Keuangan

Carl Icahn Kehilangan US$10 Miliar dalam 24 Jam, Kok Bisa?

167
×

Carl Icahn Kehilangan US$10 Miliar dalam 24 Jam, Kok Bisa?

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


Carl Icahn yang seorang aktivis dan salah satu investor tersukses di Wall Street kehilangan banyak kekayaannya hanya dalam 24 jam karena perusahaannya dituduh menggunakan skema ponzi.

Icahn Enterprises, perusahaan yang didirikannya, dituduh melakukan skema mirip ponzi oleh Hindenburg Research.

Hindenburg Research memberikan serangan pada Carl Icahn, salah satu investor yang paling ditakuti oleh para pemimpin bisnis atau CEO.

Selama puluhan tahun, miliarder berusia 87 tahun itu telah membangun reputasi sebagai investor yang membuat para CEO bungkuk.

Ini termasuk Tim Cook dari Apple, yang dia paksa untuk mendistribusikan kembali kepada pemegang saham dengan menerapkan pembelian kembali saham. Icahn yang selama ini sering berperan sebagai penyerang kini harus membela diri.

Baca Juga: Elon Musk Cetak Rekor, Jadi Orang Pertama yang Rugi US$200 Miliar

Tuduhan Hindenburg Research pada Icahn Enterprises

Mengutip dari Jalan, Hindenburg Research menuduh Icahn menggunakan skema seperti Ponzi di perusahaan investasinya, Icahn Enterprises LP, yang merupakan kemitraan terbatas yang diperdagangkan secara publik yang beroperasi seperti perusahaan induk.

“Singkatnya, Icahn telah menggunakan uang yang diambil dari investor baru untuk membayar dividen kepada investor lama. Struktur ekonomi seperti ponzi itu hanya dapat dipertahankan sejauh uang baru bersedia mengambil risiko menjadi yang terakhir” kata Hindenburg dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada 2 Mei.

“Kami yakin laporan yang diterbitkan oleh Hindenburg Research ini dimaksudkan semata-mata untuk menghasilkan keuntungan dari posisi short Hindenburg dengan mengorbankan pemegang unit jangka panjang IEP,” kata Icahn

“Kami mendukung pengungkapan publik kami dan kami percaya bahwa kinerja IEP akan berbicara sendiri dalam jangka panjang seperti biasanya,” lanjutnya.

“Hari ini, IEP beroperasi dari posisi yang kuat dengan sekitar US$2 miliar kas dan setara kas di neraca per 31 Maret 2023 untuk mengeksekusi strategi kami,” bantahnya.

Untuk saat ini, tuduhan Hindenburg Research sangat merugikannya. Saham IEP merosot hampir 20 persen di Wall Street, penurunan harian terbesarnya. Ini memangkas kekayaan bersih Icahn sekitar US$3,1 miliar.

Secara total, kekayaan bersih Icahn turun 41 persen menjadi US$14,6 miliar dalam 24 jam, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Baca Juga: Bye, Gautam Adani Lengser dari Daftar 25 Orang Terkaya di Dunia!

Peringkat kekayaan dunianya juga turun dari posisi 58 ke posisi 119. Ini jatuh lebih dari 69 posisi.

Tuduhan Hindenburg Research Bukan Pertama Kali

Sebelumnya, pada 24 Januari 2023 Hindenburg Research menuduh orang terkaya di Asia saat itu yang kekayaannya naik signifikan 3 tahun terakhir, Gautam Adani, melakukan penipuan.

“Kami telah menemukan bukti penipuan akuntansi, manipulasi saham, dan pencucian uang di Adani, yang terjadi selama beberapa dekade,” tulis Hindenburg dalam sebuah laporan.

Adani kehilangan miliaran setelah tuduhan Hindenburg. Peringkat kekayaannya turun menjadi ke-21 di dunia. Kekayaan bersihnya turun US$58,1 miliar tahun ini.

Hindenburg juga dikreditkan dengan menjatuhkan Trevor Milton, pendiri pembuat truk listrik Nikola.

Mau tulisanmu dimuat juga di Suara-Pembaruan.com? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik Di Sini untuk bergabung.



[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *