Kulit ketiak menghitam? Ternyata 7 hal ini yang bisa jadi penyebabnya

  • Whatsapp
Kulit ketiak menghitam? Ternyata 7 hal ini yang bisa jadi penyebabnya


“Aduuuh…. sebel banget, deh, ketiak saya kok, lama-lama menghitam gini, ya? Penyebab ketiak hitam itu apa, sih? Apa yang perlu saya lakukan supaya bisa terlihat bersih lagi,” ujar Vania, seorang ibu muda yang memiliki satu orang anak.

Bacaan Lainnya

Apa yang dirasakan Vania, mungkin akan dirasakan perempuan lainnya. Rasa tidak nyaman, hingga menimbulkan rasa tidak percaya diri tentu saja bisa timbul.

Tahukah Anda bahwa selain faktor estetika, rupanya penyebab ketiak hitam ini juga berkaitan dengan masalah kesehatan yang dialami seseorang.

Ketiak seharusnya berwarna seperti warna kulit di bagian tubuh lainnya. Namun karena satu dan lain hal, kulit di sekitarnya bisa berubah kehitaman.

Parents, salah satu kondisi ketiak hitam yang patut diwaspadai ialah kondisi acanthosis nigricans (AN). Kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala dari beberapa penyakit tertentu. Biasanya kulit akan menggelap dan menebal di sekitar lipatan tubuh.

Nah, ketahui yuk berbagai penyebab ketiak hitam yang tidak berbahaya maupun yang patut diwaspadai berikut ini.

Artikel terkait : Psikolog : “Punya ketiak bersih bisa tingkatkan rasa percaya diri perempuan”

Berbagai penyebab ketiak hitam

Berbagai hal yang bisa menjadi penyebab ketiak hitam, ada yang normal terjadi namun ada juga yang patut diwaspadai.

1. Kebiasaan mencukur

Untuk beberapa orang, keberadaan bulu ketiak dianggap tidak higienis sehingga mencukur bulu halus tersebut pun bisa menjadi kebiasaan. Namun rupanya hal ini bisa menjadi penyebab umum ketiak menjadi lebih hitam, lho.

Kondisi kulit ketiak yang menghitam bisa terjadi saat sel-sel pigmen di kulit diproduksi lebih cat dari kondisi normal. Ini bisa terjadi saat seseorang mencukur atau mencabut bulu ketiak secara berulang.

Bila dilakukan teratur, tentu bisa menyebabkan produksi sel pigmennya berlebihan, ketiak pun menjadi lebih gelap. Namun jangan khawatir karena umumnya kondisi ini tidak membahayakan.

Hanya saja tetap perhatikan kondisinya, dan pastikan pembersihan bulu ketiak yang dilakukan tidak menimbulkan infeksi.

2. Konsumsi beberapa jenis obat

Kondisi ketiak yang menghitam bisa juga menjadi salah satu respon dari sesuatu yang kita konsumsi. Misalnya, saat tengah menjalani pengobatan dengan konsumsi jenis obat tertentu, biasanya kulit ketiak akan cenderung lebih kehitaman.

Beberapa jenis obat yang diketahui berpengaruh antara lain pil KB, niasin dosis tinggi, dan kortikosteroid.

3. Faktor genetik

penyebab ketiak hitam

Kita sebaiknya mencari tahu ya penyebab AN yang terlihat di ketiak.

Acanthosis Nigricans (AN) rupanya berhubungan erat dengan faktor keturunan. Bila terdapat riwayat AN di keluarga, maka seseorang akan lebih berisiko mengalami kondisi tersebut.

4. Obesitas

Seseorang yang mengalami kegemukan atau obesitas cenderung bisa memiliki Acanthosis Nigricans dibandingkan seseorang yang memiliki bobot tubuh ideal. Kondisi ini ternyata bisa membuat tubuh lebih tahan terhadap insulin yang tugasnya mengatur kadar gula darah.

Nah Parents saat kadar insulin dalam darah ini berlebih, peningkatan produksi sel-sel pigmentasi di kulit pun bisa terjadi.

5. Resistensi insulin

Acanthosis Nigricans pun seringkali ditemui pada seseorang yang mengalami resistensi insulin. Tubuh yang kurang peka atau sensitif terhadap kinerja insulin bisa membuat banyaknya kemunculan AN di beberapa bagian tubuh, termasuk ketiak.

Resistensi insulin ini pun pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2. Oleh karena itu, AN pun seringkali patut diwaspadai karena bisa menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes.

6. Gangguan hormonal

Kelainan pada hormonal bisa menjadi penyebab lain kemunculan Acanthosis Nigricans di area ketiak. Beberapa gangguan penyebabnya antara lain :

  • PCOS atau Sindrom Ovarium Polikistik.
  • Kelenjar tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme.
  • Cushing syndrome atau kondisi kelebihan hormon cortisol.
  • Acromegaly atau kelebihan hormon pertumbuhan pada tubuh seseorang.

7. Kanker

Penyebab lain yang sebaiknya diwaspadai yakni saat Acanthosis Nigricans menjadi tanda dari kondisi kanker yang dialami. Pada kasus yang cukup langka, kondisi AN ini bisa disebabkan adanya kanker di lambung, hati, maupun berbagai organ internal lainnya.

Tumor inilah yang menyemburat pigmen terstimulasi untukdiproduksi lebih banyak, kulit pun menjadi cenderung menghitam. Nah Parents kondisi ini biasa juga dikenal dengan Acanthosis Nigricans Maligna.

 

penyebab ketiak hitam

Mengetahui berbagai penyebabnya bisa membuat penanganannya pun menjadi lebih cepat dan tepat.

Artikel terkait : 5 Bahan alami ini bisa bantu memutihkan ketiak, Anda bisa mencobanya di rumah

Menyamarkan ketiak hitam

Bila ketiak hitam disebabkan oleh masalah kesehatan, sebaiknya ikuti berbagai petunjuk perawatan dan pengobatan dari dokter. Namun, jika ketiak kehitaman disebabkan karena perawatan kulit atau faktor di luar penyakit berbahaya, Parents bisa melakukan beberapa upaya berikut ini

  • Gunakan shaving cream yang aman dengan kandungan yang tepat saat hendak mencukur bulu ketiak.
  • Rutin mengaplikasikan moisturizer pada area ketiak.
  • Bersihkan area ketiak dengan benar, jangan sampai ada sel kulit mati yang menumpuk.
  • Gunakan beberapa bahan alami seperti lemon maupun timun untuk memulihkan warna kulit.

Nah Parents, cek penyebab yang mungkin dialami ya. Jangan lupa untuk mengonsultasikan bila dicurigai mengalami berbagai hal di atas.

Sumber : medicalnewstoday, healthline

Baca Juga :

7 Bahan alami untuk cerahkan kulit ketiak, leher, siku, dan lutut

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *