Bacaan Doa Sujud dan Keutamannya yang Bisa Parents Ajarkan kepada Anak

  • Whatsapp
Bacaan Doa Sujud dan Keutamannya yang Bisa Parents Ajarkan kepada Anak


Doa sujud adalah salah satu amalan yang banyak dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Mengapa demikian? Ini karena saat sujud adalah waktu yang paling dekat antara seorang hamba dengan Allah SWT.

Saat sujud terakhir di dalam shalat juga merupakan salah satu waktu mustajab dalam berdoa. Nah, kali ini theAsianparent akan merangkum doa-doa sujud terakhir yang bisa kita amalkan sehari-hari. Yuk, Parents, catat dan mulai ajarkan anak-anak bacaan doa sujud berikut ini!

Artikel Terkait: Doa Setelah Shalat Sesuai Anjuran Rasulullah, Lengkap dengan Artinya

3 Doa Sujud yang Bisa Kita Amalkan

Ada tiga doa dalam sujud terakhir saat shalat yang bisa Parents ajarkan kepada si kecil, antara lain:

Image: Freepik

1. Doa Mohon Diwafatkan dalam Keadaan Husnul Khatimah

Setiap muslim tentu menginginkan agar dipanggil “pulang” oleh Allah SWT dalam keadaan husnul khatimah. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan di saat sujud terakhir dalam shalat untuk membaca doa berikut ini, Parents.

اللهم إني أسألك حسن الخاتمة

Allahumma inni as’aluka husnal khotimah.

Artinya: “Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khotimah.”

2. Doa Memohon Diberikan Kesempatan Taubat Sebelum Wafat

Manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa. Untuk itu, hendaklah kita bertaubat selagi masih ada waktu. Sebab, taubat adalah salah satu cara untuk kembali ke jalan Allah SWT, memohon ampunan atas segala dosa yang pernah dilakukan, dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Berikut ini lafal doa agar diberikan kesempatan untuk bertaubat sebelum wafat:

اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut.

Artinya: “Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat.”

doa sujud

Image: Freepik

3. Doa Meminta Ketetapan Hati di Atas Agama Allah SWT

Salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah istikamah, yaitu mengusahakan diri untuk tetap berada di dalam kebaikan, di jalan yang diridai Allah SWT. Terkadang ada masa-masa di saat kita awalnya merasa semangat atau rajin beribadah, kemudian semangat itu pun menurun dan iman mulai goyah.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk berdoa memohon agar hati senantiasa ditetapkan di atas agama-Nya hingga akhir zaman. Kita bisa membaca doa berikut ini:

اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi‘ala diinika.

Artinya: “Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu.”

Doa Lain Saat Sujud yang Diamalkan oleh Rasulullah SAW

Melansir laman NU Online, ada doa-doa yang dibaca Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika sujud. Doa-doa tersebut diriwayatkan oleh Imam Muslim.

doa sujud

Image: Freepik

Dikatakan oleh Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW membaca doa berikut di dalam sujudnya:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ دِقَّهُ وَجِلَّهُ وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّهُ

Allâhummaghfirlî dzanbî kullah, diqqahû wa jillah, wa awwalahû wa âkhirah, wa ‘alâniyatahû wa sirrah.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah aku dari segala dosa baik kecil maupun besar, awal maupun akhir, dan dosa yang terang-terangan maupun yang tersembunyi.”

Dikatakan oleh Sayyidatina Aisyah RA bahwa Rasulullah SAW memperbanyak bacaan doa berikut ini di dalam sujudnya sebelum beliau wafat:

سُبْحَانَكَ وَبِحَمْدِكَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhānaka wa bi hamdik. Astaghfiruka wa atūbu ilaik.

Artinya: “Mahasuci Engkau (ya Allah). Segala puji bagi-Mu. Aku memohon ampunan kepada-Mu. Aku bertobat kepada-Mu.”

Bacaan Doa Sujud dan Keutamannya yang Bisa Parents Ajarkan kepada Anak

Image: Freepik

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA dari Sayyidatina Aisyah RA bahwa suatu malam ia mendapati Rasulullah SAW tidak di tempat tidur. Kemudian, ia mencarinya dan tangannya jatuh pada kedua telapak kaki Rasulullah SAW yang sedang sujud di masjid sambil membacakan doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allāhumma a‘ūdzu bi ridhāka min sakhathika, wa bi mu‘āfātika min ‘uqūbatika. Wa a‘ūdzu bika minka. Lā uhshī tsnā’an ‘alaika anta kamā atsnaita ‘alā nafsika.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung dengan ridha-Mu dari murka-Mu, dengan maaf-Mu dari siksa-Mu. Aku berlindung kepada-Mu daripada siksa-Mu. Aku tidak sanggup membilang pujian atas diri-Mu sebagaimana Kau membilang pujian atas diri-Mu sendiri.”

Artikel Terkait: 5 Manfaat gerakan shalat bagi kesehatan fisik dan mental, Parents wajib tahu!

Keutamaan Membaca Doa Saat Sujud Terakhir dalam Shalat

Sujud termasuk ke dalam bagian dari rukun shalat. Seperti yang sudah kita ketahui, sujud adalah waktu terdekat antara hamba dengan Rabb-nya.

Ketika sujud, seorang hamba berada pada posisi yang menunjukkan kerendahannya di hadapan Allah SWT. Oleh karena itu, sujud juga disebut sebagai gerakan yang paling mulia dan sangat disukai oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Bacaan Doa Sujud dan Keutamannya yang Bisa Parents Ajarkan kepada Anak

Image: Freepik

Anjuran untuk memperbanyak doa di dalam sujud tercatat di dalam hadis berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Artinya: “Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, ‘Momentum terdekat seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa saat itu’.” (HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i).

Dengan membaca doa saat sujud, itu berarti menunjukkan bahwa kita mengakui kelemahan kita sebagai seorang hamba yang sudah seharusnya menjadikan Allah sebagai satu-satunya tempat berharap, meminta, dan memohon doa.

Artikel Terkait:  Doa Setelah Tarawih yang Perlu Parents Lafalkan, Jangan Sampai Lupa!

Itulah bacaan doa saat sujud yang bisa kita amalkan sehari-hari dan tentunya bisa Parents ajarkan kepada sang buah hati. Yuk, perbanyak doa dan sujud sebagai bentuk rasa syukur dan penghambaan diri kita kepada Sang Pencipta, Allah SWT.

Baca Juga: 

Jangan Keliru, Begini Penjelasan Seputar Doa Sebelum dan Sesudah Adzan

3 Doa Nabi Sulaiman yang Bisa Diamalkan Sehari-hari, Yuk, Hafalkan!

Bacaan Doa Bercermin Berserta Artinya, Bimbing Anak Menghafalkannya, Yuk!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *