Sering Sahur dengan Mie Instan? Duh Hati-hati, Ini Dampaknya

  • Whatsapp
Sering Sahur dengan Mie Instan? Duh Hati-hati, Ini Dampaknya


Menu sederhana lebih cocok disantap saat sahur, karena tidak membutuhkan waktu dan usaha yang lama untuk persiapannya. Tapi bagaimana jika kita sahur makan mie instan yang praktis pembuatannya?

Ya, memang tak butuh waktu yang lama untuk memasak semangkuk mie instan. Namun, apakah mie instan cukup untuk menjaga diri tetap fit sepanjang hari hingga waktu berbuka tiba? Cek ulasannya berikut ini.

Sahur Makan Mie Instan? Sebaiknya Sih Jangan, Karena…

Hanya Mengandung Karbohidrat

Sahur biasanya dilakukan sekitar pukul 3 hingga 4 dini hari, sebelum masuk waktu Imsak. Mengingat waktunya, sepertinya akan sangat berat jika harus menyiapkan makanan yang butuh waktu dan usaha ekstra dalam pembuatannya. Alasan inilah yang kemudian digunakan beberapa orang untuk sahur makan mie instan.  

Para ahli kesehatan menjelaskan kandungan yang ada dalam sebungkus mie instan lebih dari sebagian besarnya adalah tepung yang hanya mengandung kalori dan karbohidrat. Tidak ada tambahan nutrisi lain dalam sebungkus mie instan.

Artikel terkait: Awas, Ini 5 Bahaya Makan Mie Instan dalam Kondisi Mentah

Sahur Makan Mie Instan Bikin Cepat Lapar

sahur makan mie instan

Karena memang hanya terbuat dari tepung, kandungan gula sederhananya pun tinggi. Meski demikian, gula tersebut akan sangat mudah dicerna tubuh sehingga dengan cepat membuat Anda lapar kembali. Seseorang yang sahur hanya menggunakan mie instan pun akan cepat kehilangan tenaga sebelum waktu berbuka.

Mengandung Zat Pengawet dan MSG

sahur makan mie instan

Ada alasan lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Salah satunya ialah kandungan zat pengawet yang dapat memperburuk kondisi kesehatan saat berpuasa. Ketika imunitas tubuh Anda turun, virus dan bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi Anda. Wah, jangan sampai kejadian ya.

Kandungan Monosodium glutamate (MSG) yang tinggi juga memicu rasa haus dalam jangka pendek. Agar lebih aman, ganti bumbu mie instan dengan bumbu buatan sendiri saja menggunakan campuran garam, gula, dan bawang.

Artike terkait: Ibu Menyusui Makan Mie Instan, Boleh Nggak, Sih? Ini Faktanya!

Sahur Makan Mie Instan Bisa Sebabkan Dehidrasi

sahur makan mie instan

Melansir CNN Indonesia, Ahli gizi Diana F. Suganda, M.Kes., Sp.GK mengatakan, bumbu pada mie instan mengandung garam yang sangat tinggi. Makanan apapun yang mengandung garam tinggi jelas tidak baik untuk kesehatan ya sehingga bisa berdampak pada dehidrasi tubuh.

Tanda-tanda tubuh mengalami dehidrasi adalah mulut terasa sangat kering, lengket, mudah mengantuk. Tubuh pun akan mudah terasa sangat lelah, pusing, warna urin gelap, hingga tidak sadarkan diri.

Lebih Cocok Sebagai Makanan Darurat

Sering Sahur dengan Mie Instan? Hati-hati, Ini Dampaknya

Jadi, kalau ditanya boleh atau tidak sahur makan mie instan, masih diperbolehkan saja lho asalkan tidak sering mengonsumsinya. Namun, memang sebaiknya pilih makanan yang lebih bernutrisi dan bergizi tinggi, seperti yang mengandung serat, vitamin, mineral, lemak dan protein.

Pasalnya, selama hampir 12 jam Anda berpuasa, tubuh Anda tidak mengonsumsi apapun, baik itu makanan juga minuman. Makanan bernutrisi dan bergizi tinggi akan membuat tubuh Anda mampu bertahan sehari penuh selama berpuasa.

Melansir National Geographic, mie instan lebih cocok dijadikan makanan darurat, terutama dalam kondisi tubuh Anda butuh asupan kalori dan karbohidrat pada waktu yang tak terduga saja.

Nah, agar saat sahur tidak repot, siapkan makanan sahur Anda minimal semalam sebelumnya. Kalau bisa, Anda bisa menyiapkan makanan jadi yang tidak perlu diolah lagi, melainkan cukup dipanaskan saja sebelum disantap.

Artikel terkait: Amankah memberikan mie instan untuk bayi? Cek faktanya di sini

Tambahkan Bahan Lain Agar Lebih Bergizi

Sering Sahur dengan Mie Instan? Hati-hati, Ini Dampaknya

Tapi jika kondisinya memang tidak memungkinkan untuk Anda memasak atau membeli makanan dari luar (secara online), boleh saja terpaksa sahur makan mie instan. Asalkan, Anda menambahkan beberapa bahan bernutrisi ke dalamnya. Misalnya saja bahan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak, seperti telur, sayuran, atau daging.

Pakar gizi, penulis, dan juga pengusaha asal Inggris, Patrick Holfond, menyarankan, agar Anda menambahkan jenis dan porsi sayur yang kandungannya setara dengan mie instan. Misalnya saja wortel, sawi, atau bayam. Agar lebih segar lagi, tambahkan tomat dan potongan bawang merah atau putih.

Sayur dapat menambah asupan zat besi, vitamin, antioksidan, dan mineral penting lain pada mie instan. Dijamin selama berpuasa tubuh Anda akan tetap fit, mampu melawan radikal bebas, produksi sel darah merah tetap normal, dan sistem pencernaan juga terjaga dengan baik.

Sedangkan untuk daging, Anda bisa menggunakan daging jenis apa saja. Asalkan saat memasaknya berikan waktu yang cukup lama agar daging matang sempurna, ya.

Itu dia penjelasan dan aturan mengenai sahur makan mie instan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tetap sehat dan semangat menjalankan puasa, ya!

****

Baca juga:

Ini Dia Ibu Pencipta Varian Rasa Indomie Favorit Kita Semua

5 Aneka Resep Mi Ongklok Khas Wonosobo yang Lezat Disantap, Mau Coba?

MSG merusak otak anak? Ini fakta yang wajib Parents ketahui

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *