10 Tips Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan, Simak Caranya, Bun!

  • Whatsapp
10 Tips Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan, Simak Caranya, Bun!


Melahirkan bayi secara normal membuat vagina mengalami banyak trauma. Faktanya, 95 persen ibu yang baru pertama kali melahirkan akan mengalami robekan di organ intim. Kondisi ini tentu saja akan menimbulkan rasa nyeri. Nah, kali ini theAsianparent akan mengulas sejumlah tips untuk meredakan nyeri pasca melahirkan.

Bacaan Lainnya

Bunda yang baru pertama kali melahirkan cukup sering mengalami robekan pada perineum (area antara vulva dan anus). Masa pemulihan yang harus dilalui pun memakan waktu berbeda-beda. Ada yang bisa pulih kembali dalam hitungan minggu, tetapi ada pula yang butuh waktu hingga beberapa bulan.

Lantas, apa saja yang bisa Bunda lakukan untuk meredakan atau paling tidak mengurangi rasa nyeri di sekitar area kewanitaan? Simak tips berikut!

Artikel terkait: Bunda Alami Perdarahan Dubur Pasca Melahirkan? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

10 Tips Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tips meredakan nyeri setelah persalinan.

1. Berendam Air Hangat, Cara Mudah Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan

Tips pertama ini mampu menghadirkan rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit. Di beberapa rumah sakit atau klinik bersalin, disediakan sitz bath, yaitu sejenis baskom dangkal berisi air hangat. Jika tidak ada, Bunda dapat memanfaatkan baskom biasa atau bak mandi.

meredakan nyeri pasca melahirkan

Isi baskom atau bak dengan air hangat. Pastikan tinggi air tidak lebih dari 3 inci. Kemudian berendamlah kurang lebih 20 menit, lakukan beberapa kali sehari.

Usahakan bagian pinggul terendam air. Ini akan meningkatkan aliran darah ke area intim, membantu menyembuhkan dan memperbaiki jaringan lebih cepat.

2. Gunakan Semprotan Air

Vagina yang robek dan bengkak setelah melahirkan membuat pengalaman buang air kecil pasca persalinan menjadi kurang nyaman. Untungnya, masalah ini dapat diringankan dengan semprotan air sederhana.

meredakan nyeri pasca melahirkan

Cukup isi botol dengan air suam-suam kuku dan semprotkan ke area intim untuk bilasan sesudah buang air kecil, sebagai ganti bilasan konvensional. Semprotan air hangat ini akan menenangkan jaringan halus.

“Percayalah, semakin sedikit sentuhan, semakin baik,” kata Katie Page, perawat-bidan bersertifikat di Lynchburg, Virginia dikutip dari Parents.com.

3. Semprotan Lidocaine dam Dermoplast Dapat Meredakan Nyeri Setelah Melahirkan

Selain dengan semprotan air hangat, Bunda dapat menggunakan semprotan pereda rasa sakit, yaitu lidocaine atau semprotan dermoplast. Biasanya semprotan ini dijual bebas di apotek.

meredakan nyeri pasca melahirkan

Cara pengaplikasiannya sama dengan semprotan air hangat tadi. Namun sebelum menggunakannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada bidan atau dokter.

Artikel terkait: Ini 5 Perlengkapan Setelah Melahirkan yang Wajib Bunda Miliki

4. Kompres Air Es, Tips Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan

10 Tips Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan, Simak Caranya, Bun!

Selain air hangat, air es juga ternyata bisa jadi pereda nyeri alami. Caranya pun cukup sederhana. Bungkus kantong es dengan waslap atau bahan penyerap lembut lainnya.

Ketika rasa sakit menyerang, kompres area vagina selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Tips ini akan memberi efek tenang dan nyaman.

5. Manfaatkan Hair Dryer

Mungkin ini terdengar sedikit ekstrem, tetapi hair dryer bisa sangat menolong untuk mengurangi gesekan dengan handuk atau tissue toilet.

10 Tips Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan, Simak Caranya, Bun!

Setelah selesai buang air kecil, buang air besar, atau duduk berendam, berdiri atau duduklah dengan kaki terbuka. Kemudian arahkan hair dryer sekitar enam hingga delapan inci dari bagian bawah yang lembap.

Atur pengering pada pengaturan terendah dan dingin. Gerakkan seperti ketika mengeringkan rambut. Lakukan ini tidak lebih dari tiga menit.

6. Gunakan Pakaian yang Nyaman

meredakan nyeri pasca melahirkan

Mengenakan pakaian dengan bahan yang lembut dan nyaman bisa menjadi tips berikutnya untuk mengurangi nyeri pasca melahirkan. Tujuannya adalah agar area vagina tidak mudah mengalami gesekan dengan permukaan kain yang kasar. Pilih juga jenis pakaian yang mudah dilepas.

7. Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan dengan Obat Pereda Sakit

10 Tips Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan, Simak Caranya, Bun!

Biasanya dokter meresepkan ibuprofen sebagai obat antiradang. Obat ini dapat membantu meringankan perdarahan pasca melahirkan, mengurangi kram, dan membantu mengatasi nyeri perineum. Meskipun aman dikonsumsi saat menyusui, tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Artikel terkait: Momen Tak Terlupakan Saat Melahirkan, Bolak-balik Klinik hingga Suami Jadi Korban Cakaran

8. Gunakan Bantal ‘Donat’ Saat Duduk

10 Tips Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan, Simak Caranya, Bun!

Menemukan posisi duduk yang nyaman setelah melahirkan mungkin akan menjadi tantangan tersendiri. Solusinya, pakailah bantal berbentuk mirip donat (dengan lubang di tengahnya) untuk mengurangi tekanan pada bagian yang sakit saat duduk.  

9. Minum Air Putih dan Konsumsi Serat

meredakan nyeri pasca melahirkan

Mengejan saat buang air besar tentunya akan membuat area intim terasa semakin sakit. Untuk mencegah hal ini terjadi, mencukupi kebutuhan cairan dan serat merupakan kunci utama. Minumlah air sekitar dua liter sehari dan perbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran berserat.

10. Pembalut Khusus, Solusi untuk Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan

10 Tips Meredakan Nyeri Pasca Melahirkan, Simak Caranya, Bun!

Di pasaran biasanya terdapat pembalut khusus untuk ibu pasca melahirkan. Jenis pembalut ini mengandung bahan kimia yang disebut tanin yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melawan bakteri. Dengan begitu, akan mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi.

****

Nah, itulah tadi sejumlah tips meredakan nyeri pasca melahirkan yang bisa Bunda coba di rumah. Jika sakit disertai perdarahan hebat, demam, dan sakit kepala, segera hubungi dokter. Tak luput, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu juga kepada dokter jika ingin melakukannya.

Artikel telah ditinjau oleh:
dr. Gita Permatasari
Dokter Umum dan Konsultan Laktasi

Baca juga:

Melahirkan 10 Bayi Kembar, Ibu Ini Pecahkan Rekor Baru!

Meghan Markle Melahirkan Anak Kedua, Sematkan Nama Mendiang Putri Diana

Viral Perempuan Melahirkan Tercepat di Dunia, Hanya 27 Detik!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *