Begini 7 Cara Membersihkan Paru-paru dari Lendir Membandel

  • Whatsapp
Begini 7 Cara Membersihkan Paru-paru dari Lendir Membandel


Paru-paru yang kotor bisa merusak sistem pernapasan, di antaranya penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma dan fibrosis kistik. Karena itu, perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan paru paru.

Bacaan Lainnya

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. Dan merokok merupakan penyebab utama kematian 1 dari 5 orang di Amerika Serikat (AS). Namun meski Anda tidak merokok, paru-paru tetap bisa kotor atau rusak. Terutama jika sehari-hari Anda sering terpapar polusi udara melalui asap rokok orang lain, polusi kendaraan atau pabrik, atau lainnya. 

Dijelaskan dr. Gita Permatasari, ada beberapa cara membersihkan paru-paru agar kerja salah satu organ penting dalam tubuh Anda ini tetap bekerja maksimal. Berikut ulasannya! 

7 Cara Membersihkan Paru-paru dari Lendir Membandel

1. Melakukan Terapi Uap

Terapi uap merupakan salah satu metode menghirup uap untuk membantu membuka saluran udara pada saluran pernapasan dan membantu mengeluarkan lendir dari paru-paru. Orang yang memiliki masalah pada paru-paru kemungkinan besar mengalami gejala saat berada di wilayah yang berudara dingin atau sangat kering. Lingkungan dengan iklim seperti ini bisa mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah.

Terapi uap bisa meningkatkan kehangatan dan kelembapan pada udara di saluran pernapasan, sehingga membantu penderita bernapas lebih lega dan melonggarkan lendir di dalam saluran napas dan paru-paru.

Metode ini sifatnya hanya sementara. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 16 pria dengan chronic obstructive pulmonary disease atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) – kondisi paru-paru sulit bernapas- terapi dengan masker uap justru menyebabkan detak jantung menurun.

Artikel terkait: Bayi tidak mau terapi uap saat pilek? Lakukan 2 cara mudah ini

2. Batuk yang Dikontrol

cara membersihkan paru paru

Batuk merupakan cara alami tubuh mengeluarkan racun yang terperangkap di dalam lendir pada paru-paru. Batuk yang dikontrol membantu mengencerkan lendir berlebih di paru-paru dan mengirimkannya melalui saluran udara.

Dokter menganjurkan agar penderita PPOK melakukan latihan ini untuk membantu membersihkan paru-parunya. Berikut ini langkah-langkah membersihkan paru-paru mereka dari lendir berlebih dengan cara batuk terkontrol:

  • Duduklah di kursi dengan posisi bahu releks dan kedua kaki tetap rata di lantai
  • Lipat kedua lengan di atas perut
  • Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung
  • Lalu buang napas perlahan-lahan sambil mencondongkan tubuh ke depan dan lengan mendorong perut
  • Batuklah 2-3 kali sambil menghembuskan napas dengan mulut sedikit terbuka
  • Tarik lagi napas perlahan-lahan melalui hidung
  • Beristirahat, lalu ulangi lagi dari awal (lakukan seperlunya)

3. Cara Membersihkan Paru-paru dengan Metode Postural Drainage

Begini 7 Cara Membersihkan Paru-paru dari Lendir Membandel

Pada posisi berbaring seperti ini, letakkan bantal pada punggung Anda.

Postural drainage merupakan metode mengeluarkan lendir dari paru-paru dengan cara berbaring yang khusus agar sputum atau dahak mengalir ke saluran pernapasan besar sehingga lebih mudah dikeluarkan. Gravitasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru. Praktik ini dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru.

Metode ini membantu meningkatkan pernapasan dan mencegah atau mengobati infeksi paru-paru.

Ada tiga teknik postural drainage, yaitu:

  1. Berbaring dengan punggung. Pertama, berbaringlah di lantai atau tempat tidur. Kedua, letakkan bantal di bawah pinggul agar posisi dada lebih rendah dari pinggul. Ketiga, tarik napas perlahan dari hidung dan buang melalui mulut dengan teknik pernapasan 1:2 (setiap buangan napas harus dua kali lebih lama dari tarikan napas). Lakukan ini selama beberapa menit.
  2. Berbaring di satu sisi. Pertama, baringkan tubuh di satu sisi dan sandarkan kepala dengan bantal atau lengan. Kedua, letakkan bantal di bawah pinggul. Ketiga, lakukan pola pernapasan 1: 2. Lakukan selama beberapa menit sebelum pindah ke sisi yang satunya lagi.
  3. Berbaring pada perut. Pertama, letakkan bantal di lantai atau kasur. Kedua, berbaringlah dengan posisi perut di atas bantal (pastikan pinggul setara dengan dada). Ketiga, lipat lengan dengan posisi menopang kepala. Keempat, lakukan pola pernapasan 1: 2. Lanjutkan cara ini selama beberapa menit.

4. Berolahraga Adalah Salah Satu Cara Membersihkan Paru-paru

Begini 7 Cara Membersihkan Paru-paru dari Lendir Membandel

Melakukan olahraga apapun secara teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta menurunkan risiko berbagai penyakit. Berolahraga juga melatih dan menguatkan otot, meningkatkan laju pernapasan, meningkatkan suplai oksigen ke otak, melancarkan sirkulasi darah, serta membuang karbon dioksida dalam tubuh.

Mungkin bagi orang yang bermasalah dengan paru-parunya sulit bagi mereka berolahraga secara teratur. Tapi aktivitas ini harus tetap dilakukan. Konsultasikanlah dengan dokter Anda untuk mengetahui jenis dan durasi olahraga yang tepat.

Artikel terkait: 6 Olahraga untuk Memperkuat Pernapasan agar Paru-paru Lebih Sehat

5. Minum Teh hijau

cara membersihkan paru paru

Semua jenis teh, termasuk teh hijau, mengandung banyak antioksidan di mana salah satu manfaatnya adalah mengurangi peradangan paru-paru dan melindungi jaringan paru-paru dari dampak negatif polusi.

Sebuah penelitian terbaru di Korea Selatan yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa melaporkan, orang yang mengonsumsi 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, konsumsi teh hijau dari sekarang!

6. Mengonsumsi Makanan Tinggi Anti-inflamasi

Begini 7 Cara Membersihkan Paru-paru dari Lendir Membandel

Peradangan pada saluran udara dapat membuat seseorang sulit bernafas, dada sesak, dan terasa berat. Mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi untuk mengurangi dan meredakan gejala peradangan. Makanan tersebut meliputi kunyit, sayuran hijau, ceri, blueberi, zaitun, kenari, kacang polong, dan kacang-kacangan.

Artikel terkait: 9 Makanan anti-inflamasi, bantu menyembuhkan peradangan dengan cepat

7. Cara Membersihkan Paru-paru dengan Ketukan Dada

Begini 7 Cara Membersihkan Paru-paru dari Lendir Membandel

Cara lain untuk mengeluarkan lendir berlebih pada paru-paru adalah dengan melakukan perkusi (ketukan) dada. Biasanya yang melakukan ini adalah tenaga ahli seperti terapis pernapasan.

Caranya mudah. Terapis akan menangkup salah satu telapak tangannya, kemudian mengetuk dinding dada secara ritmis untuk mengeluarkan lendir yang terperangkap di paru-paru.

Metode ini bisa dilakukan bersamaan dengan postural drainage.

Lendir yang terkumpul di paru-paru terdiri dari endapan polusi. Cairan ini rentan menangkap mikroba dan patogen yang masuk melalui saluran napas Anda, dan berkontribusi pada masalah pernapasan yang lebih serius lagi. Oleh karena itu, untuk membantu mengatasinya, mulailah melakukan cara-cara di atas. Tapi jika belum bermasalah, jaga dan sayangilah paru-paru Anda dari sekarang!

Artikel telah ditinjau oleh:
dr.Gita PermataSari, MD
Dokter Umum dan Konsultan Laktasi

 

Baca juga:

Gangguan pernafasan pada bayi baru lahir, kenali penyebab dan gejalanya

5 Fakta Penyakit Saluran Pernapasan pada Anak yang Wajib Parents Ketahui

Penting! Ini 5 Pertanda Gejala COVID-19 Sudah Merembet ke Paru-paru

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *