5 Kerajinan Tangan yang Mudah Dibuat Bersama Anak

  • Whatsapp
5 Kerajinan Tangan yang Mudah Dibuat Bersama Anak


Parents, seberapa sering mengajak anak membuat kerajinan tangan? Kerajinan tangan untuk anak-anak ternyata bisa membantu si kecil mengeluarkan kreativitasnya. Oleh karena itu, orang tua dan para guru yang ada di sekolah bisa membantu anak-anak mempertajam imajinasi dengan mengajak mereka  membuat kerajinan tangan. 

Bacaan Lainnya

Kerajinan tangan yang bisa dibuat oleh anak-anak juga sangat beragam mulai membuat origami sampai dengan mengelola barang bekas menjadi sesuatu yang berguna. Ada banyak ide kerajinan tangan yang  bisa dicoba. Berikut ini beberapa kerajinan tangan sederhana untuk anak-anak sampai dengan anak usia dini. 

5 Ide Kerajinan Tanganuntuk Anak yang Bisa Melatih Kreativitas

Berikut ini beberapa contoh kerajinan tangan untuk anak yang mudah dibuat:

1. Lukisan Daun

Foto: preschoolzone.co.uk

Bunda bisa mengajak si kecil membuat lukisan daun. Lukisan daun menarik dan hasilnya pun bisa dipajang di kamarnya. Peralatan yang dibutuhkan antara lain daun dengan beraneka bentuk, cat air, kertas sampai dengan sikat gigi bekas.

Tuangkan cat air ke dalam wadah. Campur dengan sedikit air. Tata daun di atas kertas. Ambil sikat gigi dan celupkan pada wadah yang berisi cat air. Tiriskan supaya tidak menetes. Pegang sikat gigi di atas daun dengan bulu sikat yang menghadap ke bawah. Gerakkan ibu jari pada bulu sikat gigi secara perlahan sampai cat air terciprat pada kertas gambar. Lakukan tipis-tipis saja. Jika cat air sudah kering, angkat saja daunnya.

Ambil beberapa helai daun kemudian tata dengan rapi dengan cara ditumpuk. Ulangi langkah di atas. Tunggu sampai kering dan angkat daunnya. Lukisan daun pun sudah jadi.

Artikel terkait: 4 Hal Pembunuh Kreativitas Anak

2. Koran Bekas/Kertas Bekas

5 Kerajinan Tangan yang Mudah Dibuat Bersama Anak

Foto: Twitter

Koran atau kertas bekas bisa dibuat sebagai kerajinan tangan. Salah satu idenya yaitu burung merak dari kertas. Siapkan kertas berukuran 20 x 20 cm satu lembar dan kertas buffalo/kertas tebal berukuran 10 x 6 cm dan 24 x 15 cm sebanyak dua lembar.

Buat burung merak dengan kertas berukuran 20 x 20 cm. Lipat kertas ini membentuk akordion kemudian lipat menjadi dua. Gambar pola kepala, paruh, badan dan ekor pada kertas yang berukuran 10 x 6 cm. Guntinglah gambar tersebut.

Lalu ambil kertas berukuran 24 x 15 cm dan jadikan alas untuk burung merak. Tempelkan sisi bawah lipatan sayap merak pada alas. Buatlah bulu merak dengan membuat dua bulatan dan tempelkan pada tubuh merak.

Artikel terkait: 8 Tips Mendukung Kreativitas Anak ala Kemendikbud, Parents Sudah Tahu?

3. Botol Bekas

Kerajinan Tangan

Foto: sapakabar.blogspot.co.id

Botol bekas seringkali dibiarkan terbengkalai dan tidak terpakai di rumah. Daripada hanya menjadi sampah, lebih baik kumpulkan dan jadikan kerajinan yang sederhana. Misalnya menjadi tempat pensil.

Yang dibutuhkan yaitu botol bekas, flanel aneka warna, gunting dan lem. Cara pembuatannya yaitu potong dulu bagian atas botol. Tutup sehelai kain flanel pada bagian luar botol. Gambar pola pada sehelai kertas. Pola bisa apa saja. Bola binatang atau pola huruf nama si kecil.

Lalu tempelkan pola pada kain flanel yang lainnya. Cukup menggunting flanel sesuai dengan pola. Kemudian ajak si kecil menempelkan flanel pada botol yang sudah jadi tadi. Tempat pensil pun sudah jadi. 

4. Kerajinan dari Sedotan

5 Kerajinan Tangan yang Mudah Dibuat Bersama Anak

Foto: i2.wp.com

Membuat bunga dari sedotan? Mengapa tidak? Tak masalah mengajak anak berkreasi membuat kerajinan tangan dari sedotan. Siapkan 12 buah sedotan plastik, kelopak plastik, putik, gunting dan kawat.

Cara pembuatannya sangat mudah. Ambil satu sedotan kemudian potong menjadi 4 bagian. Lakukan langkah ini pada sedotan lain sehingga menghasilkan 48 buah guntingan. Ambil sepotong sedotan kemudian gunting menyamping. Bukalah potongan sedotan kemudian lipat keluar dengan mengikuti garis sedotan.

Lipat balik bagian pangkal kelopak. Selanjutnya, tusuk ujung sedotan pada kawat satu per satu. Pastikan rapat. Kalau sudah banyak yang tertusuk, baru ikat ujung kawat dengan ujung yang satunya sampai menyerupai bunga. Lalu tambahkan putik dan kelopak. Bunga teratai yang sederhana pun sudah jadi.

Artikel terkait: Menuai Rupiah Dari Bisnis Kerajinan TanganPolimer Tanah Liat

5. Kerajinan dari Toples

Kerajinan Tangan

Foto: lvingwellmom.com

Ingin mengajari anak menabung sekaligus membuat kerajinan tangan? Gunakan toples bekas untuk celengan. Ini kerajinan tangan yang tidak sulit. Anak pun memiliki ruang berkreasi dengan barang-barang yang ada di sekitarnya.

Siapkan alat dan bahannya seperti toples yang sudah tak terpakai dan cat warna-warni. Buatkan lubang celengan lebih dulu pada tutup toples. Gunakan paku dan palu kalau tutup toples terbuat dari metal.

Kemudian, ajak anak mengecat seluruh permukaan luar toples dengan menggunakan warna putih. Kalau cat dasar sudah kering, baru ajak untuk menggambar dengan cat warna lain. Berikan kebebasan penuh kepada si kecil. 

Itulah beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa dilakukan bersama si kecil memanfaat waktu luang di rumah. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Manfaat wisata alam, dari melepas stress hingga tingkatkan kreativitas

8 Ciri Seseorang Memiliki Kreativitas Tinggi, Adakah Pada Si Kecil?

15 Permainan Origami Sederhana untuk Anak

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *