Terlihat Segar Bugar, 7 Artis Tanah Air Ini Idap Autoimun!

  • Whatsapp
Terlihat Segar Bugar, 7 Artis Tanah Air Ini Idap Autoimun!


Parents, pernahkah Anda mendengar penyakit autoimun? Tak hanya orang biasa, beberapa artis juga ada yang mengidap autoimun. Walaupun artis idap autoimun terlihat sehat dan bugar, nyatanya setiap hari mereka berjuang menghadapi penyakit yang tak bisa disembuhkan ini.

Bacaan Lainnya

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang malah menyerang sel sehat di dalam tubuhnya sendiri. Ada lebih dari 80 penyakit yang digolongkan penyakit autoimun. Beberapa di antaranya memiliki gejala serupa yaitu kelelahan, nyeri otot, dan demam.

Normalnya, sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan organisme asing seperti bakteri atau virus. Ketika terserang organisme asing, sistem kekebalan tubuh akan melepas antibodi untuk melawan dan mencegah terjadinya penyakit.

Berbeda dengan kebanyakan orang, sistem kekebalan tubuh pada penderita autoimun malah menganggap sel tubuh sehat sebagai organisme asing dan memasang mode tempur. Selanjutnya, antibodi yang dilepaskan sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat tersebut.

7 Artis Idap Autoimun, Terlihat Sehat Walau Hidup dengan Penyakit

1. Andrea Dian

Andrea Dian diketahui merupakan salah satu artis tanah air yang mengidap autoimun. Kabar ini ia ungkap ketika dirinya dinyatakan positif COVID-19 pada awal pandemi tahun lalu. Akhirnya, Andrea harus berjuang melawan dua penyakit sekaligus.

“Kemarin sih dokter bilang sebenernya itu berpengaruh sama imunnya aja, jadi orang yang tadinya mungkin bisa imunnya cepet naiknya, gua tuh dibawah, enggak bisa secepat itu,” ungkap Andrea Dian dalam akun YouTube Robert Harianto beberapa waktu lalu seperti dikutip dari Kompas. 

Suami Andrea, Ganindra Bimo, mengira  antibodi yang ada di tubuh Dian akan membantu melawan virus corona tapi tenyata keduanya saling melawan.

“Kata dokternya juga kalau orang kan lawan virusnya (aja) kalau Andrea itu jadi ngelawan dua. Lawan virus sama imunnya. Gua pikir itu antibodinya akan tinggi ngelawan COVID-19 tapi ternyata enggak. Dua-duanya ngelawan badannya,” jelas Bimo.

Beruntung, setelah menjalani isolasi mandiri dan perawatan ia dinyatakan sembuh dan boleh pulang ke rumah.

Artikel terkait: 5 Artis Dinikahi Pendeta, Beda Profesi Dipersatukan Tuhan dalam Pernikahan

2. Jessica Iskandar

Artis Idap Autoimun

Beberapa waktu lalu, Jessica Iskandar juga membagikan kabar bahwa dirinya didiagnosis menderita penyakit Takikardia. Hal ini diketahui setelah ia menjalani sederet tes dan perawatan. Terungkaplah bahwa gejala yang dialaminya mengarah pada penyakit Graves Disease Autoimmune Hyperthyroidism.

Melalui vlog-nya, Jessica Iskandar menuturkan kalau ia masih memiliki harapan karena penyakit tersebut bisa disembuhkan. Kini, mantan kekasih Richard Kyle ini menjalani sejumlah pengobatan demi kesembuhan penyakitnya.

3. Qory Sandioriva

Artis Idap Autoimun

Putri Indonesia 2009 Qory Sandioriva juga divonis menderita autoimun. Sempat lama tak terlihat di layar kaca, Qory menuturkan bahwa ia mengidap dua jenis penyakit autoimun sekaligus yaitu sjogren’s syndrome dan lupus.

Tak ingin begitu saja menyerah pada penyakitnya, Qory sempat pergi ke Korea demi menjalani pengobatan. Mantan istri Ramon Y. Tungka ini menuturkan kalau temannya merasa kasihan melihatnya pingsan bahkan sempat mengalami kelumpuhan.

“Saya ke Korea kemarin, temen saya kasihan ngelihat saya yang kadang pingsan, kadang lumpuh, karena autoimun itu bisa menyerang syaraf,” tutur Qory. 

Autoimun yang menyerang Qory memang membuat lemak dalam tubuhnya menekan tulang belakang hingga berdampak pada syaraf di kepalanya.

Artikel terkait: 11 Rumah Mewah Artis Indonesia Bak Istana, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

4. Enzy Storia

Terlihat Segar Bugar, 7 Artis Tanah Air Ini Idap Autoimun!

Selalu menunjukkan pembawaan yang ceria dan tawa riang, siapa sangka presenter kocak Enzy Storia mengidap autoimun. Enzy Storia didiagnosa mengidap autoimun saat masih bersekolah pada 2009 lalu.

Awalnya, Enzy merasakan bengkak di area tumit kaki sebelah kiri hingga jari-jarinya terasa ngilu. Kala itu, Enzy berpikir positif dan mengira dirinya terkena asam urat. Mengira juga bahwa itu hanya keseleo biasa, Enzy lalu memanggil tukang urut ke rumahnya.

Karena gejala tak kunjung hilang, ia pun memutuskan berkonsultasi ke rumah sakit. Saat itulah ia baru tahu bahwa ada autoimun di dalam tubuhnya. Enzy pun rutin mengonsumsi obat-obatan untuk meredam gejala yang ia rasakan.

5. Raditya Dika

Terlihat Segar Bugar, 7 Artis Tanah Air Ini Idap Autoimun!

Banyolan yang jenaka dan menghibur banyak orang membuat kita pasti tak menyangka bahwa Raditya Dika masuk dalam daftar artis idap autoimun. Kondisi tersebut diketahui dalam sebuah video yang diunggahmya di channel YouTube beberapa waktu lalu.

Saat itu suami Anisa Aziza ini mengatakan kalau ia akan pergi ke Singapura untuk check up. Dalam video bertajuk “PERTAMA KALI BAYI NAIK PESAWAT! HASILNYA..” tersebut, diketahuilah bahwa ia mengidap autoimun.

“Halo semua, hari ini kami mau ke Singapura karena gue mau check-up setahun sekali untuk penyakit autoimun gue. Tiap tahun gue selalu ke Singapura, ke rumah sakit yang sama buat check-up,” ujarnya.

Artikel terkait: 19 Artis Indonesia yang Punya Wajah Mirip, Kayak Kembar!

6. Ashanty Termasuk Artis Idap Autoimun

Terlihat Segar Bugar, 7 Artis Tanah Air Ini Idap Autoimun!

Ashanty adalah artis yang sebelumnya juga tak menyangka mengidap autoimun. Sebenarnya, ia telah merasakan beberapa gejala pada tubuhnya. Namun, hal tersebut tidak diambil pusing olehnya.

Kondisinya terungkap kala ia menemani sang suami periksa ke dr. Terawan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto. Kala itu, Ashanty hanya menemani Anang melakukan pemeriksaan rutin Digital Subtraction Angiography (DSA) pada organ dalamnya.

Tak disangka, dokter Terawan menyarankan Ashanty untuk turut melakukan pemeriksaan. Ketika hasilnya keluar, Ashanty pun terkejut dengan hasilnya positif autoimun. Ia pun lalu berencana berobat ke Turki karena ada rumah sakit bagus khusus autoimun di negeri multikultur tersebut.

7. Cici Panda juga Salah Satu Artis Idap Autoimun

Terlihat Segar Bugar, 7 Artis Tanah Air Ini Idap Autoimun!

Presenter yang semakin jarang muncul di layar kaca ini ternyata juga survivor autoimun. Ya, Cici Panda mengidap autoimun sejak 2015 silam.

Ia didiagnosa mengidap autoimun vaskulinitis yang menyebabkan peradangan di bawah kulit. Akibat penyakit autoimun tersebut, Cici Panda sampai harus menunggu 8 tahun untuk hamil anak kedua.

Cici Panda kerap membagikan perjuangan kehamilan keduanya kala itu mulai dari awal mengandung hingga melahirkan melalui akun Instagram pribadinya. Terlebih ia berjuang melewati proses melahirkan sembari melawan autoimun.

***

Itulah deretan artis idap autoimun yang berusaha tetap tegar menjalani hidup dengan kondisi penyakit yang harus mereka hadapi setiap hari seumur hidupnya. 

Baca juga: 

Selain Tsania Marwa, Ini 5 Artis yang Pernah Berebut Hak Asuh Anak

10 Foto Lebaran Keluarga Artis Indonesia, Ada yang Cuma Pakai Kaos!

Selain Larissa Chou, Ini 5 Artis yang Nikah Muda Namun Berakhir Cerai

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *