Minuman dan Makanan yang Merusak Kesehatan Mental

  • Whatsapp
Minuman dan Makanan yang Merusak Kesehatan Mental
banner 468x60


Tidak diragukan lagi bahwa pandemi telah berdampak serius pada kesehatan mental banyak orang. Dari perasaan cemas seputar tertular COVID-19 hingga menghadapi tantangan isolasi sosial, khususnya tahun awal menyebarnya virus yang disebut corona inni memang sangat berat. 

Bacaan Lainnya
banner 300250

Photo by Jakub Kapusnak on Unsplash

Namun, ada kemungkinan bahwa makanan yang Anda makan dapat memperburuk kesehatan mental Anda. Mengutip laman Eat This, melalui studi penelitian dan Sydney Greene, MS, RD beberapa makan dan minuman berikut ini ternyata dapat menyebabkan kerusakan kesehatan mental Anda.

Kafein
Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein melalui kopi, cokelat, soda, atau bentuk makanan dan minuman berkafein lainnya, kesehatan mental Anda bisa mulai terganggu.

“Kelebihan kafein dalam makanan (kira-kira 400 miligram atau sekitar 4 cangkir kopi ) dapat memperburuk kecemasan karena terlalu merangsang area di otak yang merasakan ancaman,” kata Greene. Selain itu, kafein dapat mematikan area otak yang dapat membantu mengatur kecemasan.

Alkohol
Yang ini mungkin tidak terlalu mengejutkan, tetapi jika kesehatan mental Anda terganggu, alkohol bisa memperburuknya. “Upaya tubuh untuk memetabolisme alkohol sepanjang malam mempengaruhi kemampuan Anda untuk memasuki keadaan REM, yang mengarah ke tidur malam yang lebih buruk secara keseluruhan,” kata Greene. 

“Studi menunjukkan, bahkan pengurangan 1 jam tidur dapat meningkatkan konsumsi kalori dalam sehari sekitar 500 kalori dan mempengaruhi iritabilitas dan gangguan mood.”

Jangan meremehkan kekuatan tidur dalam hal kesehatan mental, dan cara alkohol mengganggu pola tidur REM, terutama saat minum di malam hari, dapat menjadikannya biang keladi yang pada akhirnya memperburuk kesehatan mental Anda.

Pemanis Buatan
Menjauhi makanan olahan dengan pemanis buatan bisa menjadi kunci untuk meningkatkan mood Anda. “Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memeriksa bagaimana pemanis buatan memengaruhi kesehatan usus Anda, tetapi studi pendahuluan menunjukkan bahwa pemanis buatan meningkatkan bakteri berbahaya di usus, yang dapat menyebabkan suasana hati dan kecemasan yang rendah,” kata Greene.

Dengan pandemi, ada begitu banyak alasan lain yang bisa membuat kesehatan mental Anda terganggu, alasan terakhir Anda ingin merasa sedih adalah karena sup kalengan yang Anda makan atau pemanis buatan yang Anda tambahkan ke teh Anda.

Gorengan
Efek negatif dari makan gorengan dalam hal kesehatan tubuh dan pikiran Anda secara keseluruhan sama sekali jauh dari potensi positifnya. Dari dampak pada kesehatan jantung hingga penambahan berat badan, gorengan benar-benar salah satu yang terburuk untuk dimasukkan ke dalam tubuh Anda, belum lagi dampaknya pada kesehatan mental.

Menurut sebuah studi tahun 2016, frekuensi konsumsi makanan cepat saji berkorelasi dengan ketahanan yang lebih rendah terhadap depresi. Ini berarti bahwa dengan sering mengonsumsi makanan yang digoreng, Anda menempatkan diri Anda pada risiko lebih tinggi terkena depresi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *