5 Perubahan pada Wajah Saat Hamil, Adakah yang Bunda Alami?

  • Whatsapp
5 Perubahan pada Wajah Saat Hamil, Adakah yang Bunda Alami?


Beberapa ciri fisik kehamilan relatif mudah diamati. Seperti perut yang membesar, penambahan berat badan, mual, hingga sakit punggung. Namun tahukah Bunda, tanda kehamilan juga dapat terlihat dari wajah. Ya, faktanya memang ada sejumlah tanda hamil dari wajah. 

Bacaan Lainnya

Tanda-tanda tersebut misalnya perubahan kondisi wajah atau munculnya masalah kulit. Hal ini terjadi sebagai akibat dari perubahan hormon dan sirkulasi darah selama masa kehamilan.

Dilansir dari laman SehatQ, ciri-ciri  kehamilan dari raut wajah antara lain timbulnya flek hitam, kulit kering, wajah kusam, hingga timbul jerawat. Namun, tanda yang timbul tidak selalu masalah kulit, ada juga yang kulitnya tampak glowing saat hamil meskipun tidak memakai kosmetik. 

5 Tanda Hamil dari Wajah

Yuk, kita ulas satu persatu tanda hamil dari wajah yang mungkin sedang Bunda alami.

1. Kulit Wajah Tampak Glowing

Dilansir dari American Pregnancy, sebagian ibu hamil mungkin merasakan efek positif dari wajahnya, yakni kulit wajah tampak glowing, lebih cerah dan berkilau. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi darah pada tubuh hingga 50 persen saat hamil.

tanda hamil dari wajah

Aliran darah yang meningkat akan membuat raut wajah tampak glowing dari sebelumnya. Wajah juga tampak lebih berkilau karena produksi lebih kelenjar minyak akibat peningkatan hormon.

Saat hamil, tubuh menahan cairan lebih banyak sehingga kulit akan tampak lebih kenyal serta garis halus dan kerutan di wajah menghilang. Agar menjaga kulit tetap sehat, Bunda disarankan untuk rajin minum air putih setiap hari.

Artikel terkait: Hamil tidak ya? Simak deh 15 tanda awal kehamilan ini

2. Timbulnya Flek Hitam

Ketika Bunda sedang hamil, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kehamilan. Efek sampingnya terjadi peningkatan pigmentasi sehingga timbul melasma.

Secara medis, melasma ini adalah flek hitam atau disebut juga topeng kehamilan. Flek hitam ini seringkali muncul pada area dahi, hidung, pipi, dan bibir.

tanda hamil dari wajah

Hal ini mungkin sangat mengganggu penampilan dan menyebalkan ya, Bunda. Akan tetapi, flek hitam yang timbul di wajah saat hamil tergolong normal.

Faktanya, sebanyak 50 persen ibu hamil mengalami kondisi ini. Bunda tidak perlu terlalu khawatir sebab flek hitam jenis ini bisa hilang dengan sendirinya.

Paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko timbulnya flek hitam pada wajah. Nah, untuk mengatasi noda atau flek hitam, Bunda disarankan selalu menggunakan tabir surya atau mengenakan tutup kepala saat keluar rumah di siang hari.

3. Kulit Wajah Kering

Tanda hamil dari wajah selanjutnya yang mungkin Bunda alami adalah kulit wajah yang kering. Penyebabnya adalah perubahan hormon yang mengakibatkan hilangnya elastisitas dan menurunnya kelembapan kulit.

5 Perubahan pada Wajah Saat Hamil, Adakah yang Bunda Alami?

Untuk mengatasi kulit wajah kering, ada baiknya Bunda mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari dan minum air yang cukup untuk menjaga hidrasi kulit. Selain itu, disarankan menggunakan produk perawatan wajah yang melembapkan dan tinggi kandungan air. 

Hindari penggunaan kosmetik dengan bahan kimia berbahaya. Pasalnya, bahan kosmetik tersebut bisa membuat kulit wajah semakin kering bahkan iritasi.

Artikel terkait: Benarkah jerawat di dagu tanda hamil? Ini penjelasannya!

4. Kulit wajah Menipis dan Pembuluh Darah di Pipi Terlihat Jelas

Banyaknya darah yang mengalir pada tubuh dapat memberikan tekanan pada pembuluh kapiler yang disertai peningkatan hormon estrogen. Ditambah, kulit yang menipis sehingga pembuluh darah terlihat jelas saat hamil.

5 Perubahan pada Wajah Saat Hamil, Adakah yang Bunda Alami?

Pembuluh darah di pipi yang terlihat jelas ini merupakan kondisi umum yang terjadi pada kehamilan dan cenderung tidak membahayakan. Selain di wajah, pembuluh darah juga terlihat jelas pada tenggorokan, leher, dan lengan. Umumnya setelah melahirkan, pembuluh darah akan memudar kembali ketika kadar hormon menurun.

5. Timbulnya Jerawat di Wajah

Banyaknya jerawat yang bermunculan tentu sangat mengganggu penampilan ya, Bunda. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan hormon androgen yang membuat produksi kelenjar minyak atau sebum juga meningkat.

tanda hamil dari wajah

Jerawat yang timbul biasanya karena ada penumpukan sel-sel kulit mati di dalam pori-pori kulit, sehingga, bakteri lebih mudah berkembang. Ditambah lagi, produksi minyak yang berlebih memicu peradangan. 

Jerawat kerap muncul pada usia kehamilan trimester pertama dan kedua. Untuk menghindarinya, pastikan Bunda selalu rutin membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Bila perlu, gunakan salep jerawat yang aman untuk ibu hamil. 

****

Nah, itulah tanda hamil dari wajah saat hamil. Perubahan yang terjadi pada kulit wajah ini tidak membahayakan Bunda maupun janin. Biasanya juga tidak berhubungan dengan kondisi kesehatan atau penyakit tertentu.

Tanda hamil yang timbul ini bisa hilang setelah melahirkan. Tetap lakukan perawatan kulit secara teratur dan konsumsi buah dan sayuran selama kehamilan agar kulit Bunda tetap sehat.

Baca juga:

“Hasil test pack positif, tapi mengapa aku tak merasakan tanda kehamilan?”

5 Tanda Bawaan Hamil Bayi Perempuan yang Beredar di Masyarakat, Mitos atau Fakta?

Ini tanda kekurangan asam folat yang bisa membahayakan ibu hamil

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *