8 Cara Hilangkan Double Chin dengan Aman, Gak Perlu Biaya Mahal

  • Whatsapp
8 Cara Hilangkan Double Chin dengan Aman, Gak Perlu Biaya Mahal


Coba deh Bunda berkaca, apa yang tampak? Pernahkah Anda mendapati kondisi dagu berlipat alias double chin? Rasanya kok gak nyaman ya? Adakah cara menghilangkan double chin yang aman tanpa harus ke dokter?

Bacaan Lainnya

Sebagian besar double chin atau dagu berlipat terbentuk akibat adanya penumpukan lemak di bawah dagu. Namun, kondisi ini juga bisa muncul meski tidak ada penimbunan lemak. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan double chin:

  • Berat badan berlebih. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas berisiko untuk mengalami double chin. Hal ini disebabkan penumpukan lemak bisa terjadi di wajah, tak terkecuali pada area dagu dan sekitarnya.
  • Keturunan atau genetik. Faktor keturunan juga bisa menjadi sebab. Jika orangtua atau anggota keluarga Anda dagunya berlipat, maka besar kemungkinan Anda mengalaminya.
  • Elastisitas kulit yang menurun. Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit cenderung menurun. Hal ini selain menimbulkan tanda penuaan juga dapat mengakibatkan kulit di area dagu mengendur sehingga lama kelamaan terbentuk lipatan.

8 Cara Menghilangkan Double Chin

Melakukan treatment di klinik kecantikan adalah hal pertama yang bisa jadi terpikirkan di benak Anda ketika mendapati double chin sudah sangat nampak terlihat. Padahal, ada berbagai cara rumahan yang bisa Anda lakukan.

1. Menjulurkan Lidah

Kebiasaan menjulurkan lidah bisa menjadi cara alami pertama dan efektif menghilangkan dagu Anda yang berlipat. Dengan metode ini, bagian lemak di dagu akan mengencang lalu menjadi otot.

Caranya sangat mudah, julurkan lidah semaksimal kemampuan Anda. Gerakkan lidah ke arah hidung dan setiap gerakan ditahan selama sekitar 10 detik. Terakhir, kembalikan lidah masuk ke posisi semula. Ulangi sebanyak 10 hingga 15 kali setiap hari dan amati hasilnya.

Artikel terkait: 10 Cara Menghilangkan Kutu Beras Menggunakan Bahan Alami di Rumah

2. Menengadahkan Kepala

Cara menghilangkan double chin lain yaitu dengan menengadahkan kepala. Gerakan ini secara tak langsung membantu menarik dagu Anda sehingga menjadi kencang. Bagaimana caranya?

Tengadahkan kepala, lalu buat gerakan mengerucutkan bibir Anda untuk lebih meregangkan otot dagu. Tahan sejenak sekitar 10 detik, lalu kembali pada posisi kepala seperti semula dan lemaskan. Ulangi kembali langkah ini sebanyak 10 hingga 15 kali sehari.

Cara lainnya yaitu bersiullah sembari menghadap langit-langit selama 10 hingga 20 detik. Pastikan otot leher dan dagu terasa tertarik dan mengencang.

3. Pijat dengan Alat

Cara Menghilangkan Double Chin

Adakah dari Anda yang biasa menggunakan facial roller? Roller yang memanfaatkan batu alami ini diandalkan kaum hawa untuk membantu skin care menyerap ke kulit dengan sempurna. Tak hanya itu, bola pijat satu ini bisa membantu dagu Anda lebih kencang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tokyo Institute of Technology menemukan bahwa facial roller mempunyai manfaat lain. Pijatan wajah menggunakan facial roller selama 10 menit bisa membuat aliran darah di kulit lebih lancar. Pelebaran pembuluh darah otomatis membuat sirkulasi tubuh jadi lancar.

Bila ingin mencoba, cobalah gunakan bola pijat berdiameter 20 cm. Letakkan bola di bawah dagu, lalu tekan dagu Anda ke bola tersebut. Jika dilakukan secara rutin, cara ini efektif menghancurkan gumpalan lemak. Ulangi langkah ini sebanyak 25 kali setiap hari untuk mendapat hasil yang optimal.

Artikel terkait: 7 Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami yang bisa Parents Coba

4. Perhatikan Pola Makan

Memerhatikan pola makan juga penting agar dagu tidak terlipat seterusnya. Perbanyak gizi dan nutrisi menyehatkan dengan rajin mengonsumsi sayuran dan buah.

Kendati terdengar klise, metode ini akan mengecilkan dagu berlipat. Hindarilah terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak, makanan dengan banyak gula dan garam, serta makanan cepat saji yang sarat pengawet.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara Menghilangkan Double Chin

Selain memperbanyak asupan gizi alami, pastikan Anda minum cukup air putih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan. Air putih bisa membantu menstimulasi metabolisme tubuh, meningkatkan elastisitas kulit, dan membantu membakar lemak.

6. Mengunyah Permen Karet

Ada dari Anda yang kerap mengisi waktu senggang atau melakukan aktivitas sambil makan permen karet?

Faktanya, sering mengunyah permen karet menjadi cara menghilangkan double chin dengan aman dan tentunya paling mudah. Hal ini diamini oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Appetite, bahwa mengunyah permen karet membuat seseorang cenderung merasa kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan.

Manfaat lain yaitu otot wajah dan rahang jadi lebih kencang. Ketika mengunyah permen karet, perbanyaklah gerakan di sekitar wajah. Cara ini perlahan membantu menghilangkan lemak di bawah dagu.

Artikel terkait: 10 Cara Alami Menghilangkan Panu Menggunakan Bahan yang Ada di Rumah

7. Gerakan Neck Roll

Mencoba gerakan senam wajah neck roll juga menjadi alternatif yang bisa Anda coba untuk menghilangkan double chin. Langkah ini membuat otot wajah dan rahang bekerja. Berikut caranya:

  • Pertama, dalam posisi berdiri tundukkan kepala hingga mendekati dada
  • Lalu secara perlahan, putar kepala ke arah kanan. Ketika mencapai atas atau posisi menengadah, langsung tahan selama 5 detik
  • Putar lagi kepala hingga menunduk arah dada kembali
  • Ulangi langkah gerakan ini sebanyak 15 kali setiap harinya untuk hasil optimal.

8. Masker Putih Telur

8 Cara Hilangkan Double Chin dengan Aman, Gak Perlu Biaya Mahal

Masker putih telur kerap menjadi andalan bagi Anda yang bermasalah dengan komedo di area hidung. Nah, Anda perlu tahu bahwa masker satu ini juga bisa membuat dagu Anda tak lagi terlipat lho!

Tak hanya itu, kandungan putih telur juga dipercaya mengurangi kerutan dan membuat wajah kenyal. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kocok putih telur secukupnya lalu campurkan dengan beberapa sendok cocoa butter yang telah dihangatkan sebelumnya.
  • Balurkan di sekitar dagu. Selanjutnya pijat mengarah ke atas dari leher hingga dagu.
  • Ulangi pijatan beberapa kali dan diamkan selama 30 menit sampai mengering. Bilas sampai bersih.
  • Gunakan masker ini dua kali sehari sebelum tidur dan sebelum mandi.

Demikian cara menghilangkan double chin yang layak dicoba nih. Selamat mempraktikkannya di rumah!

Baca juga:

10 Cara Menghilangkan Ngorok secara Alami yang Ampuh dan Efektif

10 Cara Menghilangkan Bau Badan Termasuk dengan Garam, Bikin Lebih Percaya Diri

10 Cara Menghilangkan Kutil Sampai Tuntas, dari yang Alami Sampai Medis

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *