Pada kanker payudara, pertahanan terbaik adalah serangan yang kuat – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Sistem kekebalan Anda terus-menerus berpatroli di tubuh Anda untuk membuat Anda tetap sehat. Kadang-kadang, sel-sel kekebalan juga dipanggil untuk bertindak untuk mengatasi masalah potensial. Profesor Associate Cold Spring Harbor Laboratory (CSHL) Camila dos Santos‘ laboratorium menemukan bahwa setelah kehamilan, sel-sel payudara memanggil bala bantuan sistem kekebalan yang disebut sel Natural Killer T (NKT) untuk mencegah timbulnya tumor. Temuan ini menjelaskan cara baru di mana kehamilan mengurangi risiko kanker payudara.

Bacaan Lainnya

Dalam sistem kekebalan, ada dua garis pertahanan. Yang pertama adalah respons bawaan, yang melibatkan sel-sel kekebalan yang menyerang setiap molekul asing yang mereka temui. Yang kedua adalah respons adaptif, yang terdiri dari sel-sel kekebalan yang merespons secara khusus panggilan bantuan dari molekul tertentu. Sel NKT adalah populasi sel unik yang ada di seluruh tubuh dan dapat berpartisipasi dalam kedua respons tersebut. Mahasiswa pascasarjana CSHL Amritha Varshini Hanasoge Somasundara mengatakan bahwa pasca-kehamilan:

“Ada peningkatan spesifik ini [NKT] jenis sel, dan hanya di kelenjar susu. Kami tidak melihat ekspansi di tempat lain di tubuh, meskipun sel NKT hadir di tempat lain di tubuh.

Tim ingin mengetahui apa yang dilakukan sel NKT dalam jumlah besar di jaringan payudara. Hanasoge menemukan bahwa pada tikus, sel epitel payudara, yang melapisi saluran laktasi, menghasilkan protein spesifik yang disebut CD1d setelah kehamilan. Jika sel tidak menunjukkan CD1d, para peneliti mengamati tidak ada peningkatan sel NKT dalam jaringan; beberapa sel epitel menjadi kanker dan tumbuh menjadi tumor. Hanasoge dan dos Santos berpikir bahwa molekul CD1d memanggil sel NKT untuk memantau sel epitel di jaringan payudara setelah kehamilan. Jika mereka menjadi kanker, sel-sel NKT dapat dengan cepat membunuh mereka untuk mencegah pertumbuhan tumor.

Temuan tim membangun hubungan baru antara kehamilan dan sistem kekebalan dalam mencegah kanker payudara. Laboratorium dos Santos ingin mengetahui bagaimana temuan ini dapat diterjemahkan ke dalam manusia dan faktor lain apa yang dapat mempengaruhi kelimpahan sel NKT di jaringan payudara, seperti penuaan dan menopause, yang keduanya terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara. Dos Santos berkata:

“Salah satu hipotesis yang sedang kami kerjakan sekarang adalah: apakah kehamilan di kemudian hari membawa perluasan subtipe sel kekebalan yang sama seperti kehamilan yang terjadi di awal kehidupan?”

Sumber: CSHL



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *