Mohon Keridhoan Allah SWT, Ini Doa Ramadan Hari ke 30

  • Whatsapp
Mohon Keridhoan Allah SWT, Ini Doa Ramadan Hari ke 30


Rasanya seperti baru kemarin bulan puasa dimulai. Namun, kini kita telah sampai di penghujung bulan ramadan  yang dirahmati oleh Allah SWT. Tak lupa di hari terakhir bulan puasa tahun ini, kita tetap memanjatkan doa. Berikut doa ramadan hari ke 30 yang bisa Anda amalkan. 

Bacaan Lainnya

Mohon Keridhoan Allah SWT, Ini Doa Ramadan Hari ke 30

Berdoa apalagi di bulan suci ramadan mendatangkan kemuliaan yang berkali-kali lipat. Apalagi di 10 hari terakhir bulan ramadan seperti sekarang. Niscaya Allah SWT menutup pintu neraka bagi umat-Nya yang taat beribadah dan rajin berdoa. Lalu, apa lagi yang ditunggu? Simak doa ramadhan hari ke-30 berikut ini:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِيْ فِيْهِ بِالشُّكْرِ وَ الْقَبُوْلِ عَلَى مَا تَرْضَاهُ وَ يَرْضَاهُ الرَّسُوْلُ مُحْكَمَةً فُرُوْعُهُ بِالأُصُوْلِ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

“Allâhummaj’al shiyâmî fîhi bisysyukri wal qabûli ‘alâ mâ tardhâhur Wayardlâhurrasûlu muhkamatan furû’uhu bil ushuli bihaqqi sayyidinâ muhammadin wa âlihit Al-Thâhirîn wal hamdu lillahi rabbil’âlamin.”

Yang artinya: “Ya Allah, terimalah puasaku di bulan ini dengan rasa syukur. Jadikanlah puasaku ini mendatangkan keridhaan-Mu dan keridhaan para Rasul-Mu. Engkau kuatkanlah furu (cabang-cabang)-nya dan ushul (pokok-pokok)-nya. Demi kebenaran junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarganya yang suci. Segala puji bagi-Mu ya Allah, Tuhan semesta alam.”

Baca juga: 3 Waktu Mustajab Terkabulnya Doa Saat Ramadan, Jangan Sampai Terlewat!

3 Ibadah dan Amalan Rasulullah SAW di 10 Hari Terakhir Ramadan

Mohon Keridhoan Allah SWT, Ini Doa Ramadan Hari ke 30

Ramadhan 1442 Hijriyah kini telah memasuki hari-hari terakhir. Nabi Muhammad SAW punya amalan tersendiri yang ia lakukan menjelang hari-hari terakhir di bulan ramadan. Tujuannya, selain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga karena ia menganggap bahwa bulan ramadan sangat istimewa hingga tak ingin kehilangan satu momen pun untuk beribadah. 

Lalu, apa saja yang dilakukan oleh Rasulullah SAW pada 10 hari terakhir bulan ramadan? Mengutip NU Online, ada 3 ibadah dan amalan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad pada hari-hari tersebut, yakni beri’tikaf, menghindarkan diri dari menggauli istri, dan membersihkan diri. 

Sementara itu, Syekh Zainuddin al-Malibari dalam kitabnya, Fathul Mu’in, menjelaskan bahwa ada 3 amalan yang hendaknya dilakukan menjelang berakhirnya bulan ramadan, yaitu:

1. Memperbanyak Sedekah

doa ramadan hari ke 30

Sumber: iStockphoto

Salah satu rukun Islam adalah membayar zakat fitrah bagi yang mampu. Zakat fitrah ini dibayarkan biasanya menjelang akhir bulan ramadan. Besarannya pun telah diatur yakni biasanya beras seberat 2,5 kilogram atau uang tunai yang nilainya setara dengan bahan pokok tersebut. Dengan bersedekah, kita membantu orang-orang di sekeliling kita yang kesusahan seperti fakir miskin dan anak yatim. Harapannya, semua orang bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri dalam keadaan berkecukupan. 

Baca juga: 11 Doa di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Rasulullah, Yuk Ajarkan pada Si Kecil

2. Memperbanyak Baca Al-Quran

doa ramadan hari ke 30

Sumber: Shutterstock

Syekh Sayid Abu Bakar Syatha dalam I’anatut Thalibin mengatakan bahwa membaca Al-Quran di malam hari lebih utama daripada siang hari karena lebih fokus. Dengan membaca Al-Quran, kita akan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT. Membaca Al-Quran apalagi hingga khatam juga akan menyempurnakan ibadah puasa kita di bulan ramadan. Waktu terbaik untuk membaca Al-Quran adalah pada saat malam hari atau subuh setelah bangun tidur.

Baca juga: Ingin Khatamkan Qur’an saat Ramadan? Jangan Lupa Baca Doa Khatam Qur’an Berikut!

3. Melakukan I’tikaf

puasa

Sumber: Freepik

I’tikaf adalah menghabiskan waktu di masjid dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT. Rasulullah SAW juga melakukan i’tikaf pada 10 hari terakhir di bulan ramadan. Tujuannya juga untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Namun, karena saat ini masih situasi pandemi, kita mungkin tak bisa berlama-lama di masjid apalagi secara bergerombol.

Terkait hal ini, beberapa ulama mazhab Syafi’i memperbolehkan i’tikaf di dalam ruangan di rumah yang memang dikhususkan untuk salat. Pandangan ini mengacu pada prinsip bahwa jika salat sunnah saja yang paling utama dilakukan di rumah, maka i’tikaf di rumah semestinya juga diperbolehkan. 

Kita tahu, terdapat malam Lailatul Qadar pada 10 hari terakhir di bulan ramadan. Barangsiapa yang bisa mendapatkan malam Lailatul Qadar maka pahalanya sama seperti pahala kebaikan 1.000 bulan. Namun, untuk meraihnya, kita perlu berlomba-lomba melakukan kebaikan dan beribadah kepada Allah SWT. 

***

Nah, Parents, demikian doa ramadan hari ke 30 yang bisa Anda amalkan. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan rahmat dari Allah SWT di 10 hari terakhir bulan ramadhan ya.

Baca juga:

Bacaan Doa Ramadan Hari ke-28, Mudahkan Muslim Jalani Amalan Sunah

Bacaan Doa Ramadan Hari ke 26 serta Keistimewaan 10 Hari Terakhir Ramadan

Menjemput Malam Lailatul Qadar, Amalkan Doa Ramadan Hari ke 25

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *