BI Survei (IKK) pada Maret Meningkat sebesar 93,4 dibanding Februari

  • Whatsapp
BI Survei (IKK) pada Maret Meningkat sebesar 93,4 dibanding Februari


Suara-Pembaruan.com – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan berlanjutnya perbaikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi yang tercermin melalui Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Maret sebesar 93,4. Perbaikan keyakinan konsumen tercatat pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden serta pada seluruh kelompok pendidikan.

Bacaan Lainnya

Hal ini dipaparkan oleh Direktur Suara-Pembaruan.com Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat, 9 April 2021. Di mana survei konsumen adalah survei bulanan BI untuk mengetahui keyakinan konsumen mengenai kondisi ekonomi.

“Indeks Keyakinan Konsumen Maret 2021 sebesar 93,4, meningkat dibandingkan dengan 85,8 dan 84,9 pada bulan Februari dan Januari 2021,” ujarnya.

Erwin mengatakan bahwa perbaikan keyakinan konsumen ke area optimis dikarenakan perkembangan program vaksinasi nasional yang berjalan lancar sehingga mendorong perbaikan keyakinan terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi ke depan. Perbaikan keyakinan konsumen membaik di 12 kota yang disurvei.

“Perbaikan keyakinan konsumen tercatat pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden serta pada seluruh kelompok pendidikan. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 12 kota yang disurvei, tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Pontianak,” jelas Erwin.

Erwin melanjutkan, perbaikan keyakinan konsumen pada Maret juga didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Maret yang tercatat sebesar 114,1 meningkat dibandingkan 106,5 pada bulan sebelumnya.

“Ditopang oleh membaiknya ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha, dan penghasilan pada 6 bulan yang akan datang,” ungkap dia.

Selain itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik didorong perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan pembelian barang tahan lama.

Penguatan persepsi konsumen terhadap ekonomi saat ini yang terpantau menguat, tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang meningkat sebesar 72,6 dari bulan sebelumnya yang sebesar 65,1.

Perlu diketahui survei konsumen merupakan survei bulanan BI untuk mengetahui keyakinan konsumen mengenai kondisi ekonomi saat ini. IKK hasil survei merupakan salah satu indikator perkembangan konsumsi rumah tangga dalam PDB. Indeks di atas 100 berarti pada area optimis dan di bawah 100 berarti berada pada area pesimis. (red/pen)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *