8 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

  • Whatsapp
8 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan


Parents, adakah dari Anda yang pernah atau malah rutin minum air kelapa hijau? Sudahkah Anda tahu bahwa terdapat segudang manfaat air kelapa hijau untuk tubuh yang sayang untuk dilewatkan?

Bacaan Lainnya

Sebagai gambaran, dalam segelas air kelapa biasa terdapat 46 kalori dengan rincian 8,9 gram karbohidrat serta 6,26 gram gula. Air kelapa juga menawarkan 2,6 gram atau sekitar 9,3 persen dari kebutuhan serat harian Anda. Tak cuma itu, air kelapa juga mengandung 1,78 gram protein dan kurang dari 1 gram total lemak.

Berbeda dengan kelapa biasa, air kelapa hijau rasanya lebih asam dan menyegarkan. Selain itu, daging buahnya juga lebih manis. Tak hanya lezat, air kelapa hijau menyumbang manfaat bagi kesehatan.

8 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Memiliki sistem pencernaan yang sehat bisa didapatkan dengan minum air kelapa hijau. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Jangan heran bila air kelapa kerap diandalkan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Dengan minum air kelapa, air segar ini bekerja menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikannya mempunyai osmolaritas tinggi.

Air kelapa hijau juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Artikel terkait: 10 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Jaga Kesehatan Ginjal, Ini 8 Manfaat Air Kelapa Hijau yang Tak Boleh Diremehkan

Adalah impian semua orang agar senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Jika biasanya Anda rajin minum kopi, perlahan gantilah rutinitas itu dengan konsumsi air kelapa hijau!

Air kelapa hijau kaya senyawa fenolik, yakni senyawa antioksidan yang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas. Senyawa ini diketahui dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh.

Terdapat pula kandungan vitamin dan mikronutrien seperti zinc, tembaga, mangan, dan selenium. Senyawa ini dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit infeksi tidak mudah terjadi.

Air kelapa hijau juga efektif menjaga metabolisme tubuh tetap optimal dan menghindarkan risiko terkena penyakit metabolik. Penyakit metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, dan lemak perut berlebih.

3. Mencegah Diabetes

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Merujuk pada beberapa penelitian, air kelapa hijau juga dapat bermanfaat untuk mencegah diabetes. Air kelapa hijau dapat menurunkan kadar gula di dalam darah.

Air kelapa hijau pun mengandung pemanis alami, sehingga menikmatinya tidak perlu dengan tambahan gula. Terdapat pula kandungan magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah dapat dikontrol.

Artikel terkait: 10 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Cegah Kerutan hingga Usir Jerawat

4. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Jaga Kesehatan Ginjal, Ini 8 Manfaat Air Kelapa Hijau yang Tak Boleh Diremehkan

Manfaat air kelapa hijau lain yang tidak perlu diragukan lagi adalah kemampuannya menghidrasi tubuh. Air kelapa hijau memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh manusia.

Terdapat kandungan elektrolit dalam air kelapa hijau yang sangat tinggi, yang mana kandungan ini berperan menggantikan cairan tubuh yang hilang saat Anda sibuk beraktivitas dan kurang asupan cairan.

Selain elektrolit, terdapat pula potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan darah tetap terjaga. Air kelapa dikenal sebagai cairan yang sangat mudah diserap tubuh sehingga cocok untuk pengganti cairan.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Bagi Anda yang rentan terkena tekanan darah tinggi, diperlukan konsistensi dalam menjaga asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, bukan berarti Anda jadi pantang minum apapun. Minum segelas air kelapa hijau bisa menjadi langkah preventif.

Air kelapa hijau dikenal dapat menurunkan tekanan darah. Terdapat kandungan kalium yang tinggi dan natrium rendah dalam air kelapa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal ini diamini oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam West Indian Medical Journal yang memaparkan observasi pada penderita tekanan darah tinggi yang mengonsumsi air kelapa secara rutin. Hasilnya, tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun.

Artikel terkait: 7 Manfaat Mugwort untuk Kecantikan Kulit Wajah, Cegah Penuaan Dini hingga Atasi Jerawat

6. Menetralisir Racun

Jaga Kesehatan Ginjal, Ini 8 Manfaat Air Kelapa Hijau yang Tak Boleh Diremehkan

Tak sekadar gaya hidup, kadar racun turut menjadi faktor yang mengintai kesehatan tubuh. Racun ini secara tak sadar muncul dari lingkungan, atau bisa juga dari makanan yang terkontaminasi.

Nah, air kelapa hijau dapat membantu menetralisir racun dalam tubuh dengan mudah. Air kelapa hijau mengandung zat anti racun seperti elektrolit dan antioksidan yang cukup efektif menetralisir racun.

7. Menurunkan Berat Badan

Jaga Kesehatan Ginjal, Ini 8 Manfaat Air Kelapa Hijau yang Tak Boleh Diremehkan

Berbagai langkah dilakukan semua orang untuk menjaga berat badan tetap ideal. Namun, siapa sangka segelas air kelapa hijau bisa menjadi solusi untuk masalah satu ini!

Air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa sebagai obat penurun berat badan juga tidak menimbulkan efek samping apapun.

Agar lebih maksimal, imbangi konsumsi air kelapa hijau dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan Anda setiap harinya.

8. Mencegah Penuaan Dini

Jaga Kesehatan Ginjal, Ini 8 Manfaat Air Kelapa Hijau yang Tak Boleh Diremehkan

Kendati menjadi satu hal yang pasti manusia alami, menua sebelum waktunya menjadi masalah yang kerap menghantui. Terlebih, setiap harinya orang terpapar sinar matahari, polusi, dan konsumsi makanan tanpa kontrol aman. Secara tak langsung, faktor ini berpengaruh memicu penuaan dini.

Untuk mencegah masalah penuaan dini, air kelapa hijau bisa dijadikan pilihan. Air kelapa hijau dapat menjadikan kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Manfaat satu ini berasal dari kandungan sitokinin (hormon pertumbuhan) yang dapat mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Sitokinin dalam air kelapa hijau memiliki efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

Itu dia aneka manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan, Anda tertarik mencoba?

Baca juga:

Sering Diburu Saat Ramadan, Ini 12 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

13 Manfaat Konsumsi Jus Kurma Bagi Kesehatan, Tak Sekadar Menambah Energi

7 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah, Usir Jerawat Hingga Cerahkan Kulit

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *