Bunda, Inilah 12 Manfaat Saffron untuk Ibu Menyusui dan Hamil

  • Whatsapp
Bunda, Inilah 12 Manfaat Saffron untuk Ibu Menyusui dan Hamil


Ada banyak manfaat saffron untuk ibu menyusui yang perlu Anda ketahui. Rempah yang juga dikenal dengan nama kuma-kuma ini ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai obat herbal. Tidak hanya baik digunakan saat sedang menyusui, saffron juga bisa Anda gunakan sejak masa kehamilan. Berikut manfaatnya.

Bacaan Lainnya

12 Manfaat Saffron untuk Ibu Menyusui dan Hamil

Salah satu rempah yang kini cukup jadi primadona di kalangan para ibu adalah saffron. Rempah ini berasal dari bunga Crocus Sativus dan sering dijadikan campuran dalam masakan.

Meski mahal, saffron banyak dicari karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan terutama bagi ibu hamil. Nah, apa saja manfaatnya? 

1. Membantu Proses Persalinan

Sumber: iStockphoto

Ternyata saffron dapat memengaruhi proses kontraksi pada dinding rahim selama masa kehamilan. Dengan kata lain, otot-otot dinding rahim bisa dibentuk menjadi lebih kuat apabila ibu hamil rajin mengonsumsi saffron. Ini sebabnya saffron dapat dimanfaatkan untuk membantu proses persalinan nantinya.

2. Meningkatkan Imun

manfaat saffron untuk ibu menyusui

Sumber: iStockphoto

Selama masa kehamilan, banyak ibu mengeluh bahwa sistem imunnya menurun. Alhasil tubuh jadi rentan terkena alergi, infeksi, dan sakit. Saffron adalah rempah yang punya sifat anti peradangan.

Kandungan itu sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salep yang terbuat dari saffron juga bisa membantu meredakan gejala alergi, infeksi, batuk, hingga demam dan hidung tersumbat.

3. Mengatasi Masalah Kulit

manfaat saffron untuk ibu menyusui

Sumber: iStockphoto

Sering disebut-sebut pengaruh hormon selama masa kehamilan, beberapa ibu hamil juga mengeluhkan kalau kulitnya bermasalah. Contohnya seperti muncul jerawat yang lebih banyak dari biasanya.

Nah, mengonsumsi saffron secara rutin selama masa kehamilan dipercaya dapat membersihkan kotoran dalam darah. Kulit jadi lebih bersih dan membantu mengatasi masalah lainnya yang disebabkan karena pengaruh hormon.

Artikel terkait: Tak Cuma Beri Aroma Masakan, 8 Rempah Ini Bisa Turunkan Gula Darah

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

manfaat saffron untuk ibu menyusui

Sumber: iStockphoto

Kualitas tidur yang terganggu sering menjadi masalah utama yang dihadapi oleh ibu hamil dan menyusui. Saat hamil, tubuh mengalami sejumlah perubahan yang kadang membuat ibu merasa tidak nyaman.

Selain itu, bagi ibu yang baru saja memiliki anak sering kali juga harus menyesuaikan jam makan anak. Padahal, bayi yang baru lahir sering kali memiliki jam tidur yang berbeda dengan para ibu kebanyakan. Solusinya, Anda bisa menggunakan minyak saffron yang dimasukkan ke dalam difuser untuk membantu ibu tidur lebih nyenyak.

5. Mengatasi Rambut Rontok, Termasuk Manfaat Saffron untuk Ibu Menyusui dan Hamil

manfaat saffron untuk ibu menyusui

Sumber: iStockhoto

Masalah hormon tidak hanya berdampak pada kulit sang ibu. Rambut juga jadi sasarannya. Tidak heran beberapa ibu hamil juga mengeluhkan rambutnya lebih banyak rontok daripada biasanya. Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam saffron akan membantu memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok.

6. Mengatasi Masalah Pernapasan

manfaat saffron untuk ibu menyusui

Sumber: iStockphoto

Lantaran saffron bersifat anti peradangan, rempah yang satu ini juga bisa diandalkan untuk membuka saluran hidung yang tersumbat. Menghirup aroma terapi saffron juga bisa membantu mengatasi peradangan di saluran pernapasan dan paru-paru.

Artikel terkait: Rempah yang Kaya Manfaat, Ini 7 Khasiat Bunga Lawang untuk Kesehatan

7. Mencegah Penyakit Jantung

manfaat saffron untuk ibu menyusui

Sumber: iStockphoto

Selama masa kehamilan dan menyusui, sebagian besar perempuan akan lebih banyak makan daripada biasanya. Ada yang bisa mengatur pola makannya dan menjaga asupan nutrisi.

Akan tetapi, banyak juga yang tidak mengontrol makanan yang dikonsumsi dan mengonsumsi makanan berlemak yang tidak baik bagi jantung. Kandungan kalium dan crocetin pada saffron bisa membantu mengurangi kolesterol dan membantu mencegah penyakit jantung.

8. Mengatasi Rasa Kram

rempah

Sumber: iStockphoto

Kram juga jadi masalah yang sering dialami ibu hamil dan menyusui. Jika sudah kram, untuk bergerak saja sulit apalagi melakukan aktivitas lainnya. Padahal, penting bagi ibu hamil dan menyusui untuk aktif bergerak agar mempermudah saat proses persalinan. Nah, saffron adalah pereda nyeri alami yang bisa meredakan kram.

9. Mengatasi Masalah Pencernaan

rempah

Sumber: iStockphoto

Saffron juga dapat memperlancar sirkulasi dari dalam sistem pencernaan serta meningkatkan metabolisme tubuh. Buat ibu hamil yang sering merasa kembung atau mual, saffron bisa jadi solusi. Masalah-masalah pencernaan seperti kembung, mual, dan diare yang sering dialami selama masa kehamilan juga bisa dikurangi. 

Artikel terkait: 5 Resep Makanan Khas India Kaya Rempah, Patut Parents Coba di Rumah

10. Mengatasi Mual di Pagi Hari

rempah

Sumber: iStockphoto

Rasa mual di pagi hari sudah dapat dipastikan akan dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Tidak hanya menguras tenaga, rasa mual yang diikuti dengan muntah-muntah ini bisa sangat mengganggu aktivitas para ibu.

Aroma khas saffron yang menenangkan bisa Anda manfaatkan. Aromanya bisa meredakan rasa mual dan pusing yang Anda alami.

11. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

rempah

Sumber: iStockphoto

Tekanan darah tinggi biasanya meningkat selama masa kehamilan. Ini tentu bukan kondisi yang baik. Nah, kandungan kalium dan crocetin pada saffron bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Dua senyawa ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi selama masa kehamilan dan menyusui. 

12. Mengatasi Suasana Perubahan Hati

rempah

Sumber: iStockphoto

Terakhir manfaat saffron yang juga tidak kalah penting adalah mengatasi suasana perubahan hati. Perubahan mood yang sering terjadi pada saat hamil bisa diatasi dengan saffron. Kandungan anti depresan yang terdapat dalam saffron bisa memperlancar aliran darah ke otak serta meningkatkan hormon serotonin yang dapat memperbaiki mood.

Nah, Parents, itulah sederet manfaat dari rempah bunga saffron. Sangat banyak bukan manfaat saffron untuk ibu menyusui dan hamil? Yuk, sedia saffron yang cukup banyak di rumah untuk membantu melancarkan masa kehamilan Anda!

Artikel telah ditinjau oleh:
dr. Gita Permatasari
Dokter Umum dan Konsultan Laktasi

Baca juga:

30 Rempah Indonesia yang Selalu Ada dalam Bumbu Masakan Nusantara

Jangan Salah Ambil Rempah! Ini Perbedaan Basil, Oregano, dan Parsley

Ingin tingkatkan kekebalan tubuh? Konsumsi 6 rempah berkhasiat ini!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *