Memahami pembentukan struktur nano dalam film tipis kopolimer blok – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Makalah “Memahami pembentukan morfologi nanodomain dalam film tipis PS-b-PEO yang dilapisi dip” diterbitkan dalam edisi Nanoscale Advances (Volume 3, Edisi 17).

Bacaan Lainnya

Pekerjaan penelitian untuk manuskrip tersebut dilakukan di bawah proyek SUPER-WEAR (Bahan dan serat fungsional yang dapat diregangkan untuk teknologi generasi ketiga yang dapat dipakai) yang didanai oleh Akademi Finlandia dan dipimpin oleh Prof. Jaana Vapaavuori.

Semua percobaan dilakukan oleh Hoang M. Nguyen, dan analisis TEM dilakukan oleh Swarnalok De. Pengembangan teori ini merupakan upaya bersama dari Hoang M. Nguyen dan Ariane V. Mader.

Hoang M. Nguyen tentang publikasi: “Film tipis blok kopolimer (BCP) yang dibuat dengan pelapisan celup semakin banyak diselidiki, karena banyaknya area aplikasi yang menjanjikan, fasilitas, dan skalabilitas industri dari teknik ini. Namun, efek dari parameter dip-coating yang berbeda pada pembentukan struktur nano BCP masih belum berkembang dan hasil literatur sebelumnya terbatas pada beberapa blok kopolimer. Di sini, kami mempelajari pengaruh laju penarikan dan selektivitas pelarut pada evolusi morfologi film tipis polistiren-b-poli(etilen oksida) berlapis dengan menerapkan berbagai kecepatan pelapisan celup dan mengubah rasio volume tetrahidrofuran -sistem pelarut air Khususnya, kami telah memperoleh pola BCP yang dikemas secara heksagonal dengan urutan jarak jauh tanpa memerlukan proses pasca-anil.

Sumber: Universitas Aalto



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *