9 Minuman Sehat untuk Buka Puasa, Segar dan Menyehatkan!

  • Whatsapp
9 Minuman Sehat untuk Buka Puasa, Segar dan Menyehatkan!
banner 468x60


Tetap terhidrasi selama berpuasa dapat mendukung aktivitas harian Anda, terutama bagi mereka yang menderita penyakit kronis. Begitu juga saat berpuasa, Anda sangat disarankan berbuka dengan minuman yang sehat, yang tak hanya menyegarkan, tapi juga mampu mengembalikan energi Anda. Seperti 9 minuman sehat untuk buka puasa berikut ini.

Bacaan Lainnya
banner 300250

9 Minuman Sehat untuk Buka Puasa, Segar dan Menyehatkan!

1. Air Putih

Air putih memang paling bagus dikonsumsi untuk membatalkan puasa. Memang tak berasa, tapi di dalamnya terkandung banyak manfaat bagi tubuh, yaitu:

  • Mencegah dan mengatasi dehidrasi dengan cepat
  • Meningkatkan kesehatan ginjal
  • Menyehatkan usus dan organ pencernaan
  • Mengatasi konstipasi atau sembelit
  • Meningkatkan kalori dalam tubuh
  • Menyehatkan sendi dan otot
  • Memelihara kesehatan kulit

Orang dewasa disarankanan mengonsumsi air putih minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap hari. Indonesia Baik menyarankan Anda minum 1 gelas di waktu-waktu berikut ini:

  • Setelah bangun sahur
  • Selepas sahur
  • Saat berbuka puasa
  • Setelah sholat maghrib
  • Setelah makan malam
  • Usai sholat isya
  • Setelah sholat tarawih
  • Sebelum tidur

Artikel terkait: Jarang diketahui! Ini 7 manfaat minum air dingin bagi kesehatan

2. Infused Water

9 Minuman Sehat untuk Buka Puasa, Segar dan Menyehatkan!

Cara membuat infused water mudah sekali. Anda cukup mengisi botol dengan air mineral dan memasukkan potongan atau irisan buah ke dalamnya. Setelah itu tutup rapat botol, simpan di dalam kulkas semalaman selama 12-24 jam. Anda bisa menikmatinya saat berbuka nanti.  

Anda bisa menggunakan 2-3 buah ke dalam botol. Buah yang biasa digunakan adalah lemon, stroberi, nanas, kiwi, mentimun, jeruk, atau buah lainnya.

Infused water tidak hanya bermanfaat sebagai pengganti elektrolit yang hilang, tapi juga melancarkan metabolisme tubuh dan sebagai detoksifikasi.

3. Air Madu Lemon

minuman sehat untuk buka puasa

Mirip-mirip infused water sebenarnya, hanya tidak perlu diinapkan dan bisa menggunakan air hangat. Campur segelas air hangat dengan 1 sendok makan madu dan setengah irisan lemon.

Manfaatnya, melepaskan racun dari lever, membersihkan saluran pencernaan, menurunkan berat badan, mencegah infeksi saluran kencing, dan membuat tubuh tidak mudah sakit.

4. Air Kelapa

9 Minuman Sehat untuk Buka Puasa, Segar dan Menyehatkan!

Alodokter menulis, di dalam 1 cangkir atau 240 ml air kelapa murni mengandung 46 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti karbohidrat, serat, protein vitamin C, beberapa mineral (magnesium, kalsium, dan kalium) dan antioksidan. Oleh karena itu, sangat baik diminum saat berbuka puasa. Selain dapat mengatasi dehidrasi dan meningkatkan stamina tubuh, air kelapa juga menurunkan risiko penyakit serius selama berpuasa. Seperti jantung, batu ginjal, dan tekanan darah tinggi.  

Disarankan saat mengonsumsi air kelapa, Anda tidak menambahkan pemanis tambahan. Dan setelah kelapa dibuka, air kelapa harus segera dihabiskan. Dan jika Anda membeli air kelapa kemasan, beli dalam keadaan kemasan baik.

5. Teh Hijau

minuman sehat untuk buka puasa

Selain air putih, orang Indonesia terbiasa berbuka dengan teh panas. Coba ganti teh Anda dengan teh hijau.

Teh terkenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, Alodokter dengan tegas menuliskan, teh hijau juga mengandung antiradang dan antikanker alami.

Teh ini juga membantu meluluhkan kolesterol jahat dalam tubuh, mencegah diabetes, membantu menurunkan berat badan karena sifat diuretiknya, serta menstabilkan tekanan darah.

Nah, sekarang yang harus Anda perhatikan adalah cara meminum teh. Ini dia:

  • Minum teh tanpa menambahkan campuran apapun.
  • Kantong teh celup tidak boleh digunakan dua kali.
  • Minumlah teh selagi hangat
  • Tidak meminumnya saat perut kosong. Jadi jika Anda berpuasa, ada baiknya minum dulu segelas air putih sebelum teh.
  • Banyam minum air putih setelah mengonsumsi teh karena teh bersifat diuretik.

Artikel terkait: Ini khasiat dan cara memanfaatkan teh hijau untuk diet

6. Yogurt

9 Minuman Sehat untuk Buka Puasa, Segar dan Menyehatkan!

Yogurt merupakan produk susu yang terbentuk dari fermentasi bakteri baik yang menghasilkan asam laktat dengan rasa asam yang khas. Di dalamnya terkandung vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan pencernaan selama berpuasa dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Karena rasanya yang asam, banyak yang berpikir yogurt tidak cocok untuk berbuka puasa. Tapi ternyata yogurt baik menjadi pilihan untuk berbuka asal dikonsumsi dalam jumlah yang aman.

Perhatikan kemasan yogurt sebelum membeli. Pilihlah yogurt rendah lemak dan mengandung lemak jenuh yang rendah. Selain itu, pilih yang tanpa perasa tambahan. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa memasukkan potongan buah ke dalamnya. Dan terakhir, jangan hanya mengonsumsi yogurt saja, tapi imbangi asupan nutrisi dari makanan lain.  

7. Jus Buah-Buahan

minuman sehat untuk buka puasa

Variasikan minuman berbuka Anda dengan jus buah-buahan. Buah-buahan sudah jelas mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama kalium yang sangat bermanfaat dalam menyeimbangkan elektrolit tubuh. Contohya buah pisang dan avokado. Semangka dan melon juga bisa pilihan yang tepat karena kandungan airnya yang tinggi sehingga mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Yang perlu diperhatikan saat membuat jus, jangan menambahkan gula terlalu banyak untuk menghindari lonjakan kadar gula dalam darah. Ganti gula biasa dengan gula rendah kalori atau madu.

8. Smoothies Buah

9 Minuman Sehat untuk Buka Puasa, Segar dan Menyehatkan!

Cara pengolahannya hampir sama dengan jus buah, hanya saja pada smoothies Anda bisa menambahkan yoghurt atau susu. Hampir semua buah bisa diolah menjadi smoothies. Namun, yang paling tepat dikonsumsi untuk berbuka adalah pisang, mangga, kiwi, pepaya, avokado, dan nanas, karena kandungan kalium, folat, dan mangan-nya baik untuk menyeimbangkan elektrolit dan kadar gula darah. Atau boleh juga peach, ceri, plum, atau apricot yang mengandung beta karoten, kalium, dan vitamin C tinggi. Ini sangat baik dalam meningkatkan imunitas sehabis berpuasa.

Oh iya, jika di rumah ada kurma, Anda bisa juga menambahkan buah ini ke dalam smoothies. Sebelum di-blend, rendam kurma ke dalam susu hangat rendah lemak agar teksturnya lebih lembut.

Artikel terkait: 8 Resep smoothies kaya vitamin C untuk tingkatkan imunitas tubuh

9. Susu Kacang Kedelai

minuman sehat untuk buka puasa

Kacang kedelai kaya akan nutrisi. Di dalamnya terdapat serat, karbohidrat, asam lemak esensial, protein, vitamin, dan mineral seperti kalsium fosfor, zat besi, dan kalium tinggi. Jika anak Anda ikut berpuasa, berikan mereka susu kedelai saat berbuka. Susu kedelai sangat baik dalam menunjang pertumbuhan mereka.

Sedangkan bagi perempuan yang sudah menopause, kandungan isoflavone pada susu yang kaya akan protein nabati ini dapat mengurangi masalah pada kesehatan mereka. Selain itu pada ibu hamil, kandungan asam folatnya penting untuk meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan janin.

Sekarang, Anda jadi lebih tahu minuman sehat untuk buka puasa yang bisa Anda konsumsi. Sementara ini, hindari dulu minum kopi, minuman bersoda, dan alkohol agar tubuh Anda tetap fit dan segar selama bulan Ramadan. Selamat berpuasa, ya!

Baca juga:

7 Minuman Sehat Saat Sarapan, Bisa Tingkatkan Imunitas Keluarga

Definisi RUU Minuman Beralkohol, Parents Wajib Tahu

Penelitian Ungkap Susu Sapi A2 Lebih Bermanfaat, Apa Bedanya dengan Susu Lainnya?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *