Ketahui 10 Manfaat Royal Jelly untuk Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

  • Whatsapp
Ketahui 10 Manfaat Royal Jelly untuk Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan


Sejak lama, madu telah dikenal sebagai makanan yang kaya manfaat kesehatan tak terkecuali royal jelly. Banyak digunakan dalam pengobatan herbal, ada beragam manfaat royal jelly yang tak boleh dilewatkan.

Bacaan Lainnya

Royal Jelly adalah cairan berwarna putih susu yang dihasilkan dari lebah pekerja muda untuk ratu  dan larva lebah. Royal Jelly mengandung zat kompleks seperti protein, vitamin, asam amino, lipid, dan asam lemak baik yang unik karena hanya terdapat pada Royal Jelly.

Bahkan, dalam koloni lebah royal jelly ibarat superfood untuk ratu lebah. Royal jelly inilah makanan khusus yang membantu ratu lebah tumbuh lebih kuat, memiliki badan hingga 2X lebih besar dan umur 40 kali lipat lebih panjang dibandingkan lebah pekerja biasa.

10 Manfaat Royal Jelly untuk Kesehatan

Mengutip Healthline, berikut manfaat yang wajib Anda ketahui:

1. Kaya Vitamin

Royal jelly terdiri dari air, karbohidrat, protein dan lemak. Komposisi kimiawi lengkap royal jelly tidak diketahui, tetapi efek positifnya pada kesehatan diperkirakan berasal dari protein dan asam lemaknya yang unik.

Royal jelly mengandung sembilan glikoprotein yang secara kolektif dikenal sebagai protein royal jelly utama (MRJPs) dan dua asam lemak, asam trans-10-Hydroxy-2-decenoic dan asam 10-Hydroxydecanoic. Royal jelly juga mengandung beberapa vitamin B dan turunan mineral yang baik bagi tubuh.

2. Kaya Antioksidan

Kandungan asam amino spesifik, asam lemak, dan senyawa fenolik yang ditemukan dalam royal jelly membuatnya memiliki efek antioksidan yang kuat. Royal jelly secara luas diklaim dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Sifat antioksidannya juga berpotensi mencegah proses penuaan.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat Royal Jelly untuk Kesehatan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, royal jelly mengandung berbagai zat gizi esensial. Bahkan, ada zat unik yang hanya ada di dalam royal jelly itu sendiri. Zat ini membuat Royal Jelly dapat menjadi pelengkap untuk Anda menangkal bakteri dan virus.

Hal ini membuat royal jelly ampuh membantu meregenerasi sel, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otot, memperkuat tulang dan meningkatkan proses enzim yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Artikel terkait: 11 Khasiat Madu untuk Kesehatan, Pas Buat Bunda yang Sedang Diet

4. Menurunkan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa royal jelly berdampak positif pada kondisi kolesterol. Kolesterol sebenarnya ada dalam tubuh dan bermanfaat, namun kadar kolesterol jahat yang berlebihan dampaknya tidak baik.

Itulah sebabnya seseorang harus pandai menakar agar kolesterol dalam tubuh tetap stabil. Dalam hal ini, royal jelly diklaim efektif menurunkan kadar kolesterol jahat yang tak baik untuk tubuh.

5. Aktivitas Seks Semakin Prima

Manfaat Royal Jelly untuk Kesehatan

Pasangan mendadak loyo di ranjang, saatnya Anda memberikannya sesendok makan royal jelly setiap harinya!

Ya, penelitian dan jurnal ilmiah mengungkap bahwa mengonsumsi royal jelly secara teratur dapat meningkatkan kualitas sperma dan kadar hormon testosterone pada pria. Hal ini dikarenakan Royal Jelly memiliki kandungan sembilan glikoprotein (protein unik Royal Jelly) dan asam lemak baik yang membantu aktivitas sistem hormon reproduksi. 

6. Menangkal PMS yang Menyiksa dan Menopause

Dari hasil penelitian, Royal Jelly memiliki manfaat yang bagus untuk sistem reproduksi perempuan berkat kandungan enzim protein, peptides dan asam lemak baik. Tak hanya untuk pria saja, royal jelly dapat meningkatkan kualitas hormon estrogen sehingga membantu meminimalisir gejala pms dan menopause pada perempuan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2014, para peneliti memberi 110 peserta kapsul royal jelly sekali setiap hari selama dua siklus menstruasi. Hasilnya, peserta yang mengonsumsi kapsul royal jelly mengalami gejala sindrom pramenstruasi yang tidak terlalu parah selama kurun waktu 2 bulan.

Menopause merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan penurunan hormon berhubungan dengan efek samping fisik dan mental seperti nyeri, gangguan memori, depresi dan kecemasan.

Studi lain yang dilakukan pada 42 wanita pascamenopause menemukan bahwa mengonsumsi 800 mg royal jelly selama 12 minggu efektif membuat sakit punggung dan kecemasan mereka berkurang.

Artikel terkait: 7 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah, Usir Jerawat Hingga Cerahkan Kulit

7. Meningkatkan Kinerja Otak

10 Manfaat Royal Jelly untuk Kesehatan, Sayang Jika Dilewatkan

Berkat kandungan asam lemak baik yang membangun membran sel, melindungi saraf, menunjang kinerja vitamin dan mineral yang diserap oleh tubuh, Royal Jelly dapat melindungi jaringan otak dari bahaya radikal bebas dan membantu pengobatan Alzheimer. 

Selain itu, manfaat royal jelly yang tak bisa dipandang remeh adalah fungsinya dalam mendongkrak fungsi otak. Dalam sebuah penelitian terhadap hewan, terlihat bahwa tikus yang diinduksi stres dan diobati dengan royal jelly memiliki tingkat hormon stres yang lebih rendah dan sistem saraf pusat yang lebih kuat daripada kelompok tikus lainnya.

8. Menyembuhkan Luka

Royal jelly juga dapat mendukung penyembuhan luka dan kondisi peradangan kulit lainnya. Ini berkat efek antibakteri yang dapat menjaga luka tetap bersih dan bebas dari infeksi.

Hasil studi laboratorium yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition Research and Practice menunjukkan bahwa royal jelly dapat meningkatkan pergerakan fibroblas ke luka secara signifikan. Fibroblas adalah sejenis sel yang mengkoordinasikan proses penyembuhan luka.

9. Mengontrol Gula Darah

Tak kalah penting, royal jelly adalah produk yang aman bagi Anda yang menderita diabetes tipe 2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi royal jelly dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa darah. Kadar glukosa yang lebih rendah dalam darah bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Royal jelly juga dapat meningkatkan kontrol gula darah dan sensitivitas insulin dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

Sebuah penelitian kecil selama enam bulan pada manusia menunjukkan penurunan 20% dalam gula darah orang sehat yang puasa dan diberi suplemen royal jelly setiap hari. Namun, penelitian tentang manfaat royal jelly ini masih terbatas.

10. Meningkatkan Sekresi Air Mata dan Mengobati Mata Kering Kronis

Kabar gembira bagi Anda yang setiap hari harus bekerja di depan layar laptop setiap hari, karena kesehatan untuk mata dapat terasa dengan rutin mengonsumsi royal jelly.

Hal ini dibuktikan dengan suatu penelitian kecil pada manusia dan terlihat bahwa royal jelly membantu perbaikan dalam mengobati mata kering kronis. Royal Jelly tersebut juga efektif meningkatkan sekresi air mata dari kelenjar lakrimal di dalam mata.

10 Manfaat Royal Jelly untuk Kesehatan, Sayang Jika Dilewatkan

Bagi Anda yang ingin merasakan ragam manfaat positif royal jelly dapat mencoba Uray Royal Jelly. Uray Royal Jelly adalah produk turunan lebah dengan kualitas premium yang dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul, Berisikan 30 kapsul per botolnya, setiap kapsul mengandung 250 mg ekstrak royal jelly murni yang setara dengan +- 900 mg Royal Jelly segar.

Kandungannya pun memiliki komponen aktif asam lemak 10-hydroxy-2- decenoic acid (10-HDA) yang baik untuk menjaga Kesehatan tubuh. Uray Royal Jelly turut diproses  dengan metode ekstraksi dingin untuk memastikan kandungan baik pada Royal Jelly tetap terjaga. Untuk hasil terbaik, konsumsilah 1-3 kapsul per hari saat perut kosong.

Baca juga:

10 Manfaat Konsumsi Madu Hutan untuk Kesehatan Keluarga, Apa Saja?

Ibu hamil konsumsi madu, boleh nggak, sih? Ini penjelasan dokter kandungan

10 Alasan mengapa Anda harus minum madu dan susu selama Ramadhan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

banner 300x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *