Mau Masuk Lagi ke Indonesia, Begini Penjualan Chery di Dunia – Otomotif – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Jakarta, Majalahtime.com – Setelah sejak tahun 2014 resmi meninggalkan Indonesia – dan tak lagi menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sejak 2016 – kini pabrikan mobil asal Cina yakni Chery Automobile dikabarkan akan kembali lagi ke Tanah Air. Bahkan, pabrikan asal Wuhu, Anhui itu dikabarkan akan membawa menyuguhkan teknologi baru (yang diartikan sebagai mobil ramah lingkungan).

Bacaan Lainnya

Kabar ini mencuat setelah sebuah postingan di akun instagram Chery Indonesia pada pada 7 Mei lalu santer menjadi perbincangan publik Indonesia. “Chery berkomitmen untuk menghadirkan teknologi yang canggih dan pengalaman berkendara bagi pengguna Indonesia, bersama dalam menjelajahi kegembiraan dalam kehidupan dan membuka harapan indah di masa depan,” bunyi postingan tersebut.

Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, meski mengaku sempat mendengar kabar itu, namun tidak tahu persis kapan pabrikan itu mulai aktif lagi berjualan. “Saya enggak tahu persisnya. Kalau orang konsultasi ke Gaikindo, nanya kondisi terkini dan berabagai aturan dan sebagainya ya kita diskusi. Tapi soal kapan merek akan berjualan dan sebagainya yang merupakan kewenangan dari internal merek ya tentu kita enggak tahu,” ungkap dia saat dihubungi di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Mobil listrik mungil buatan Chery, yakni Chery QQ Ice Cream – dok.Istimewa

Lantas bagaimana dengan kondisi internal Chery selama ini, baik di dalam negeri Cina maupun kiprahnya di pasar dunia? Data China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) yang dilansir laman Gasgoo, belum lama ini menunjukkan, sepanjang Januari hingga September lalu penjualan Chery secara global (di domestik Cina maupun di laur negeri) tercatat sebanyak 651.289 unit atau naik 53,3% dibanding periode sama 2020.

Dari jumlah tersebut 187.910 unit di antaranya merupakan unit yang diekspor ke berbagai negara terutama Eropa dan Amerika Selatan. Jumlah ini meningkat satu setengah kali dibanding jumlah ekspor yang dibukukan pada kurun waktu yang sama di tahun 2020.

Chery Tiggo 5X – doc.Special

CAAM juga menyebut Chery berhasil mempertahankan posisinya sebagai merek mobil Cina yang paling cepat berkembang. Sebab, menurut data yang dirilis CAAM, di antara 15 penjualan mobil merek top lokal Cina sepanjang Januari hingga Juni lalu, Chery berada di peringkat pertama.

Pertumbuhan penjualan (year to year) pabrikan ini mencapai 80,4%, di atas rata-rata pertumbuhan industri otomotif secara nasional Cina yang sebesar 25,6%. (Fat/Ara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *