Benarkah Daun Bungkus Papua Efektif Besarkan Penis? Ini Faktanya!

  • Whatsapp
Benarkah Daun Bungkus Papua Efektif Besarkan Penis? Ini Faktanya!


Daun tiga jari atau yang kerap disebut daun bungkus Papua merupakan salah satu daun herbal yang populer di Papua. Dengar-dengar, daun ini bisa memperbesar alat kelamin laki-laki. Yuk, Parents, cari tahu kebenaran tentang daun tradisional asal Papua ini melalui artikel berikut!

Bacaan Lainnya

Benarkah Daun Bungkus Papua Efektif Besarkan Penis?

Asal Muasal Daun Bungkus Papua

Image: Nusa Daily

Melansir dari laman Berita Papua, daun bungkus Papua terkenal di bagian timur Indonesia, tepatnya di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Itulah mengapa daun ini disebut dengan daun bungkus Papua.

Jurnal Antropologi Indonesia Umbara Universitas Padjajaran menulis bahwa masyarakat lokal Papua mengenal daun ini dengan nama daun tiga jari, yaitu daun ‘obat’ yang berkhasiat memperbesar alat kelamin pria.

Kepada DetikHealth, peneliti herbal buah merah (Pandanus conoideus) Drs. I Made Budi M.Si. dari Universitas Cendrawasih mengatakan belum pernah meneliti daun bungkus Papua ini. Menurut penjelasannya, daun ini tumbuh merayap di hutan dan terdapat pada trikoma atau rambut daun.

Di kota asalnya, tanaman ini dijual bebas dan sering digunakan sebagai pengobatan. Banyak mantri yang menggunakannya untuk memperbesar kemaluan laki-laki. Apa iya, daun ini benar-benar berkhasiat membesarkan penis?

Artikel terkait: Cek Fakta: Lelaki Berhidung Besar Artinya Punya Penis Besar, Benarkah?

Tidak Terbukti secara Klinis

daun bungkus papua

Berkaitan dengan itu, hingga kini belum ada temuan medis yang membenarkan bahwa daun tiga jari mampu membesarkan penis. Hanya ada satu kajian etnografi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dari Kementerian Kesehatan yang membenarkan hal itu, seperti dilansir Berita Papua.

Dalam kajian tersebut dikatakan, benar daun tiga jari bisa membesarkan penis hanya dengan membungkus penis menggunakan daun tersebut. Namun, hal ini dipatahkan dr. Hardhi Pranata, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia, saat dikonfirmasi oleh Detik.

“Prinsip pembesaran penis adalah adanya aliran darah arteri yang terus menerus ke bagian korpus skrotum serta menghambat aliran darah baliknya yaitu vena. Hal ini akan membuat korpus skrotum terisi darah dan membesar. Namun mengenai kinerja dari daun bungus ini, ia mengaku belum mengetahuinya,” katanya kepada DetikHealth.

Artikel terkait: 10 Cara Memperbesar Penis Secara Alami, Para Suami Perlu Tahu

Cara Pengolahan Daun Bungkus Papua

Benarkah Daun Bungkus Papua Efektif Besarkan Penis? Ini Faktanya!

Image: SehatQ

Selain dibungkuskan langsung ke penis, tanaman ini bisa diolah dalam bentuk lain sebagai cara membesarkan penis. Di antaranya:

  1. Menumbuk daunnya hingga halus dan mencampurnya dengan minyak kelapa murni. Campuran ini yang kemudian dibalurkan pada kemaluan laki-laki lalu membungkusnya dengan kain atau kasa.
  2. Mengiris daun hingga lapisan kulit daun terkelupas. Cara pengaplikasiaanya sama dengan cara yang pertama.

Daun tiga jari yang digunakan membesarkan alat kelamin pria adalah daun yang sudah tua, berwarna hijau pekat dan baru saja dipetik.

Di daerah asalnya, pembungkusan tidak bisa dilakukan sendiri atau sembarang orang, melainkan harus oleh mantri yang memang ahli dalam hal ini.

Pembungkusan dilakukan sampai penis terasa panas, baru ‘bungkusan’ dilepas. Kalau saja terlambat melepasnya, bisa berisiko penis melepuh hingga sampai mengubah bentuk penis. Setelah itu si pria dilarang mandi selama tiga hari agar tidak menimbulkan reaksi terhadap kulit seperti penis melepuh.

Artikel terkait: Suami Ingin Memperbesar Penis? Pahami Beberapa Hal Berikut Ini Dulu!

Dampak Membungkus Penis dengan Daun Tiga Jari

daun bungkus papua

Ilustrasi: Freepik

Berdasarkan keterangan di atas, maka bisa dibilang, penggunaan daun bungkus Papua pada penis tidaklah aman. Beberapa bukti sudah menunjukkan efek samping dari daun tiga jari pada penis. Di antaranya:

  1. Penis terasa panas atau terbakar
  2. Lecet dan melepuh
  3. Alami infeksi kelamin dengan munculnya peradangan dan nanah
  4. Penis rusak
  5. Terjadi gangguan fungsi alat kelamin pada kasus yang berat
  6. Bengkak atau edema.

Mayo Clinic menjelaskan edema sebagai pembengkakan yang diakibatkan kelebihan cairan yang terperangkap di jaringan tubuh. Dalam kasus pembungkusan penis dengan daun tiga jari, jangka panjang yang bisa dialami pria adalah penyakit gagal jantung, ginjal, serta sirosis hati.

Edema ditandai dengan pembengkakan jaringan di bawah kulit penis, kulit penis mengkerut, serta kulit seperti berlubang saat ditekan beberapa detik –dan ketika tekanan dilepaskan sulit tidak kembali seperti semula.

Melihat dampaknya yang luar biasa pada vitalitas organ intim pria, hingga kini dokter tidak menganjurkan penggunaan daun tiga jari sebagai upaya membesarkan penis.

Penasaran menggunakan daun bungkus Papua untuk membesarkan alat kelamin pasangan Anda, Bunda? Eits, jangan langsung dengan tergiur, karena khasiatnya belum terbukti secara medis.

Baca juga:

9 Hal yang perlu Parents ketahui dari Hipospadia, kelainan lubang penis pada anak

Penis anak masuk ke dalam, kapan orangtua perlu khawatir?

Anak mengeluh penisnya sakit? Hati-hati terjadi peradangan, ini gejalanya!

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *