7 Tanaman Hias Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Milyaran

  • Whatsapp
7 Tanaman Hias Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Milyaran


Tanaman bisa menjadi  komoditas yang sangat mahal jika dijual. Bahkan ada beberapa tanaman yang harganya mencapai milyaran rupiah jika dijual. Beberapa tanaman hias termahal berikut ini memiliki karakteristik yang unik dan cantik sehingga mereka diminati oleh banyak orang.

Bacaan Lainnya

Hal ini membuat ragam tanaman hias bisa dijual dengan harga yang sangat fantastis.  Harga fantastis membuat tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai peluang bisnis.

Artikel terkait: 9 Cara Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bikin Tanaman Tumbuh Subur

7 Tanaman Hias Termahal di Dunia

Beberapa tanaman hias termahal di dunia membuat banyak orang rela menukar harta mereka dengan satu pot tanaman mahal yang sedang diincar. Berikut ini beberapa tanaman hias termahal di dunia.

1. Ketapang Biola

Ficus lyrata (Foto: turbosquid.com)

Tanaman hias yang memiliki nama latin Ficus lyrata ini sangat istimewa karena bisa tumbuh hampir setinggi 50 kaki di hutan hujan tropis dan 10 kaki di kondisi dan ruangan yang tepat. Dedaunannya pun semakin banyak disukai oleh desainer interior dan telah menjadi tanaman yang mahal dalam dekade terakhir.

Permintaan yang cukup tinggi mendorong harga tanaman ini semakin mahal. Tanaman ini dijual mulai dari Rp 1.1 juta – Rp 4.2 jutaan.

Ketapang biola juga sangat sensitif terhadap kualitas udara. Mereka tidak menyukai udara kering atau terlalu berangin serta tidak merespon dengan cukup baik jika tidak punya cukup sinar matahari.

2. Monstera deliciosa

7 Tanaman Hias Termahal di Dunia, dari Puluhan Juta Sampai Milyaran

Potret tanaman hias Monstera deliciosa (Foto: thespruce.com)

Tanaman monstera menjadi tanaman hias yang paling viral pada tahun 2020. Jenis Monstera deliciosa memiliki harga yang sangat mahal. Varian kecilnya bahkan dibanderol dengan harga sekitar Rp 8 juta.

Sementara itu, monstera yang berukuran besar bisa mencapai puluhan juta. Monstera deliciosa variegata memiliki harga selangit karena memiliki warna yang indah yaitu perpaduan antara warna putih dengan hijau tua. Tanaman lain tidak bisa menyaingi corak tersebut.

Artikel terkait: 13 Jenis Tanaman Hias Outdoor, Bikin Halaman Rumah Tambah Asri

3. Philodendron Pink

7 Tanaman Hias Termahal di Dunia, dari Puluhan Juta Sampai Milyaran

Philodendron pink princess (Foto: leafyplace.com)

Tanaman philodendron pink princess  selalu menyita perhatian dengan daunnya yang berwarna hijau tua dengan bercak pink yang ada di atasnya. Popularitasnya meningkat sejak tahun 2019 karena menjadi rekomendasi paling atas dari Horticulture Week.

Permintaan tanaman hias ini juga tidak pernah surut. Pada berbagai marketplace Indonesia, Philodendron pink princess ukuran kecil dihargai Rp 10 juta. Sayangnya, Bunda harus jeli karena banyak orang yang menjual tiruannya.

4. Monstera obliqua (Janda Bolong) Tanaman Hias Termahal di Dunia yang Viral

tanaman hias termahal

Monstera obliqua

Parents pasti sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Monstera obliqua merupakan tanaman hias yang viral dan banyak diminati pada tahun 2020. Ini karena daunnya yang lebar dan memiliki lubang pada beberapa area. Sebelumnya, belum ada tanaman hias yang seunik ini penampilannya.

Sekalipun banyak dijual murah saat ini, Monstera obliqua termasuk tanaman milik sultan karena harganya mencapai Rp 50 juta untuk satu tanaman dengan jumlah daun mencapai lima. Tetapi kini anda bisa membelinya seharga ratusan ribu rupiah untuk ukuran yang lebih kecil.

5. Bonsai

7 Tanaman Hias Termahal di Dunia, dari Puluhan Juta Sampai Milyaran

Sejak dulu, tanaman hias yang mahal ini memiliki nilai jual tinggi dan stabil karena banyaknya kolektor bonsai di dunia. Beberapa jenis tanaman bonsai seperti bonsai Kikuhan emas dan bonsai klimeng dibanderol dengan harga jutaan rupiah. Bonsai merupakan tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal untuk menciptakan miniatur pohon besar yang ada di alam bebas.

Artikel terkait: 9 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Disimpan di Dapur, Indah dan Kaya Manfaat

6. Philodendron Minima Variegata Termasuk Tanaman Hias Termahal di Dunia

tanaman hias termahal

Philodendron Minima Variegata (Foto; mediatani.co)

Tanaman hias yang satu ini memiliki daun yang lebar serta memanjang namun memiliki beberapa belahan di sisinya. Warnanya pun sangat unik yaitu perpaduan antara warna hijau dengan warna kekuningan.

Varian Philodendron ini sempat memecahkan rekor harga dalam pelelangan tanaman hias yang baru. Tanaman dengan empat helai daun ini terjual dengan harga Rp 114 juta.

7. Anggrek Shenzen nongke

tanaman hias termahal

Anggrek Shenzen nongke (Foto: bunganusantara.com)

Tanaman Anggrek Shenzhen nongke ternyata buatan manusia. Para ilmuwan telah menghabiskan waktu selama 8 tahun untuk mengembangbiakkan varian ini. Namun, kerja keras tersebut dibayar lunas ketika pembuatan bunga ini berhasil mekar. Coraknya juga unik dan cenderung tidak ada di anggrek yang lainnya. Warna mahkotanya merah kecoklatan dengan garis-garis di sekitarnya.

Sedangkan di bagian luar, tanaman ini berwarna hijau muda. Untuk menghargai kerja keras para penemu dan pengembang, anggrek ini dihargai dibanderol dengan harga yang mahal. Satu tanaman ini dijual dengan harga Rp 2,8 miliar di pelelangan.

Itulah beberapa tanaman hias termahal yang ada di dunia. Parents tertarik untuk membelinya?

Baca juga:

9 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun, Jauhkan dari Jangkauan Si Kecil!

Percantik Akuarium Ikan Cupang dengan 7 Tanaman Hias Berikut Ini

7 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Cantik dan Bantu Tidur Lebih Nyenyak

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *