8 Manfaat Cuddle bagi Pasutri, Meredakan Stres hingga Tingkatkan Kepuasan Seksual

  • Whatsapp
8 Manfaat Cuddle bagi Pasutri, Meredakan Stres hingga Tingkatkan Kepuasan Seksual


Cuddling atau berpelukan kini tengah menjadi tren di media sosial. Siapa sangka aktivitas ini ternyata memiliki segudang manfaat. Berpelukan dengan pasangan tak hanya membuat kita merasa tenang dan nyaman tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat cuddle atau cuddling bagi kesehatan tubuh kita? Simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Bacaan Lainnya

8 Manfaat Cuddle bagi Kesehatan Tubuh

Meski artinya sama, namun cuddling sedikit berbeda dengan berpelukan biasa. Pelukan hanya berlangsung singkat, sedangkan cuddling biasanya dilakukan dalam waktu yang cukup lama bahkan bisa semalaman. Secara etimologis, cuddling dalam kamus Oxford memiliki arti berpelukan erat sebagai cara menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang.

Aktivitas ini biasanya dilakukan sembari tiduran atau ketika bersantai di depan televisi. Bisa juga dilakukan saat pillow talk dengan pasangan setelah seharian sibuk bekerja. Nah, sebetulnya apa sih manfaat cuddling ini? Mari simak informasinya berikut ini. 

1. Mengurangi Stres

cuddle

Sumber: iStockphoto

Berpelukan dalam waktu yang cukup lama terbukti bisa mengurangi stres. Ini karena mendekap orang yang kita sayangi akan meningkatkan hormon oksitosin yang berperan untuk membuat kita merasa lebih tenang dan bahagia. Dengan demikian, kita juga bisa menghadapi dan mengelola stres dengan lebih baik.

Tak hanya itu, aktivitas ini juga dapat mengurangi produksi hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres. 

2. Meredakan Rasa Sakit dan Nyeri

cuddle

Sumber: iStockphoto

Selain mengurangi stres, manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari aktivitas cuddling adalah mampu meredakan rasa sakit dan nyeri. Ini karena hormon oksitosin bekerja dengan cara menghambat sinyal sakit menuju otak. Sebetulnya sentuhan ringan sudah bisa membuat hormon oksitosin bekerja. Itulah mengapa dengan cuddling atau berpelukan, manfaatnya tentu jauh lebih terasa. 

Baca juga: Keajaiban dan Kekuatan Pelukan

3. Menjaga Kesehatan Jantung

cuddle

Sumber: iStockphoto

Sebuah penelitian dari University of North Carolina-Chapel Hill yang melibatkan 100 orang dewasa menemukan bahwa pelukan singkat diikuti dengan berpegangan tangan sambil menonton video selama 10 menit mampu membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih rendah. Tentu hal ini baik bagi kesehatan jantung. 

4. Melawan Pilek

cuddle

Sumber: iStockphoto

Apakah Anda termasuk orang yang gampang pilek? Jika iya, Anda perlu mempertimbangkan untuk lebih sering cuddling dengan pasangan. Stres akan membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap penyakit termasuk pilek. Pelukan dari orang yang Anda sayangi akan meredakan stres dan juga melawan pilek yang menyerang Anda.

Cobalah untuk berpelukan dengan pasangan saat Anda sedang diserang pilek. Minta ia menepuk halus punggung Anda supaya Anda merasa nyaman. 

Baca juga: Tak Hanya Seks Semata, Jangan Abaikan 8 Resep Ini Agar Pernikahan Selalu Bahagia

5. Membantu Tidur dengan Nyenyak

peluk

Sumber: iStockphoto

Aktivitas cuddling dengan pasangan juga mampu membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak. Pasalnya, dekapan tubuh dari orang yang kita cintai akan membuat kita merasa nyaman, rileks, dan merasa aman. Hanya tinggal mematikan lampu dan menyalakan pendingin ruangan, maka hormon melatonin yang bekerja untuk memicu rasa kantuk akan segera mengirim sinyal ke otak. 

6. Mempererat Hubungan dengan Pasangan

peluk

Sumber: iStockphoto

Komunikasi adalah hal yang amat penting dalam menjaga hubungan. Bentuknya tak hanya verbal saja, tetapi juga non-verbal seperti sentuhan fisik. Cuddling termasuk dalam komunikasi non-verbal. Itulah mengapa, rajin cuddle atau cuddling dengan pasangan mampu mempererat jalinan kasih di antara dua sejoli.

Aktivitas ini akan menumbuhkan rasa saling percaya, rasa aman, dan juga bentuk kasih sayang dan cinta terhadap pasangan. 

Baca juga: Ingin pernikahan langgeng? Jangan lupakan 5 hal sederhana ini

7. Meningkatkan Sistem Imun

peluk

Sumber: iStockphoto

Selain meningkatkan hormon oksitosin, berpelukan juga meningkatkan produksi hormon serotonin yang memicu rasa bahagia. Kedua hormon ini bekerja untuk meningkatkan sistem imunitas Anda.

Para peneliti dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang yang sering berpelukan tak mudah terkena pilek setelah terpapar virus flu. Selain itu, sekalipun sakit, mereka hanya merasakan gejala yang lebih ringan.

8. Meningkatkan Kepuasan Seksual

peluk

Sumber: iStockphoto

Kepuasan seksual tak hanya menyangkut performa ketika di ranjang, tetapi juga aktivitas yang dilakukan setelah berhubungan badan. Faktanya, rajin cuddling setelah berhubungan seks ternyata mampu meningkatkan kepuasan seksual.

Hal ini dibuktikan dari penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior Universitas Toronto Mississauga. Penelitian tersebut menemukan bahwa lebih banyak berpelukan setelah berhubungan seks berhubungan dengan tingkat kepuasan seksual yang lebih tinggi. 

8 Manfaat Cuddle bagi Pasutri, Meredakan Stres hingga Tingkatkan Kepuasan Seksual

Nah, Parents, kini Anda telah mengetahui apa itu cuddle dan manfaat dari cuddling. Yuk lebih sering berpelukan dengan pasangan supaya lebih sehat!

Baca juga:

10 Manfaat Terapi Pelukan

Pelukan suami membuat istri lebih sehat, sudah dipeluk hari ini, Bun?

Efek Pelukan Bagi Anak Tantrum

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *