Nana Mirdad Mulai Berhati-hati Gunakan Filter Instagram Demi Anak, Ada Apa?

  • Whatsapp
Nana Mirdad Mulai Berhati-hati Gunakan Filter Instagram Demi Anak, Ada Apa?


Parents, pernahkah menggunakan ‘filter’ yang tersedia di Instagram? Biasanya, fitur yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa. Namun siapa sangka, gara-gara keranjingan bermain filter, Nana Mirdad mulai mendidik anak soal pentingnya mencintai diri sendiri. 

Hampir semua orang paham fungsi dasar filter yang jamak disematkan pada platform media sosial. Karena kemampuannya memberikan efek visual yang lebih menarik pada sebuah foto maupun video, filter kemudian kerap dijuluki sebagai fitur ‘cantik’.

Hal itu pula yang tampaknya membuat para perempuan senang bermain dengan filter Instagram. Namun, sadar tak sadar, fitur ini justru bisa menumbuhkan rasa tak percaya diri.

Artikel terkait: 4 Potret Vicky Shu Nyaman Gendong Anak Pakai Kain Jarik

Curhatan Nana Mirdad Soal Keranjingan Menggunakan Filter

Mau sedikit cerita, aku belakangan ini sedang belajar buat lebih hati-hati dengan cara aku bermain sosial media di depan anak-anak, terutama Sarah,” tulis Nana Mirdad melalui akun Instagram @nanamirdad_.

Instagram/@nanamirdad_

Aku lihat banget gimana Sarah sangat perhatiin di saat aku iseng pakai filter cantik, lalu pernah di saat aku enggak pakai filter aku ngeluh sendiri, ‘Aduh, kok begini sih bentukannya jadinya!‘,” sambungnya lagi.

Istri Andrew White ini lantas menyadari, ketergantungannya dengan filter Instagram mulai tak sehat. Hal itu bisa membangun rasa tidak percaya diri bahkan bisa berujung membenci diri sendiri.

Nana Mirdad mendidik anak

Instagram/@nanamirdad_

Terlebih lagi, di saat yang sama anak-anaknya juga sedang belajar tentang konsep penerimaan diri. Tentunya mereka akan memelajari itu dari orang terdekat, termasuk orangtua.

Saat memperhatikan aku itu, Sarah sedang belajar bagaimana cara dia melihat dirinya sendiri dan aku sebagai ibu nggak memberikan contoh yang baik dalam self appreciation,” curhat perempuan berusia 36 tahun tersebut.

Artikel terkait: Anaknya dicium orang asing, Nana Mirdad: ”Hargai privasi anak saya!”

Nana Mirdad Mendidik Anak tentang Self Love

Nana Mirdad mendidik anak

Instagram/@nanamirdad_

Beruntung, Bintang sinetron Manis dan Sayang ini segera menyadari pentingnya self love. Bukan hanya bagi diri pribadinya, tetapi juga bagi kedua buah hatinya.

Saat itu aku sadar kalau memang ternyata mencintai diri sendiri apa adanya bukan hanya kewajibanku terhadap diri sendiri tapi juga terhadap anak-anakku. Semoga kita semua selalu aware terhadap apa yang kita lakukan di depan anak-anak kita, karena what they see us do in front of them, they will do for themselves one day,” tutur Nana Mirdad.

Nana Mirdad Mulai Berhati-hati Gunakan Filter Instagram Demi Anak, Ada Apa?

Instagram/@nanamirdad_

Meski begitu, kakak kandung Naysila Mirdad ini juga tak ingin kaku soal pemanfaatan fitur Instagram. Menurutnya, sah-sah saja menggunakan filter jika tujuannya hanya untuk bersenang-senang.

Bukan berarti kita nggak boleh pakai filter cantik sama sekali… Aku pun masih sering pakai karena memang siapa yang nggak seneng lihat kulit yang tiba-tiba mulus dan bersih? Bulu mata yang panjang dan lentik? Pipi yang merah merona, dll. Tapi jangan sampai kita jadi melihat diri kita apa adanya sebagai sesuatu yang ” kurang “. I hope everyone is feeling beautiful in their own skin right now, don’t let these filters define you,” pungkas Nana.

Artikel terkait: Sering Overthinking, 3 Hal Ini Rutin Dilakukan Nana Mirdad untuk Hilangkan Stres

Tips Mengajarkan Self Love pada Anak

Dinamika kehidupan di media sosial saat ini memang sangat rentan melahirkan perasaan dan sikap negatif. Mulai dari rasa insecure, hingga memicu perilaku bullying. Itulah sebabnya, penting bagi orangtua untuk melatih anak tentang konsep self love.

Nana Mirdad Mulai Berhati-hati Gunakan Filter Instagram Demi Anak, Ada Apa?

Lantas, bagaimana cara yang tepat mengajarkan hal tersebut kepada si kecil?

  1. Mulai dari diri sendiri, sebab anak-anak secara alami selalu mencontoh perilaku orang dewasa di sekitarnya. Maka Parents harus menjadi role model untuk mereka.
  2. Berikan apresiasi, tunjukkan kepada anak bahwa diri mereka berharga terlepas dari apa pun kekurangan mereka.
  3. Jangan hanya fokus pada penampilan, ada banyak hal yang bisa ditingkatkan agar anak menjadi pribadi yang lebih baik, mulai dari sikap, sopan, santun, dan pengetahuan.
  4. Terbuka menyikapi perbedaan, apresiasi bentuk fisik, warna kulit, dan berbagai perbedaan lain yang mungkin dimiliki setiap individu.
  5. Dukung anak mengembangkan diri, masing-masing anak memiliki minat dan bakat yang berbeda yang harus didukung secara penuh oleh orangtua.

****

Parents, semoga curhatan Nana Mirdad tadi serta bagaimana akhirnya ia berusaha mendidik anak soal penerimaan diri bisa memberikan inspirasi.

Baca juga:

Nana Mirdad Temukan Jasad Bayi Telantar di Bali: “Bikin Lemas dan Hampa”

Curhat Nana Mirdad kena kolesterol walau sudah jalani gaya hidup sehat

Isolasi Mandiri, Nana Mirdad, “Sedih Nggak Bisa Peluk Anak dan Suami”

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *