2 Doa Nabi Yusuf Beserta Bacaan Arab, Arti dan Keutamaannya, Bisa Membuat Rumah Tangga Harmonis

  • Whatsapp
2 Doa Nabi Yusuf Beserta Bacaan Arab, Arti dan Keutamaannya, Bisa Membuat Rumah Tangga Harmonis


Ada doa-doa para nabi yang diabadikan dalam Al Quran. Salah satunya yaitu doa Nabi Yusuf. Ada banyak keistimewaan dalam doa ini yang bisa Parents amalkan setiap hari. 

Bacaan Lainnya

Doa adalah salah satu bentuk permohonan dari hamba kepada Tuhannya. Bahkan para Nabi juga selalu berdoa kepada Allah SWT serta menjadikan doa sebagai senjata ketika sedang dalam keadaan yang sulit sekalipun.

Allah berfirman dalam Al Quran Surah Al-Mu’min ayat 60:

“Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina.”

Artikel terkait: 3 Doa Nabi Sulaiman yang Bisa Diamalkan Sehari-hari, Yuk, Hafalkan!

Doa Nabi Yusuf

Doa Nabi Yusuf

Melansir Nu Online, berikut ini beberapa doa Nabi Yusuf dan keutamannya.

1. Doa Agar Dijauhkan dari Godaan Setan

Seperti yang sering kita baca dalam kisahnya, Nabi Yusuf adalah nabi yang ditimpa dengan banyak cobaan. Salah satunya yaitu ketika digoda oleh sang ibu tiri. Ketika beliau mendapatkan banyak godaan, beliau hanya berdoa kepada Allah supaya dijauhkan dari tipu daya dan godaan. Ini terdapat dalam surat Yusuf ayat 33.

 قَالَ رَبِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ 

Qāla rabbis-sijnu aḥabbu ilayya mimmā yad’ụnanī ilaīh, wa illā taṣrif ‘annī kaidahunna aṣbu ilaihinna wa akum minal-jāhilīn

Artinya,” Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niscaya aku akan cenderung memenuhi keinginan mereka dan tentu aku termasuk orang yang bodoh.”

2. Doa Sebagai Pengasih

2 Doa Nabi Yusuf Beserta Bacaan Arab, Arti dan Keutamaannya, Bisa Membuat Rumah Tangga Harmonis

Ada doa Nabi Yusuf yang bisa diamalkan sebagai pengasih. Doa ini ada di dalam Quran Surat Yusuf ayat 4 seperti berikut ini:

 إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِى سَٰجِدِينَ 

Iż qāla yụsufu li`abīhi yā abati innī ra`aitu aḥada ‘asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lī sājidīn

Artinya,” (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan, ku lihat semuanya sujud kepadaku.”

Artikel terkait: 3 Doa Nabi Ibrahim yang Bisa Parents Amalkan Setiap Hari

Keutamaan Doa Nabi Yusuf

1. Terhindar dari Musibah

2 Doa Nabi Yusuf Beserta Bacaan Arab, Arti dan Keutamaannya, Bisa Membuat Rumah Tangga Harmonis

Manfaat membaca doa Nabi Yusuf selanjutnya yaitu terhindar dari berbagai musibah. Setiap muslim sangat dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT dalam suka dan duka maupun ketika mengalami musibah.

Dengan mengamalkan doa Nabi Yusuf, seorang muslim akan terhindar dari berbagai jenis musibah. Ini sesuai yang dilakukan oleh Nabi Yusuf ketika seorang wanita menggodanya. Beliau memohon agar dijauhkan dari dosa serta dihindarkan dari hawa nafsu.

2. Diberikan Kemudahan dalam Melawan Hawa Nafsu  

Doa Nabi Yusuf

Salah satu manfaat membaca doa Nabi Yusuf yaitu mendapatkan kemudahan dalam mengalahkan hawa nafsu. Sama seperti Nabi Yusuf, manusia yang ada di dunia ini pasti akan mendapatkan godaan. Ujian ini digunakan untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan seseorang.

Dengan membaca doa Nabi Yusuf, setiap muslim akan mendapatkan kekuatan dari Allah SWT dalam menghadapi  hawa nafsu. Ini tentu harus disertai dengan usaha dan ikhtiar.

3. Hubungan Rumah Tangga Lebih Harmonis

Doa Nabi Yusuf

Nabi Yusuf akhirnya menikah dengan Zulaikha yang dulu sempat menggoda Nabi Yusuf. Karena kekuasaan Allah SWT, Zulaikha akhirnya bertaubat dan kembali ke jalan yang benar. Ketika Zulaikha mendekatkan diri pada Allah, Zulaikha pun bersatu lagi dengan Nabi Yusuf.

Setiap muslim seharusnya belajar dari kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha dengan mengamalkan doa agar dicintai. Dengan demikian, pasangan suami istri bisa menjaga keharmonisan dalam suatu hubungan.

Artikel terkait: Bacaan dan Keistimewaan Doa Nabi Yunus, Insyaallah Bisa Kabulkan Hajat

4. Memancarkan Aura Wajah yang Bercahaya

2 Doa Nabi Yusuf Beserta Bacaan Arab, Arti dan Keutamaannya, Bisa Membuat Rumah Tangga Harmonis

Dengan mengamalkan doa nabi Yusuf, akan membantu Parents memiliki wajah yang beraura kuat. Wajah yang penuh cahaya artinya tidak harus menggunakan make up untuk tampil menawan.

Parents akan tampak lebih cantik atau tampan dari biasanya dengan rutin mengamalkan doa ini. Orang lain yang memandang Anda akan terpesona dengan aura yang dimiliki. Jika Anda adalah seorang pemimpin maka wajah Anda akan tampak lebih rupawan dan kharismatik.

5. Diberikan kekuatan Menghadapi Ujian

2 Doa Nabi Yusuf Beserta Bacaan Arab, Arti dan Keutamaannya, Bisa Membuat Rumah Tangga Harmonis

Sama halnya seperti Nabi Yusuf, manusia akan menghadapi ujian dari Allah. Bahkan para nabi mengalami ujian yang lebih berat daripada manusia biasa. Ujian yang diberikan pada makhlukNya akan disesuaikan dengan batas kemampuan masing-masing.

Nabi Yusuf pun mengalami ujian bahkan sejak beliau masih sangat kecil. Beliau dibuang oleh saudara-saudaranya, difitnah, dipenjara dan sebagainya.

Doa Nabi Yusufini jika rutin dibaca akan menjadi sumber kekuatan dalam menghadapi ujian. Tentu dengan seijin Allah, Parents mampu melewati berbagai jenis ujian yang diberikan.

Baca juga:

Bisa Membuat Doa Terkabul, Ini Dia 5 Manfaat Membaca Selawat Nabi

5 Doa Nabi Musa di dalam Al Quran, Begini Cara Mengamalkannya

Panduan Keluarga Muslim, Belajar Silsilah Nabi Muhammad Hingga Nabi Adam

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *