Sinergi Kemdikbudristek- LPDP Siapkan 10.000 Beasiswa Pendidikan Vokasi

  • Whatsapp
Sinergi Kemdikbudristek- LPDP Siapkan 10.000 Beasiswa Pendidikan Vokasi


SuaraPemerintah.idKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyiapkan sekitar 10.000 beasiswa gelar dan non-gelar untuk pendidikan vokasi.

Bacaan Lainnya

Program tersebut ditujukan untuk guru, dosen, siswa, dan mahasiswa.

“Kami belum bisa menyebut spesifik (kuota beasiswa), tetapi ini kurang lebih 10.000 di seluruh program,” kata Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemdikbudristek, Ahmad Saufi, dalam diskusi media di Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Saufi mengatakan beasiswa pendidikan vokasi diharapkan menjadi pengungkit untuk sumber daya manusia (SDM) vokasi bisa meningkatkan keunggulan. Kemajuan teknologi dan industrialisasi menjadi tantangan bagi pendidikan pada umumnya termasuk vokasi.

“Bagaimana menciptakan insan vokasi yang sesuai kebutuhan DUDI dan akses yang selama ini belum terlihat, melalui program beasiswa vokasi dapat menjawab janji presiden untuk meningkatkan SDM vokasi agar lebih unggul,” ujar Saufi.

Saufi menjelaskan beasiswa pendidikan vokasi tahun 2021 ini terdiri atas program gelar dan non-gelar.

Untuk program gelar, beasiswa yang disediakan yaitu Beasiswa S-1/D-4 Calon Guru SMK. Skema pembiayaan ini bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas guru SMK yang memiliki kualifikasi, khususnya pada mata pelajaran produktif.

“Melalui program ini diharapkan terjadi percepatan dalam pemenuhan guru SMK yang relevan dengan dinamika industri masa depan,” kata Saufi.

Dia menambahkan beasiswa pendidikan bergelar bagi dosen dan calon dosen Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) terbagi atas beasiswa studi lanjut jenjang S-2, jenjang S-3, serta joint/dual degree S-3 bagi dosen PTPPV.

Skema beasiswa ini merupakan terobosan pada pendidikan vokasi karena selama ini belum pernah ada beasiswa khusus yang ditujukan untuk dosen vokasi.

“Beasiswa ini diharapkan mampu menjadi jawaban mengatasi masalah regenerasi dosen PTPPV dengan kualifikasi mumpuni, memiliki daya saing internasional, serta relevan dengan kebutuhan pembangunan industri,” lanjut Saufi.

Informasi beserta pendaftaran program beasiswa pendidikan vokasi untuk program beasiswa calon guru SMK, beasiswa S-2/S-3 dosen/calon dosen, bridging courseproject based learning bagi siswa dan guru SMK, dan riset keilmuan terapan, dapat diakses calon peserta melalui laman https://beasiswa.vokasi.kemdikbud.go.id/.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *