Headline

Ini 10 Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

257
×

Ini 10 Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Sebarkan artikel ini
Ini 10 Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan Kulit dan Rambut


Penggunaan saffron sebagai obat tradisional memang telah dikenal sejak dulu. Saffron disebut-sebut sebagai salah satu rempah-rempah paling mahal di dunia. Namun selain bermanfaat untuk kesehatan, saffron juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Saffron berasal dari tanaman Saffron crocus (Crocus sativus) yaitu puncak bunganya yang dikeringkan. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Yunani, namun saat ini sudah dikembangbiakkan di berbagai negara seperti Iran, Spanyol dan Cina.

Saffron umumnya digunakan sebagai pewarna makanan karena warnanya yang cantik dan juga bumbu masakan. Selain itu, saffron juga dapat dijadikan obat sakit punggung, luka, dan juga abses. Lalu apa saja manfaat saffron untuk kecantikan?

Artikel Terkait: Cegah Depresi Hingga Atasi Diabetes, Ini 7 Manfaat Bunga Saffron

10 Manfaat Saffron untuk Kecantikan

1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultraviolet

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saffron dapat bekerja sebagai agen penyerap sinar ultraviolet alami karena mengandung senyawa flavonoid seperti kaempherol dan quercetin. Namun jika digunakan dalam dosis yang terlalu banyak, saffron dapat meninggalkan noda berwarna kuning di kulit.

2. Mencerahkan Kulit

10 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

Saffron mengandung antioksidan tinggi termasuk vitamin C. Karena kandungannya ini saffron dapat membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu perubahan produksi melanin pada kulit yang menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata.

Antioksidan bekerja untuk membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal dan vitamin C dapat menghambat produksi enzim tirosinasi yang merangsang produksi melanin.

3. Mencegah Tanda Penuaan Dini

10 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

Tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, kerutan, dan kulit kendur bisa terjadi akibat radikal bebas yang menyebabkan stress oksidatif. Kondisi ini memecah kolagen dalam kulit dan menghambat proses perbaikan alami kulit.

Kandungan antioksidan dalam saffron membersihkan radikal bebas dalam kulit sehingga dapat memperbaiki tanda-tanda penuaan dini yang terlihat pada kulit.

Artikel Terkait: Konsumsi Saffron saat Hamil Bikin Bayi Putih, Mitos atau Fakta?

4. Membantu Kulit Pulih dari Stres

10 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

Saffron kaya akan mineral dan mengandung dua jenis karotenoid yakni crocin dan crocetin. Karotenoid diyakini efektif dalam perbaikan kerusakan dan memastikan kesehatan sel secara keseluruhan sehingga membantu kulit pulih dari stress akibat faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari, debu, dan polusi.

5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

manfaat saffron untuk kecantikan

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, saffron bekerja meningkatkan pertumbuhan sel kulit yang diperlukan untuk menutup luka. Sedangkan pada tahun 2017 ditemukan bahwa saffron dapat merangsang penyembuhan luka dengan menggandakan sel.

Saffron dipercaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan perputaran atau regenerasi dan produksi sel sehingga bekerja untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

6. Mengurangi Hiperpigmentasi

manfaat saffron untuk kecantikan

Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana satu area kulit cenderung lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya. Contohnya adalah noda bekas jerawat. Hal ini disebabkan oleh pigmen berlebih atau melanin yang diproduksi oleh kulit secara alami.

Hiperpigmentasi terjadi karena paparan sinar matahari, perubahan hormonal, maupun jaringan parut. Sebuah penelitian di tahun 2013 menemukan bahwa senyawa aktif dalam saffron dapat menurunkan produksi melanin.

7. Mengatasi Peradangan

10 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

Peradangan pada kulit seperti kemerahan, ruam, bengkak, dan lain sebagainya bisa disebabkan oleh stress oksidatif. Menurut sebuah studi, crocin yang terkandung dalam saffron dapat menekan protein inflamasi.

Selain itu pada tahun 2018 ditemukan bahwa crocin dapat membantu mengobati dermatitis atopik pada tikus. Sedangkan untuk kulit manusia, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

8. Membantu Mencegah Kerontokan Rambut

10 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

Karena kaya antioksidan, saffron dapat mendorong pertumbuhan sel baru. Kondisi ini akan merangsang folikel rambut untuk tumbuh dan memperbaikinya dari akar.

Para ahli percaya bahwa saffron dapat bekerja dengan baik mengatasi kebotakan, dengan cara dikonsumsi bersama dengan susu secara teratur dan dibarengi dengan aplikasi topikal untuk memperkuat rambut.

Artikel Terkait: 7 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah, Usir Jerawat Hingga Cerahkan Kulit

9. Menutrisi Rambut

manfaat saffron untuk kecantikan

Manfaat lain dari saffron adalah menutrisi rambut karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Caranya campurkan satu sendok te saffron yang sudah dihancurkan ke dalam minyak almond atau minyak zaitun. Panaskan campuran tersebut selama 5 menit dengan api kecil, kemudian tunggu dingin dan simpan di dalam botol. Kocok botol dan oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan batang rambut secara teratur.

10. Mengatasi Jerawat

10 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

Saffron dapat mengatasi jerawat dan permasalahan lainnya seperti bekas luka yang ditimbulkan dan noda yang ditinggalkan. Manfaat antibakterial dan anti inflamasi yang terdapat dalam kandungan saffron dapat mengatasi infeksi mikroba dan peradangan yang menyebabkan jerawat. Buatlah pasta dari saffron dengan cara ditumbuk kemudian oleskan di bagian kulit yang menderita jerawat.

***
Selain baik untuk kesehatan jika dikonsumsi, manfaat saffron untuk kecantikan juga tak kalah banyaknya. Apakah Parents sudah pernah mencoba menggunakan rempah-rempah berwarna merah ini?

Baca Juga:

Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan Anda

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan, Cek Di Sini!

Rendah Sodium, Ini 12 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Cegah Kulit Kering Akibat Cuci Tangan
Headline

Pandemi COVID-19 memang menjadi malapetaka bagi seluruh aspek, salah satunya kulit. Ini mungkin juga menyebabkan banyak kerusakan pada tangan Anda, sebagai akibat dari seringnya mencuci tangan yang diperlukan untuk menjaga…