juga, ya, Bunda.

7. Baking soda Bisa Digunakan sebagai Cara Mengusir Tikus tanpa Racun

cara mengusir tikus

Pancing tikus dengan meletakan makanan yang disukainya yang dicampur baking soda. Saat tikus memakannya, perutnya pasti kembung. Bunda, tikus tak bisa mengeluarkan gas dari perutnya atau bersendawa. Dan oleh karena itu ia akan mati dengan sendirinya.

8. Cara Mengusir Tikus dengan Kantung teh bekas

14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun, Pakai Bahan Alami yang Ada di Dapur!

Selain bisa mengempiskan kantung mata yang bengkak, kantung teh bekas juga bisa mengusir tikus. Sesudah minum teh, jangan langsung buang kantong tehnya ya, Bunda. buang sembarangan saja kantung teh itu di area yang biasa disinggahi tikus, mereka pasti akan mati.

Aroma teh katanya bisa mengiritasi hidung dan saluran pernapasan tikus.

Artikel terkait: 10 Cara Bantu Hilangkan Kantung Mata yang Bikin Wajah Tampak Layu

9. Daun salam

cara mengusir tikus

Daun salam itu pengusir hama paling andal! Kalau Anda punya stok daun salam yang banyak di dapur, ambil sejumput dan letakkan dengan manis di tempat-tempat yang Anda curigai sebagai sarang tikus.

10. Cara Mengusir Tikus tanpa Racun dengan Taburan Kopi

cara mengusir tikus

Salah satu lagi aroma yang tak disukai tikus adalah kopi karena aromanya yang kuat dan tajam. So, tunggu apa lagi, Bunda. taburkan kopi di pojokan, lubang atau ‘jalan’ tikus yang ada di dalam tumah Anda.

11. Tutupi dengan Sabut Baja

14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun, Pakai Bahan Alami yang Ada di Dapur!

Image: Pinterest

Penuhi lubang-lubang kecil dalam rumah Anda dengan sabut baja. Dijamin tikus tidak akan bisa ‘mendobrak’ atau menggigitnya karena teksturnya yang sangat keras. Lumayan bisa mencegah pengacau kecil ini datang, kan!

12. Blok dengan Lakban

14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun, Pakai Bahan Alami yang Ada di Dapur!

Kalau tidak punya atau sulit mendapatkan sabut baja, pakai lakban saja. Tutupi lubang dengan lakban, selesai! Tikus pasti tidak akan bisa masuk.

13. Pasang Perangkap Tikus

14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun, Pakai Bahan Alami yang Ada di Dapur!

Image: Good Housekeeping

Cari perangkap yang tak membuat tikus mati di suatu tempat dan membusuk di sana. Dikhawatirkan Anda akan kesulitan mencari sumber bau dan pasti membersihkannya sulit sekali. Gunakan perangkap yang lebih manusiawi, di mana tikus tertangkap dalam kondisi masih hidup.

Cobalah membuat perangkap sendiri dengan menggunakan benda-benda yang ada di rumah.

14. Memelihara Kucing atau Anjing

cara mengusir tikustanpa racun

Punya binatang peliharaan seperti kucing atau anjing lumayan efektif mengusir tikus dari rumah Anda, Bunda. Pasalnya, dua binatang ini bisa mengendus keberadaan tikus dan mengejar untuk menangkapnya. Persis seperti yang ada di film Tom and Jerry, Bunda!

Jenis Penyakit yang Disebarkan Tikus

14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun, Pakai Bahan Alami yang Ada di Dapur!

Penampakannya mungkin lucu dan menggemaskan. Tapi jika membayangkan dampak penyakit yang bisa disebarkannya, duh, mengerikan! Ini dia beberapa jenis penyakit yang bisa dibawa dan disebarkan tikus hama:

  • Sindrom paru hantavirus dan koriomeningitis limfositik. Menghirup debu yang mengandung urin dan kotoran tikus dapat menyebabkan penyakit pada sistem pernapasan dan neurologis. Hewan biasanya ‘melabeli’ daerah kekuasaannya dengan buang air kecil atau besar di area tersebut. Aroma kotoran tikus ini sangat khas. Jika Anda menciumnya, buru-buru deh, Bunda, cari dan bersihkan tempat tersebut. Jangan lupa cuci bersih tangan Anda setelahnya, ya. Gigitan tikus juga bisa mengakibatkan penyakit ini. tapi kasus gigitan tikus jarang terjadi.
  • Leptospirosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri melalui air minum yang mengandung sisa air seni dari hewan yang terinfeksi. Hewan peliharaan juga bisa berisiko terkena penyakit ini. Jika rumah Anda ada tikusnya, sebaiknya jangan lagi menggunakan piring, gelas, mangkuk makan hewan peliharaan, atau alat makan/masak lainnya yang tergeletak di meja, atas kulkas atau lemari semalaman.
  • Bakteri salmonellosis bisa menyerang siapa saja, dan sangat berisiko jika menginfeksi anak berusia di bawah 5 tahun. Bakteri ini ditularkan melalui kotoran tikus.
  • Tifus dan cacar yang disebabkan infeksi Rickettsial. Bakteri ini disebabkan oleh kutu dan tungau tikus.

Artikel terkait: Praktis dan Harganya Terjangkau, 7 Merek Racun Ini Ampuh Basmi Tikus!

Tips Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun agar Tidak Datang Kembali

14 Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun, Pakai Bahan Alami yang Ada di Dapur!

Satu-satunya cara mencegah rumah Anda kedatangan tikus hama adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Berikut beberapa tip yang bisa Anda pelajari:

  • Makan hanya di meja makan. Ini untuk menghindari makanan jatuh di banyak lantai.
  • Simpan bahan makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan tepung di dalam wadah yang tertutup rapat. Jika disimpan di dalam plastik, tikus masih bisa merobeknya.
  • Lap permukaan meja makan dan memasak setelah tidak digunakan. Tikus senang mendatangi tempat-tempat yang jorok. Bersihkan juga sisa makanan yang jatuh di lantai, di bawah furnitur, dan di sekitar peralatan makan atau masak.
  • Bersihkan mangkuk makanan hewan peliharaan setelah ia makan, dan jangan lupa juga menutup kantong atau wadah makanan hewan peliharaan Anda.

Umpan beracun mungkin tampak seperti solusi yang mudah, tetapi juga bisa berisiko. Racun tikus juga berisiko menyakiti hewan peliharaan (jika ada) atau anak-anak. jadi, gunakan bahan-bahan alami di atas sebagai cara mengusir tikus, ya, Bunda.

Baca juga:

15 Cara Membasmi Rayap yang Mengganggu dan Merusak Perabotan Rumah

10 Cara Menghilangkan Kutu Beras Menggunakan Bahan Alami di Rumah

12 Cara Ampuh Mengusir Semut dengan Bahan Sederhana hingga ke Sarangnya

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *