Tips Aman untuk Berpetualang di Tengah Pendemi

  • Whatsapp
Tips Aman untuk Berpetualang di Tengah Pendemi


Berpetualang ke alam adalah hal yang amat menantang sekaligus menyenangkan, apalagi Indonesia memiliki banyak pilihan untuk memompa adrenalin Anda.

Bacaan Lainnya

Photo by Felix Rostig on Unsplash

Sebelum berpetualang, para petualang diwajibkan menentukan ke mana ia akan pergi, apa yang harus dilakukan, hingga peralatan apa yang dibutuhkan. Aktivitas ini jelas membutuhkan pertimbangan dan perencanaan yang matang. Tak heran, banyak pemula yang menganggap berpetualang itu menakutkan.

Padahal semua aktivitas petualangan bisa menjadi aman menyenangkan, asalkan dipersiapkan dengan baik dan terukur. Terlebih situasi pandemi Covid-19, mendidik Anda untuk lebih berhati-hati di setiap langkah dan situasi.

Melalui aksi #InDOnesiaCARE Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menekankan penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE secara ketat dan disiplin.

“Proyeksi pemulihan pariwisata ini akan bergantung sekali pada kasus COVID-19. Jika kita bisa single atau double digit (angka penularan kasus COVID-19) tentu akan sangat luar biasa untuk membangun kepercayaan dari wisatawan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya.

Maka dari itu, agar tetap aman saat bertualang di alam bebas, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan:

Siapkan Perlengkapan, Stamina, dan Mental
Logistik adalah hal vital yang tak bisa ditawar dalam petualangan, karena meleset sedikit saja dari itinerary bisa berakibat fatal. 

Untuk itu diperlukan perhitungan yang tepat dan rencana cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Tak cuma itu pengetahuan dasar tentang hidup di alam bebas, hingga stamina dan mental juga tak boleh diabaikan untuk dipersiapkan dengan matang.

Patuhi Protokol Kesehatan
Di mana pun Anda berada, sekalipun di dalam hutan, jangan sekali-kali abaikan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selain itu, selalu sedia hygiene kit seperti hand sanitizer, disinfektan, dan tisu basah yang mengandung alkohol.

Hindari Tempat Ramai
Mengunjungi tempat yang ramai jelas bukan opsi untuk para petualang sejati. Namun jika hal itu sampai terjadi, sebaiknya segera cari tempat lain yang lebih sepi. Selain lebih tenang, mengeksplorasi tempat sepi akan jauh lebih aman.

Berpetualang di alam pada saat pandemi bukanlah hal yang menakutkan, asal kita selalu patuh dan disiplin pada protokol kesehatan dengan menerapkan 3M di mana pun.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *