5 Fakta Unik Tentang Sifat Anak Kedua, Sosok Cerdas dan Terampil

  • Whatsapp
5 Fakta Unik Tentang Sifat Anak Kedua, Sosok Cerdas dan Terampil


Setiap anak tentu memiliki kepribadian atau sifatnya yang unik. Begitu juga anak kedua. Lantas, sebenarnya seperti apa, sih, sifat anak kedua itu, apakah benar jika mereka dianggap lebih mandiri dibanding kakak dan adiknya?

Bacaan Lainnya

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Child Development, urutan kelahiran anak memainkan peran penting dalam pembentukan kepribadian. Maka, tak heran jika anak-anak Parents di rumah memiliki sifat yang berbeda.

Si sulung atau anak pertama, biasanya cenderung memiliki kepribadian yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dibandingkan para saudaranya. Sedangkan, anak kedua memiliki kepribadian yang lebih mandiri, bahkan jika dibandingkan dengan anak sulung atau sang kakak.

Artikel terkait : Kata Psikolog: Ini 7 karakter unik anak kedua yang sering luput dari perhatian orangtua

“Saat menginjak usia remaja, anak-anak yang lahir kedua akan menunjukkan sifat seperti suka berpetualang dan mandiri. Sedangkan anak sulung, sifat mereka tidak banyak berubah dari waktu ke waktu,” jelas juru bicara penelitian dari Pennsylvania State University, University of Hawaii, dan Purdue University.

Nah, melansir berbagai sumber, yuk langsung simak saja ulasan tentang sifat anak kedua selengkapnya berikut ini!

Fakta Unik Tentang Sifat Anak Kedua

1. Sosok Cerdas dan Terampil

Dilansir dari laman Psychology Today, anak kedua merupakan sosok negosiator yang sangat baik, cerdas, dan terampil. Sifat anak kedua juga lebih mau berkompromi dalam banyak hal, sehingga ia cenderung pandai dalam berdebat.

Bukan cuma cerdas, anak kedua juga biasanya rajin. Terutama, ketika ia dihadapkan pada hal yang disukainya. Ia akan tekun dan serius mempelajari suatu hal yang memang sebelumnya berhasil menarik perhatiannya. 

2. Penyabar dan Terbuka

5 Fakta Unik Tentang Sifat Anak Kedua, Sosok Cerdas dan Terampil

Sebagian besar anak kedua juga merupakan sosok yang penyabar, di mana hal ini terlatih ketika mereka telah memiliki adik. Lalu, anak kedua juga dianggap sebagai pelopor, karena mereka memiliki kombinasi antara kepribadian yang berani mengambil risiko dan terbuka dalam segala hal, serta sering mencoba banyak hal baru.

Sebuah studi menunjukkan sekitar 85% anak kedua memiliki kepribadiaan yang terbuka dengan ide-ide baru. Serta, mereka merupakan pencari keadilan, karena ternyata sebagian besar anak kedua pernah merasakan ketidakadilan dalam keluarga saat ia tumbuh dewasa.

3. Fleksibel dan Mudah Beradaptasi

sifat anak kedua

Dalam hal ini, anak kedua terkenal memiliki kepribadian yang terbuka dengan banyak hal.  Itulah yang membuat akhirnya ia mudah berinteraksi dengan orang-orang di tempat kerjanya. Dia juga anggota tim yang fleksibel, mandiri, tapi juga sosial, serta terampil dalam dunia kerja modern.

Maka itu, jenis pekerjaan yang cocok dilakoni oleh anak kedua yaitu menjadi guru, aktor, pekerja sosial, dan diplomat. Sementara itu, anak kedua sangat tidak cocok dengan jenis pekerjaan yang membuatnya terasa seperti terisolasi, karena itu bisa membuat ia stres.

Artikel terkait : Penelitian: Anak Sulung Cenderung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

4. Sosok yang Romantis

sifat anak kedua

Di sisi lain, dalam hal percintaan, anak kedua memiliki kepribadian yang romantis. Hal ini karena mereka memang memiliki keterampilan negosiasi yang baik.

Sebuah penelitian dari Israel menyimpulkan, anak kedua tak jauh berbeda dengan orang yang memiliki darah tipe-O. Umumnya, mereka cocok dengan semua orang, sehingga membuatnya setia kepada teman, pasangan, dan mitra kerjanya.

5. Pemberontak Termasuk Sifat Anak Kedua

sifat anak kedua

Selain itu, anak kedua memiliki kepribadian yang cenderung lebih pemberontak, dibandingkan dengan para saudara mereka lainnya. Menurut penelitian, kepribadian pemberontak ini bisa lebih konservatif di kemudian hari.

Sayangnya, kepribadian pemberontak ini membuat mereka sering dianggap sebagai pembuat onar. Sebuah penelitian yang dipimpin oleh seorang ekonom MIT Joseph Doyle, dalam keluarga yang memiliki 2 anak atau lebih, ternyata anak yang lahir kedua memiliki kemungkinan 25% hingga 40% lebih besar mendapat masalah di sekolah.

Hal itu tentu saja ada alasan kuat yang mendasari membuat anak kedua akhirnya memiliki sifat pemberontak. Awalnya, penyebab anak kedua memiliki kepribadian pemberontak yaitu karena usia orangtua lebih tua ketika melahirkannya.

Akan tetapi, berdasarkan data yang ada, penyebab tersebut ternyata tidak benar. Justru, yang membuat anak kedua cenderung memiliki kepribadian yang pemberontak yaitu karena ia tumbuh di saat perhatian keluarga atau orangtuanya harus terbagi dengan sang kakak.

Artikel terkait: 15 Rekomendasi Buku yang Cocok Dibaca Anak Sebelum Beranjak Remaja

sifat anak kedua

Penyebab lainnya yaitu karena di saat anak kedua mulai mengembangkan dan membangun kepribadiannya, ia memandang jika sang kakak adalah sebagai panutan. Anak kedua tumbuh dengan cara belajar dari perilaku sang kakak mereka, tapi masih mungkin juga untuk mengembangkan dirinya sendiri, melalui apa yang ia lihat dari lingkungannya.

Biasanya, dalam proses ini pembentukan kepribadian ini, umur mereka masih terlalu kecil, sehingga sering kali ada hal tidak rasional yang memengaruhi pembentukan sifat mereka. Akhirnya, beragam faktor tersebut berkontribusi pada kemungkinan pembentukan sifat anak kedua yang pemberontak.

Itulah fakta unik seputar sifat anak kedua yang patut diketahui, atau mungkin juga belum Parents sadari hingga saat ini. Namun, terlepas dari sifat positif maupun negatif, sebaiknya Parents tidak membandingkan anak-anak hanya karena perbedaan sifat mereka, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

***

Baca juga :

Suara-Pembaruan.com/rekomendasi-buku

Suara-Pembaruan.com/nama-bayi-berarti-buruk

Suara-Pembaruan.com/fakta-anak-kedua

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *