Selamat Hari Ayah Sedunia! Ini Sejarah, Ucapan, dan Kegiatan Seru untuk Merayakannya

  • Whatsapp
Selamat Hari Ayah Sedunia! Ini Sejarah, Ucapan, dan Kegiatan Seru untuk Merayakannya


Peran ayah tak kalah pentingnya dari ibu dalam mendidik dan mengasuh anak-anak. Tahukah Parents bahwa hari Minggu ketiga di bulan Juni ditetapkan sebagai Hari Ayah Sedunia di beberapa negara? Tahun ini, Hari Ayah Sedunia jatuh pada tanggal 20 Juni 2021. 

Bacaan Lainnya

Dalam keluarga, ayah adalah sosok yang melindungi, memimpin, dan mengayomi. Tak jarang pula ayah menjadi pencari nafkah utama yang rela bekerja membanting tulang demi mencukupi kebutuhan keluarganya tercinta.

Meski mengungkapkan cinta kepada ayah bisa saja dilakukan setiap hari, tak ada salahnya ikut memperingati Hari Ayah Sedunia untuk memberikan sang kepala keluarga penghormatan atas kerja kerasnya selama ini.

Artikel Terkait: 20 Saran Dari Para Ayah Untuk Setiap Ayah Baru

Fakta dan Sejarah Hari Ayah Sedunia

Sumber: Freepik

Melansir dari First Post, ada tiga kejadian bersejarah yang dinilai menjadi asal muasal ditetapkannya hari Hari Ayah Sedunia.

1. Kecelakaan Tambang di Amerika Serikat

Menurut India Today, pada 5 Juli 1908 terjadi insiden kecelakaan di pertambangan Monongah, Amerika Serikat. Dalam kejadian tersebut yang menewaskan bebeerapa orang pekerja, Grace Golden Clayton meminta diadakan hari peringatan untuk para ayah yang meninggal dalam kecelakaan tersebut.

2. Kepercayaan Gereja

Gereja Ortodoks Timur selama berabad-abad diketahui telah menetapkan hari Minggu kedua sebelum Hari Minggu Para Leluhur (Nativity) sebagai peringatan leluhur Kristus. Pada tahun 1508, tradisi tersebut berkembang menjadi acara adat untuk memperingati Kebapakan di Eropa.

Banyak negara Eropa merayakan hari yang disebut Hari St.Joseph, yaitu tanggal 19 Maret yang juga diperingati sebagai Hari Ayah.

3. Peringatan Veteran Perang Saudara Amerika

Pada tahun 1910, seorang perempuan bernama Sonora Dodd mendesak kementerian AS untuk memperingati tanggal 5 Juni sebagai hari penghormatan para ayah. Hal ini berkaitan dengan peringatan kematian sosok ayahnya, seorang veteran perang saudara Amerika yang bernama William Jackson Smart.

Gereja pun memilih hari Minggu ketiga bulan Juni tahun itu untuk menghormati permintaannya dan merayakan Hari Ayah pada tanggal 19 Juni 1910.

4. Ketetapan Presiden AS Lyndon B Johnson

Peringatan hari minggu ketigabulan Juni sebagai Hari Ayah Sedunia ditetapkan oleh mantan presiden AS, Lyndon B Johnson pada tahun 1966 bersamaan dengan proklamasi presiden. Hari tersebut menjadi hari libur nasional di Amerika pada tahun 1972.

Artikel Terkait: 3 Dampak Negatif Pada Anak Jika Kurang Mendapat Kasih Sayang dari Ayah

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Pada Hari Ayah Sedunia

hari ayah sedunia

Sumber: Freepik

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa Parents lakukan bersama sang buah hati untuk memperingati Hari Ayah Sedunia ini. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Menelusuri silsilah keluarga dari pihak ayah
  • Berkemah
  • Berolahraga bersama
  • Ikut ayah menjalani hobinya
  • Mengajak keluarga menonton film kesukaan Ayah
  • Karaoke lagu nostalgia masa Ayah masih muda
  • Memasak makanan favorit Ayah
  • Memberikan Ayah kado unik

Bagi seorang ayah, keluarga adalah hal yang selalu menjadi prioritasnya. Berikan penghargaan atas waktu dan usaha yang selalu Ayah berikan kepada para anggota keluarga. Beri tahu pula Ayah tentang bagaimana ia sangat berharga untuk semuanya.

Artikel Terkait: 7 Momen Terindah dan Mengesankan Saat Menjadi Ayah

10 Ucapan Hari Ayah yang Manis dan Mengharukan

hari ayah sedunia

Sumber: Freepik

Untuk ayah dan siapapun yang menjadi figur ayah untuk seorang anak, berikut adalah beberapa ide ucapan Hari Ayah yang bisa diberikan. Baik lewat pesan, surat, maupun kartu ucapan, sempatkan memberikan sedikit ucapan bagi Ayah yang tersayang.

1. “Terima kasih Ayah sudah selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga”

2. “Ayah adalah cinta pertama anak perempuannya dan pahlawan pertama anak lelakinya”

3. “Dibalik anak-anak yang sukses ada seorang ayah yang hebat. Selamat Hari Ayah”

4. “Cinta seorang ibu lemah lembut, sedangkan cinta seorang ayah penuh dengan kebesaran hati dan pengorbanan”

5. “Selamat Hari Ayah Sedunia untuk ayah memberikan anaknya mimpi dan masa depan”

6. “Saat kita jatuh, ayahlah yang menangkap kita. Ia kemudian menuntun kita untuk berdiri dan mencoba lagi”

7. “Ayah, terima kasih untuk selalu ada di belakang kami, melindungi dan memberikan harapan”

8. “Tak peduli berapa jauh jaraknya, aku akan selalu menajdi bagian dari dirimu karena kaulah bagian dari diriku. Selamat hari Ayah”

9. “Setiap pria bisa memiliki anak, namun dibutuhkan orang yang spesial untuk menjadi seorang ayah. Selamat Hari Ayah”

10. “Ayah… tidak ada yang lebih membahagiakan dibandingkan mengetahui aku memiliki sosok ayah yang penuh kasih di dalam hidupku”

Itulah sedikit mengenai sejarah Hari Ayah Sedunia serta ucapan dan kegiatan yang bisa Parents lakukan bersama guna memperingatinya. Sekali lagi, selamat Hari Ayah Sedunia untuk para ayah sang pemimpin keluarga.

***

Baca Juga:

Hari Ayah Nasional, lakukan 6 hal sederhana ini untuk membuat ayah tersenyum bahagia

10 Hal yang Perlu Diketahui Calon Ayah

7 Alasan Mengapa Ayah Harus Dekat Dengan Anak

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *