Selain Larissa Chou, Ini 5 Artis yang Nikah Muda Namun Berakhir Cerai

  • Whatsapp
Selain Larissa Chou, Ini 5 Artis yang Nikah Muda Namun Berakhir Cerai


Tak sedikit public figure yang memutuskan untuk menikah di usia yang masih terbilang muda. Namun, sangat disayangkan karena beberapa di antaranya kandas di tengah jalan, contohnya seperti Larissa Chou dengan Alvin Faiz. Tak hanya mereka berdua, berikut adalah deretan artis nikah muda cerai.

Bacaan Lainnya

Tak hanya Larissa dan Alvin, sederet artis berikut ini juga mengalami hal serupa, menikah di usia muda dan bercerai. Siapa saja mereka? Simak informasi di bawah ini. 

5 Artis yang Nikah Muda Namun Berakhir Cerai

1. Larisa Chou

Beberapa waktu belakangan, sosok Larisa Chou dan Alvin Faiz santer diperbincangkan. Pasangan muda yang menikah pada tahun 2016 itu memutuskan untuk berpisah. Alvin yang merupakan putra dari almarhum Ustadz Arifin Ilham menikahi Larrisa di usia 17 tahun. Sedangkan, Larissa sendiri merupakan seorang mualaf keturunan Tionghoa yang saat itu berusia 20 tahun. 

Kini, setelah hampir 5 tahun bersama, keduanya memutuskan untuk bercerai. Alvin mengatakan bahwa istrinya telah melayangkan gugatan cerai di Pengadilan Agama Cibinong pada hari Kamis (20/5/2021). 

2. Aurelie Moeremans

artis nikah muda cerai

Sumber: Instagram/@aurelie

Aurelie mulai dikenal publik setelah membintangi sejumlah film seperti Kuntilanak (2018), Partikelir (2018), hingga yang terbaru Story of Kale (2020). Ternyata, perempuan kelahiran Brussel, 8 Agustus 1993 itu sudah pernah menikah ketika usianya masih 18 tahun. Ia menikah dengan Roby Temonti pada tahun 2011. Namun, pada tahun 2014 keduanya memutuskan untuk berpisah. 

3. Salmafina Sunan

artis nikah muda cerai

Sumber: Instagram/@salmafinasunan

Sosok Salmafina Sunan pernah ramai diperbincangkan lantaran usia pernikahannya yang hanya seumur jagung. Putri pengacara Sunan Kalijaga ini menikah pada tahun 2017 saat masih berusia 18 tahun dengan Taqy Malik. Namun, hanya selang beberapa bulan, yakni tepatnya pada Desember 2017, ia mengakhiri pernikahannya dengan Taqy Malik. 

Baca juga: Menikah Muda saat Berusia 19 Tahun, Abimana Aryasatya:”Alasannya Kesepian dan Dendam”

4. Enno Lerian

artis nikah muda cerai

Sumber: Instagram/@ennolerian_

Mantan artis cilik Enno Lerian juga bernasib sama seperti kedua artis di atas. Enno menikah dengan Nayaka Untara pada tahun 2003 ketika masih berusia 19 tahun. Namun sayang, pernikahan tersebut hanya bertahan selama 3 tahun. Ia memutuskan untuk bercerai dari Nayaka pada tahun 2006. 

5. Risty Tagor

artis nikah muda cerai

Sumber: Instagram/@ristytagor

Mantan pemain FTV Risty Tagor menikah dengan lawan mainnya dalam film, Rifki Balweel pada tahun 2010. Kala itu usia Risty masih 21 tahun. Namun, pernikahan tersebut tak bertahan lama. Usai lahir anak pertama, keduanya pun memutuskan berpisah. Risty kemudian menikah lagi dengan Stuart Collin tapi pernikahan tersebut juga hanya bertahan hitungan bulan. 

Baca juga: “Tahan Godaan, Sabarnya Harus Dobel,” Pesan Maia Estianty untuk Anaknya Terkait Nikah Muda

6. Celine Evangelista

artis nikah muda cerai

Sumber: Instagram/@celine_evangelista

Pesinetron Celine Evangelista memutuskan untuk nikah muda dengan penyanyi Dirly Idol pada usia 19 tahun. Namun, keduanya juga memutuskan untuk berpisah tak berapa lama kemudian. Celine kemudian menikah lagi dengan sesama pemain sinetron, Stefan William. 

5 Risiko Nikah Muda, Picu Masalah Ekonomi hingga Komplikasi Kehamilan

artis nikah muda cerai

Sumber: iStockphoto

Menikah sejatinya tak seperti gambaran di televisi. Ada beban dan tanggungjawab yang harus dipikul oleh pasangan suami istri. Itulah mengapa, menikah di usia muda memiliki risiko gagal yang cukup tinggi. Berikut 5 risiko nikah muda yang kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Gangguan Mental

Nikah muda berisiko menyebabkan gangguan kejiwaan seperti gangguan kecemasan, stres, hingga depresi baik pada laki-laki maupun perempuan. Ini karena ketidaksiapan seseorang dalam menjalani pernikahan dan melakoni peran baru sebagai istri, suami, ayah, ataupun ibu. 

2. Masalah Ekonomi 

Menikah di usia muda juga bisa memicu masalah ekonomi. Pasalnya, pihak laki-laki maupun perempuan belum bisa mencari nafkah sendiri di usia yang masih sangat muda. Pengalaman kerja masih minim sementara tuntutan biaya hidup semakin tinggi karena telah menikah. 

Baca juga: 10 Potret Jadul Krisdayanti, Berkarier Sejak Remaja Hingga Nikah Muda

3. KDRT

Risiko ini terutama paling berdampak pada perempuan yang menikah di usia muda. Kecakapan emosional seseorang di usia muda biasanya belum cukup matang. Akibatnya, ia masih belum bisa mengendalikan emosi. Padahal, dalam pernikahan, konflik sudah pasti ada. Belum lagi risiko kekerasan seksual seperti marital rape yang juga menghantui perempuan yang nikah muda.

4. Komplikasi Kehamilan

Hamil di usia muda jelas sangat berisiko. Pada janin, risiko yang mungkin terjadi adalah bayi terlahir prematur, stunting, atau berat badan lahir yang rendah (BBLR). Sedangkan pada ibu, melahirkan di usia muda berisiko menyebabkan preeklamsia atau anemia. Apabila kondisi ini tidak tertangani dengan baik maka bisa berakibat fatal, yakni kematian pada ibu dan bayi.

5. Perceraian

Kebanyakan orang tentu berharap menikah hanya untuk sekali seumur hidup. Jika Anda berharap demikian, pertimbangkanlah untuk menikah ketika usia Anda sudah mencukupi. BKKBN menilai usia ideal perempuan Indonesia untuk menikah adalah 21 tahun, sementara bagi pria adalah 25 tahun.

Ketidaksiapan dalam menikah akan memicu permasalahan seperti yang telah disebutkan di atas dan pada akhirnya berujung pada perceraian. 

Parents, itulah informasi mengenai artis nikah muda cerai selain Larissa Chou dan Alvin Faiz. Nikah muda memiliki risiko yang tinggi untuk gagal. Oleh sebab itu, pertimbangkan dengan baik ya sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius. 

Baca juga:

Nikah muda, begini dampaknya jika belum siap mental

Nikah muda, 7 artis ini buktikan rumah tangganya harmonis dan jauh dari gosip

Viral WO Promosikan Nikah Muda, Ini Bahaya Kesehatan Fisik dan Mental Bagi Anak

 

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *