Pahalanya Sama Besar, Ini Makna dan Manfaat Halal Bihalal Secara Virtual 

  • Whatsapp
Pahalanya Sama Besar, Ini Makna dan Manfaat Halal Bihalal Secara Virtual 


Siapa di antara Parents yang belum silaturahmi idulfitri dengan keluarga atau kerabat dekat? Jangan khawatir, masa lebaran belum berakhir, kok. Tidak ada salahnya Anda melakukan halal bihalal virtual.

Bacaan Lainnya

Lebaran tahun ini, kita memang masih bergelut dengan pandemi sehingga tak bisa bertemu langsung dengan keluarga tercinta. Terlebih, larangan mudik juga kerap diperketat demi mencegah penularan Virus Corona.

Sebagai solusi, silaturahmi secara online atau virtual bisa menjadi pilihan. Selain pahala dan berkahnya sama saja dengan bertemu langsung, halal bihalal virtual ini juga memiliki banyak manfaat. 

Artikel terkait: 5 Tren Baju Lebaran 2021, Bikin Kaum Hawa Terlihat Elegan

Makna dan Manfaat Halal Bihalal Secara Virtual

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, halal bihalal merupakan sebuah acara saling memaafkan. Tradisi ini hanya ada di Indonesia, tetapi istilah yang digunakan berasal dari bahasa Arab. 

Dalam bahasa aslinya, kegiatan ini berasal dari kata halla dan halala yang memiliki banyak arti sesuai dengan konteks penggunaannya. Bisa diartikan sebagai penyelesaian masalah, meluruskan benang kusut, hingga melepaskan belenggu.

Nah, dari kedua arti tersebut, makna halal bihalal sendiri bisa berarti sebuah acara yang diselenggarakan dengan tujuan saling memaafkan, menyambung kembali silaturahmi yang pernah putus, hingga memperbaiki hubungan di antara manusia.

Normalnya, halal bihalal dilakukan secara tatap muka, berkumpul langsung bersama keluarga atau kerabat di suatu tempat saat masa lebaran. Namun, mengingat kini masih pandemi, halal bihalal virtual pun mulai dilakukan sejak 2020 lalu. Hingga kini, sudah banyak masyarakat atau bahkan instansi yang menyelenggarakan acara halal bihalal online untuk menjaga silaturahmi.

Hukum dan Manfaat Halal Bihalal Virtual

halal bihalal virtual

Sama seperti halal bihalal pada umumnya, kegiatan ini juga merupakan hal yang sah dilakukan dan memiliki manfaat positif. Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), halal bihalal pun bisa dilakukan secara online di tengah kondisi pandemi ini. Adapun pahala dan berkahnya tak kalah besar dengan silaturahmi secara langsung. 

Mengutip laman NU Online, meski sedang pandemi dan tidak bisa bertemu dengan kerabat saat idulfitri, silaturahmi tetap harus dijalin. Apabila sulit bertemu langsung karena jarak atau demi mencegah penularan virus, halal bihalal secara online bisa menjadi alternatif.

Ada banyak kebaikan dan manfaat dalam halal bihalal sehingga perlu dipertahankan, seperti:

  • Momen tepat untuk saling memaafkan 
  • Menghapus penyakit hati seperti dendam, rasa iri, serta dengki 
  • Membangun rasa saling peduli 
  • Menyambung kembali silaturahmi yang pernah terputus
  • Melepas rindu dengan keluarga dan kerabat tercinta, terutama dengan mereka yang sudah lama tidak berjumpa

Artikel terkait: 9 Amalan Sunah Idul Fitri Beserta Dalilnya, Jangan Sampai Dilewatkan

Cara Melakukan Halal Bihalal Virtual yang Berkesan

Nah, bagi Parents yang masih ingin menjalin silaturahmi dengan keluarga dan kerabat, tidak ada kata terlambat. Supaya halal bihalal yang dilakukan tetap berkesan dan seru meski dilakukan secara online, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Pilih Aplikasi yang Mudah Digunakan

Pahalanya Sama Besar, Ini Makna dan Manfaat Halal Bihalal Secara Virtual 

Halal bihalal virtual idealnya dilakukan dengan cara video call. Ada berbagai macam aplikasi yang menyediakan layanan ini. Beberapa aplikasi yang biasanya digunakan untuk menyelenggarakan acara besar ini biasanya adalah zoom, google meet, atau skype.

Di antara berbagai pilihan yang ada, pilihlah aplikasi video call yang sekiranya mudah dan dapat dioperasikan oleh seluruh anggota keluarga yang akan ikut serta. 

2. Nyalakan Kamera dan Berikan Kesempatan Bicara pada Setiap Anggota Keluarga

halal bihalal virtual

Biar lebih bermakna, nyalakan kamera Anda ketika halal bihalal virtual berlangsung. Serta, berikan kesempatan pada setiap anggota keluarga untuk berbicara atau pun sekadar saling menyapa. Hal ini dilakukan agar acara lebih tertata dan setiap orang punya kesempatan untuk bertegur-sapa. 

3. Adakan Ceramah Singkat

Agar acara halal bihalal terasa sama seperti bertemu langsung, tidak ada salahnya juga mengadakan sesi ceramah singkat untuk saling berbagi pengetahuan. 

4. Makan Bersama 

Pahalanya Sama Besar, Ini Makna dan Manfaat Halal Bihalal Secara Virtual 

Acara makan bersama juga selalu ada dalam halal bihalal. Meski secara virtual, Anda juga bisa kok melakukan aktivitas ini. Makanlah di rumah masing-masing sambil melakukan video call bareng keluarga. Anda juga bisa saling berbagi informasi tentang menu makanan lebaran. Atau, bisa juga saling berbagi resep makanan untuk kemudian dicoba bikin di rumah masing-masing.

5. Buat Acara Seru Lainnya

halal bihalal virtual

Buat juga acara seru lain agar halal bihalal semakin berkesan. Misalnya, mengadakan kuis pengetahuan umum berhadiah. Anda bisa menggunakan aplikasi Kahoot atau sejenisnya untuk mengadakan acara kuis seru ini bersama keluarga dan kerabat dekat.

Artikel terkait: Open House Lebaran di Tengah Pandemi? 7 Hal ini Perlu Diperhatikan Agar Berjalan Lancar

Nah, itulah beberapa makna dan manfaat halal bihalal secara virtual. Mumpung masih suasana lebaran, tak ada salahnya mencoba menggelar acara ini untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga dan kerabat dekat. 

Semoga bermanfaat!

***

Baca juga

Mari Tunaikan Zakat, Ini 7 Hikmah yang Akan Didapat Pemberi dan Penerimanya

Tradisi Sungkeman Saat Idul Fitri, Ini Sejarah dan Makna di Baliknya

Sambut Lebaran, Ini 7 Tradisi Malam Takbiran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *