Unggah Foto Tangan Berdarah, Idola K-Pop Kwon Mina Mencoba Bunuh Diri Lagi?

Unggah Foto Tangan Berdarah, Idola K-Pop Kwon Mina Mencoba Bunuh Diri Lagi?


Baru-baru ini, idola K-Pop bernama Kwon Mina kembali membuat penggemarnya khawatir. Pasalnya, perempuan tersebut kembali mengunggah foto yang memperlihatkan ia telah menyakiti dirinya sendiri. Benarkah Kwon Mina mencoba bunuh diri lagi?

Artikel terkait: 5 Fakta Dugaan Bullying yang Dialami Bintang K-Pop Hyunjoo, Keluar Grup Hingga Depresi

Kwon Mina Diduga Mencoba Bunuh Diri, Unggah Foto dan Pesan yang Bikin Penggemar Khawatir

Pada Senin (26/4), mantan anggota girlgroup AOA tersebut menggungah foto pergelangan tangan berdarah melalui akun Instagram pribadinya. Para warganet menduga itu merupakan luka sayatan yang dibuat oleh Mina karena melakukan percobaan bunuh diri lagi. 

Tidak hanya itu, dalam foto yang diunggah pun Mina menyertakan keterangan yang tampak ditujukan pada para haters. Usai membuka suara dan mengklaim bahwa dirinya merupakan korban bullying, ia diduga masih sering mendapat ujaran kebencian di media sosial.

kwon mina mencoba bunuh diri

Selama beberapa saat, unggahan Kwon Mina tersebut pun kemudian langsung dihapus oleh dirinya. Meski begitu, para penggemar yang sudah melihat tetap merasa khawatir akan kondisi sang idola. Melansir berbagai sumber, berikut isi pesan Kwon Mina dalam unggahan tersebut:

“Kenapa? Terlihat kotor? Apa ini perbuatan jahat? Mendengar setiap perkataan kalian, membuatku melampiaskannya seperti ini. Ahh… bunuh diri sekarang? Kalian kira ini untuk mengumpulkan simpati, ya? Coba beri simpati kalian kalau begitu. 
Pergi ke psikiater? Aku sudah melakukannya selama lebih dari 10 tahun. Apa kalian mengerti perasaanku? Mengapa aku merasa marah? Memang kalian pernah merasakan menjadi diriku? Kalian tidak tahu apa-apa tentangku tapi masih terus menginjak-nginjak dan menghancurkanku. Aku sudah berusaha terbaik, tetapi kenapa aku terus hidup selayaknya orang bodoh,” tulisnya Mina. 

Artikel terkait: Diterpa Isu Bullying, Ini 8 Fakta Menarik Mingyu ‘Seventeen’ yang Multitalenta

Menjadi Korban Bullying

Unggah Foto Tangan Berdarah, Idola K-Pop Kwon Mina Mencoba Bunuh Diri Lagi?

Ini bukan kali pertama Mina mengunggah foto yang memperlihatkan luka karena menyakiti diri sendiri. Dirinya pernah mengunggah foto serupa pada 8 Agustus tahun lalu, mengungkap bahwa depresi yang diderita olehnya kian parah.

Tak hanya itu, ia juga mengungkap bahwa dirinya sudah lama menjadi korban perundungan yang dilakukan oleh anggota AOA lain yang bernama Shin Jimin selama 10 tahun lamanya. Permasalahan tersebut pun menuai kontroversi. Sejak saat itu pun, Mina diduga sudah mencoba mengambil nyawanya sendiri sebanyak tiga kali. 

Kini, Jimin pun telah hengkang dari grup AOA dan berhenti dari dunia hiburan Korea Selatan. Ia juga menulis permintaan maafnya melalui media sosial. Meski begitu, sejak perseteruan dan mengungkap dirinya sebagai korban perundungan, Mina masih kerap mendapat ujaran kebencian dari para haters di media sosial. 

kwon mina mencoba bunuh diri

Melihat sang idola yang kini kembali kesulitan, para penggemar pun beramai-ramai memberikan dukungan padanya melalui media sosial.

“Kwon Mina, kami sangat menyayangimu!”

“Aku berharap teman dekat, keluarga atau staf yang ada di sekelilingnya mengecek keadaannya sekarang. Kwon Mina, kami khawatir. Kami mencintaimu, tolong jangan lakukan ini,” tulis para penggemar. 

Bagaimana Cara Menolong Orang yang Memiliki Kecenderungan Bunuh Diri?

Unggah Foto Tangan Berdarah, Idola K-Pop Kwon Mina Mencoba Bunuh Diri Lagi?

Kadang kala, seseorang bisa merasakan sakit mendalam dan sudah tak sanggup menanggung beban yang ada sehingga memutuskan mengakhiri hidup.

Jika Anda melihat orang terdekat memiliki kecenderungan tersebut, maka jangan ragu untuk mengulurkan tangan. Jangan diam apalagi menghakiminya, tetapi bantulah mereka untuk menyembuhkan lukanya. 

Apabila Anda bingung dan tidak tahu harus memulai dari mana, berikut kami rangkum beberapa pertolongan yang bisa dilakukan pada orang dengan kecenderungan bunuh diri seperti yang dikutip dari laman Into The Light Indonesia:

  • Mulailah percakapan secara perlahan. Beri tahu ia bahwa Anda peduli dengan kondisinya. Tanya juga apa yang bisa Anda lakukan agar dia merasa lebih baik.
  • Jadilah pendengar yang baik saat ia bercerita tentang rasa sakit dan beban yang dirasakan. Hindari menyela pembicaraan, menghakimi, atau bahkan membandingkan kesulitan yang dialaminya.
  • Jika mereka menolak bercerita, maka hargailah keputusannya. Namun, yakinkan ia bahwa Anda akan selalu ada ketika dia siap untuk bercerita. 
  • Cari tahu tingkat risiko bunuh diri yang dialami, jangan abaikan atau menganggap keinginannya adalah mencari perhatian semata.
  • Jadilah tempat yang aman atau support system baginya. Ajak juga ia menghubungi keluarga atau kerabat yang juga bisa menjadi support system bagi dirinya. Keberadaan orang yang mendukung di sekitarnya akan sangat membantu mencegah pemikiran bunuh diri. 
  • Beri dukungan penuh atau temani mereka saat mencari bantuan profesional.
  • Ingatkan ia untuk minum obat, terapi, atau berkonsultasi sesuai jadwal.
  • Dorong agar ia mampu melakukan aktivitas reguler di saat sehat. Misalnya, bekerja, menjalankan hobi atau kebiasaan lainnya. Namun, jangan memaksakannya jika ia belum siap. 

Artikel terkait: Depresi membuat artis ini bunuh diri, cegah hal serupa terjadi pada orang terdekat Anda

Unggah Foto Tangan Berdarah, Idola K-Pop Kwon Mina Mencoba Bunuh Diri Lagi?

Jika seseorang berada dalam kondisi berbahaya yang mengancam keselamatan nyawa, segera telepon nomor layakan darurat 119 atau menuju ke IGD di Rumah Sakit terdekat. Jangan menunggu. 

Setiap nyawa berharga. Setiap orang berhak merasa dicintai. Bunuh diri bisa dicegah oleh bantuan dari berbagai pihak, termasuk Anda. 

Itulah berita seputar Kwon Mina yang diduga mencoba bunuh diri lagi. Kalau Parents atau seseorang di sekitar memiliki pemikirian bunuh diri, janganlah ragu untuk mencari bantuan. Anda bisa menghubungi Yayasan Pulih (021) 78842580 atau kunjungi layanan pencegahan bunuh diri Intothelightid.org. 

***

Baca juga: 

Self-Healing: Berdamai dengan diri sendiri untuk sembuhkan luka hati

5 Langkah sederhana mencintai diri sendiri, Anda sudah lakukan?

2 Kali Nyaris Bunuh Diri, Ruben Onsu Diselamatkan Betrand & Sarwendah

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.