Headline

HPL Sudah Dekat? Ini 8 Cara Alami Memancing Kontraksi yang Bisa Bumil Lakukan

328
×

HPL Sudah Dekat? Ini 8 Cara Alami Memancing Kontraksi yang Bisa Bumil Lakukan

Sebarkan artikel ini
HPL Sudah Dekat? Ini 8 Cara Alami Memancing Kontraksi yang Bisa Bumil Lakukan


Memasuki minggu terakhir kehamilan, Bunda mungkin sudah tidak sabar ingin segera bertemu dengan calon buah hati. Salah satu yang ditunggu-tunggu tentu saja adalah kontraksi kehamilan. Meski dokter telah menetapkan Hari Perkiraan Lahir (HPL), tak ada yang bisa mengetahui secara pasti kapan datangnya kontraksi. Nah, di bawah ini kami telah merangkum berbagai cara memancing kontraksi secara alami. Yuk, mari simak cara-caranya!

8 Cara Memancing Kontraksi secara Alami

Ada banyak cara untuk memancing kontraksi kehamilan secara alami. Nah, di antara banyaknya cara tersebut, kami telah merangkumnya menjadi 8 alternatif yang paling aman untuk dilakukan.

Meski demikian, beberapa cara tetap memerlukan saran dari dokter atau bidan terpercaya, ya. Apa sajakah cara memancing kontraksi? Berikut informasinya. 

1. Jalan Kaki Ringan

Sumber: iStockphoto

Meskipun sedang hamil tua, Bunda tetap bisa, lo, melakukan olahraga. Namun, yang ringan-ringan saja, ya, seperti berjalan kaki di sekitar rumah atau di taman.

Olahraga membantu ibu hamil meredakan stres, melatih jantung dan pernapasan, serta meningkatkan kesiapan fisik sebelum persalinan. Aktivitas ini dapat merangsang kontraksi karena membantu meningkatkan tekanan pada serviks hingga mendorong bayi untuk turun ke panggul.      

2. Memijat Payudara Termasuk Cara Alami Memancing Kontraksi

cara memancing kontraksi

Sumber: iStockphoto

Memijat payudara juga bisa membantu mempercepat terjadinya kontraksi. Hal ini karena kegiatan tersebut membantu meningkatkan produksi hormon oksitosin.

Hormon ini dibutuhkan untuk memicu terjadinya kontraksi kehamilan. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa memijat payudara menggunakan jari-jemari sendiri, dengan bantuan pasangan, atau menggunakan pompa ASI. 

Artikel terkait: 9 Tanda yang Diberikan Tubuh Seminggu Sebelum Melahirkan, Bunda Wajib Tahu!

3. Berhubungan Badan

cara memancing kontraksi

Sumber: iStockphoto

Sama seperti memijat payudara, berhubungan badan terutama hingga mencapai orgasme juga meningkatkan produksi hormon oksitosin yang berfungsi memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

Sperma yang keluar di dalam organ vital perempuan juga mengandung hormon prostaglandin yang berguna untuk mematangkan serviks dan mempercepat proses persalinan. Namun, apabila air ketuban sudah pecah, aktivitas ini tidak disarankan, ya karena dapat memicu infeksi.

4. Mandi Air Hangat

cara memancing kontraksi

Sumber: iStockphoto

Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih rileks. Apabila kamar mandi Bunda dilengkapi dengan bathup, bisa juga berendam sembari menyetel musik yang menenangkan seperti jazz atau musik-musik klasik. Tubuh yang rileks akan membuat ibu hamil terhindar dari stres dan kontraksi pun lebih cepat datang. 

5. Cara Memancing Kontraksi dengan Makan Pisang atau Kurma

cara memancing kontraksi

Sumber: iStockphoto

Pisang dan kurma mengandung zat kalium yang sangat tinggi. Zat ini berperan penting dalam merangsang kontraksi otot khususnya kontraksi pada otot rahim.

Sebagai informasi, mengonsumsi 6 butir kurma setiap hari di bulan terakhir kehamilan diyakini mampu membuat serviks menjadi lunak dan siap untuk menyambut proses persalinan. Jadi, sediakan dua buah ini di rumah, ya!

Artikel terkait: Berbagai penyebab ketuban pecah dini yang harus diwaspadai Bumil!

6. Menghirup Aroma Terapi

HPL Sudah Dekat? Ini 8 Cara Alami Memancing Kontraksi yang Bisa Bumil Lakukan

Sumber: iStockphoto

Hampir sama dengan mandi air hangat, menghirup aroma terapi bertujuan untuk membuat ibu hamil merasa rileks. Menjelang persalinan, ibu hamil biasanya mudah terserang stres karena cemas dan banyak pikiran.

Menghirup wangi-wangian beraroma seperti lavender atau chamomile akan membantu tubuh menjadi lebih tenang. Tujuannya supaya tubuh lebih kondusif saat kontraksi datang. 

7. Olahraga Squat dengan Frekuensi Ringan

HPL Sudah Dekat? Ini 8 Cara Alami Memancing Kontraksi yang Bisa Bumil Lakukan

Sumber: iStockphoto

Melakukan gerakan squat yakni jongkok lalu berdiri secara perlahan dengan posisi punggung tegak juga dapat merangsang kontraksi pada rahim. Dahulu, ibu hamil sering diminta berjongkok di minggu-minggu terakhir kehamilan. Pasalnya, posisi ini dipercaya dapat mempercepat bayi bergerak menuju jalan lahirnya secara alami.

Meski demikian, untuk menjamin keamanan, bila Anda ingin melakukan aktivitas ini, sebaiknya didampingi dengan orang terdekat ya. 

Artikel terkait: 5 Pemicu Kontraksi Palsu di Trimester Akhir Kehamilan, Bunda Mengalaminya?

8. Membenahi Posisi Bayi

HPL Sudah Dekat? Ini 8 Cara Alami Memancing Kontraksi yang Bisa Bumil Lakukan

Sumber: iStockphoto

Di minggu-minggu terakhir kehamilan, Anda perlu mengecek posisi bayi di klinik persalinan terdekat. Sebab, apabila posisi bayi masih belum siap untuk lahir, maka Anda perlu segera membenahinya.

Ada beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk membenahi posisi bayi, di antaranya adalah dengan duduk di kursi kursi goyang khusus atau latihan menggunakan bola khusus.

Nah, Bunda, itu tadi 8 cara memancing kontraksi secara alami. Ingat, ya, beberapa cara di atas perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan kesayangan Anda. Yang perlu diingat juga, jangan sampai stres menjelang persalinan, ya. Semoga kontraksi segera tiba dan persalinan Bunda lancar!

Artikel telah ditinjau oleh:
dr. Gita Permatasari
Dokter Umum dan Konsultan Laktasi

Baca juga:

Bagaimana Membedakan Kontraksi Palsu dengan Kontraksi Asli Persalinan?

Benarkah makanan pedas bisa picu kontraksi? Ternyata ini jawabannya

Tak hanya kontraksi, ini 9 tanda yang kerap terjadi sebelum melahirkan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Cegah Kulit Kering Akibat Cuci Tangan
Headline

Pandemi COVID-19 memang menjadi malapetaka bagi seluruh aspek, salah satunya kulit. Ini mungkin juga menyebabkan banyak kerusakan pada tangan Anda, sebagai akibat dari seringnya mencuci tangan yang diperlukan untuk menjaga…