Sejarah Ramalan Zodiak dan Seberapa Akurat Prediksinya dalam Kehidupan?

  • Whatsapp
Sejarah Ramalan Zodiak dan Seberapa Akurat Prediksinya dalam Kehidupan?


Ramalan zodiak memang menarik untuk diikuti. Prediksi peruntungan seperti nasib, karir, keuangan, dan jodoh konon dapat diketahui berdasarkan zodiak yang kita miliki. Bagaimana asal muasal ramalan zodiak ini dan seberapa akurat menurut kacamata ilmiah?

Bacaan Lainnya

Meski kita hidup di era teknologi yang serba canggih, zodiak selalu memiliki tempat di hati sejak zaman dahulu. Membaca informasi mengenai karakteristik kita sesuai dengan tanggal dan bulan lahir, serta mengetahui ramalan mengenai hal apa yang akan terjadi di masa depan adalah hal yang menarik.

Tahukah Parents bahwa sebenarnya ramalan zodiak sudah ada dari zaman dahulu kala?

Artikel Terkait: 5 Ramalan Zodiak Anak yang Dianggap Cerdas, Parents Penasaran?

Sejarah Ramalan Zodiak, Sudah Ada Sejak Sebelum Masehi

Sejak zaman dahulu, manusia memelajari pola kehidupan dan alam melalui rasi bintang yang ada di langit. Mengamati siklus bintang ini dilakukan untuk menentukan waktu yang tepat untuk kegiatan tertentu, misalnya bercocok tanam, berburu, hingga bermigrasi. Banyak pula yang menggunakan bintang-bintang sebagai penunjuk arah atau kompas alam.

Zodiak sendiri sudah ada dari sejak zaman Mesir Kuno, yakni pada abad ke-4 sebelum Masehi. Kemudian konsep zodiak ini dikembangkan oleh bangsa Yunani yang merujuk kepada 6 rasi bintang dan kemudian dipecah menjadi 12.

Istilah Zodiak ini digunakan untuk menyebut rasi-rasi bintang di luar angkasa yang dilewati oleh sebuah lingkaran imaginer di langit yang berpusat pada lingkaran ekliptika. Asal kata zodiak berasal dari bahasa Yunani yakni Zoodiacos Cyclos yang memiliki makna ‘Lingkaran Hewan’. 

Gerakan rasi bintang ini menjadi simbol dari gerakan benda-benda di alam semesta. Sebagian besar ahli astrologi percaya bahwa posisi benda langit ini dapat berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

Dalam perkembangannya, para astrolog memelajari gerakan repetitif dari benda langit seperti planet, bulan, dan juga matahari. Setelah menggabungkan sistem penyimbolan setiap rasi bintang dengan unsur astrologi, lahirlah konsep zodiak, di mana hari dan bulan kelahiran seseorang diwakili oleh zodiak tertentu berdasarkan pada kedudukan matahari. 

Zodiak ini sendiri akan memberikan gambaran mengenai sifat, karakteristik, serta kekuatan dan kelemahan secara personal. Berikut adalah 12 zodiak berdasarkan tanggal dan bulan kelahirannya.

ramalan zodiak

Artikel Terkait: 12 Tipe Ibu Berdasarkan Zodiak, Bunda Termasuk yang Mana?

  • Aries (12 Maret – 19 April)
  • Taurus (20 April – 20 Mei)
  • Gemini (21 Mei – 20 Juni)
  • Cancer (21 Juni – 22 Juli)
  • Leo (23 Juli – 22 Agustus)
  • Virgo (23 Agustus – 22 September)
  • Libra (23 September – 22 Oktober)
  • Scorpio (23 Oktober – 21 November)
  • Sagittarius (22 November – 21 Desember)
  • Capricorn (22 Desember – 19 Januari)
  • Aquarius (20 Januari – 18 Februari)
  • Pisces (19 Februari – 20 Maret)

Seberapa Akurat dalam Kehidupan Manusia?

ramalan zodiak

Pernahkah Parents membaca sebuah ramalan zodiak kemudian menemukan kenyataan ternyata sama dengan ramalan tersebut? Atau malah ramalan zodiak itu sama sekali tidak terjadi atau meleset?

Menurut ilmu fisika dan astronomi, horoskop atau zodiak berkaitan dengan benda-benda langit. Padahal berdasarkan ilmu fisika, semakin jauh sebuah objek, dalam hal ini benda langit, dari kita, maka semakin kecil pula kekuatannya terhadap kita.

Oleh karena itu bisa ditarik kesimpulan, gravitasi benda-benda langit akan sangat sulit untuk memengaruhi kita secara langsung sebagai individu karena jaraknya yang sangat jauh. 

Artikel Terkait: Parents, Yuk Kenali Karakter Anak Berdasarkan Zodiak yang Dia Miliki!

Ramalan Zodiak dan Sejarahnya, Seberapa Akurat dalam Kehidupan Kita?

Mengutip dari Zenius, menurut teori psikologi ada sebuah istilah yakni validasi subjektif yaitu dua peristiwa yang tidak terkait atau acak dianggap berhubungan karena keyakinan atau ekspekstasi adanya hubungan antara dua peristiwa tersebut.

Sebuah ramalan zodiak bisa menjadi akurat jika kita menghubung-hubungkan persepsi kita tentang kepribadian diri dengan isi ramalan zodiak yang telah dibaca sebelumnya.

Pada validasi subjektif, orang akan fokus kepada hal yang mereka anggap benar dari sejumlah analisis umum. Maka dari itu, ketika ada ramalan atau prediksi yang meleset kita cenderung untuk mengabaikannya, sementara jika ada ramalan yang kebetulan benar, kita langsung mempercayainya

Lalu apakah ramalan zodiak sebenarnya akurat atau bisa dipercaya? Secara ilmiah, jawabannya adalah tidak. Namun, tak ada salahnya untuk menjadikan ramalan zodiak sebagai inspirasi atau motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Apakah Parents termasuk orang yang percaya akan ramalan zodiak?

Baca Juga:

Pengaruh Zodiak Ibu Dalam Pengasuhan Anak

12 Tips Mendidik Anak Menurut Ramalan Zodiak Terbaru

Kepribadian anak berdasarkan zodiak dan jam lahir, apakah cocok dengan karakternya?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *