6 Sifat Nabi Muhammad SAW yang Patut Kita Teladani dan Ajarkan pada Anak

  • Whatsapp
6 Sifat Nabi Muhammad SAW yang Patut Kita Teladani dan Ajarkan pada Anak


Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah SWT yang layak menjadi panutan umat Islam. Banyak sekali sifat dan sikap Rasulullah yang membuat banyak orang terpukau. Sebagai umat Muslim, kita diperintahkan untuk meneladani sifat Nabi Muhammad. Parents sebaiknya mengajarkan sifat-sifat ini kepada anak agar kepribadian anak menjadi baik ketika beranjak dewasa.

Bacaan Lainnya

Selain menyampaikan wahyu kepada umatNya, Nabi Muhammad SAW juga menjadi penyempurna akhlak manusia yang ada di dunia. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Bukhari yang berbunyi;

“Sesungguhnya Aku (Nabi SAW) diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak”.  

Apa saja sifat Nabi MuhammadSAW yang layak diteladani? Berikut ini penjelasannya.

Sifat Nabi Muhammad SAW yang Wajib Diteladani dan Diajarkan kepada Anak

1. Sabar

Kesabaran merupakan sifat Nabi Muhammadyang utama dan wajib dicontoh. Kesabaran tersebut dibuktikan dari perjuangannya dalam menyebarkan agama Islam. Sekalipun Rasulullah menemui banyak hambatan dan mendapatkan serangan atau cemoohan,  beliau tidak pernah sekalipun membalas hal tersebut. Sebaliknya, Rasulullah mendoakan yang terbaik untuk orang-orang yang telah melakukan kejahatan padanya.

Sikap yang penuh kesabaran dari Nabi Muhammad SAW membuatnya termasuk dalam golongan Ulul ‘Azmi. Itu menjadi gelar yang luar biasa bagi Rasulullah yang memiliki ketabahan luar biasa baik dalam hatinya maupun sikapnya.

Artikel terkait: Bacaan dan Keistimewaan Doa Nabi Yunus, Insyaallah Bisa Kabulkan Hajat

2. Jujur, Sifat Nabi Muhammad SAW yang Membuat Beliau Mendapat Julukan Al Amin

6 Sifat Nabi Muhammad yang Patut Diteladani dan Diajarkan pada Anak

Nabi Muhammad SAW memiliki kejujuran yang layak menjadi teladan bagi seluruh umat Muslim. Karena beliau adalah pria yang penuh dengan amanah dan jujur, maka tidak mengherankan jika penduduk Mekah memberikan gelar ‘Al Amin’ kepada beliau. Keberhasilan beliau dalam berdagang maupun berdakwah disebut sebagai kunci utama dari berbagai keberhasilan dalam menggapai apapun yang diinginkan olehnya.

Kejujuran juga akan menjauhkan diri kita dari berbagai jenis bahaya. Sifat jujur juga akan mendatangkan sikap bertanggung jawab, menepati janji serta melaksanakan perintah.

3. Taat Beribadah, Sifat Nabi Muhammad SAW yang Wajib Diteladani

6 Sifat Nabi Muhammad yang Patut Diteladani dan Diajarkan pada Anak

Sebagai utusan Allah SWT, tentu seorang nabi wajib taat dan rajin beribadah. Bukan hanya beribadah wajib namun juga menjalankan ibadah sunnah. Nabi Muhammad SAW juga harus senantiasa berdoa sebelum dan setelah melakukan aktivitas apa saja. Membaca doa bisa dianggap sebagai bentuk memohon perlindungan atau dianggap sebagai rasa syukur serta nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Artikel terkait: Pentingnya ajarkan si kecil keberanian dan bela kebenaran seperti kisah Nabi Musa AS

4. Tidak Sombong

6 Sifat Nabi Muhammad yang Patut Diteladani dan Diajarkan pada Anak

Sekalipun banyak keistimewaan yang dimiliki oleh Rasulullah namun beliau tidak pernah merasa sombong sedikitpun. Sebaliknya beliau selalu bersikap rendah hati dan tidak sombong apalagi sampai merendahkan orang lain. Sikap sombong diyakini bisa membawa malapetaka untuk siapa saja yang telah melakukannya. Di akhirat nanti, setiap manusia akan dimintai pertanggung jawaban atas semua kepemilikan semasa hidup di dunia.

5. Hormat Kepada Kedua Orangtua

sifat Nabi Muhammad

Meskipun Nabi Muhammad SAW menjadi yatim piatu sejak kecil namun sosok Nabi Muhammad sangat menghormati orang tua. Inilah yang diajarkan kepada setiap umatnya agar mendapatkan ridho Allah SWT. Ada berbagai bentuk menghormati kedua orang tua yang bisa dilakukan oleh umat Muslim. Di antaranya yaitu mengucapkan salam serta mencium tangan orang tua serta merawat orang tua dengan sepenuh hati ketika mereka sakit. Tentu Parents akan senang, bukan?

Artikel terkait: Belajar Sifat Jujur dan Sederhana dari Kisah Nabi Zulkifli AS

6. Cerdas/Pandai

sifat Nabi Muhammad

Sifat cerdas atau pandai adalah sifat yang pasti dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Kita bisa memahami betapa sulit tugas yang diemban oleh Rasulullah SAW sehingga sifat cerdas wajib dimiliki oleh beliau. Rasulullah SAW terkenal sebagai sosok yang cerdas dan pandai serta menjadi sangat arif dan bijaksana. Dalam pengambilan keputusan, beliau selalu menjadi pertimbangan serta pemikiran yang matang sebagai fondasi.

Tugas Parents sebagai pendidik adalah harus mengkondisikan agar anak rajin belajar, menjadi anak cerdas serta pandai. Termasuk mendampingi serta memfasilitasi berbagai kebutuhan belajar. Dengan meneladani sifat cerdas Rasulullah, anak-anak bisa menyelesaikan berbagai persoalan kehidupannya dengan lebih baik.

***

Manfaat meneladani sifat Nabi MuhammadSAW yaitu anak bisa mengikuti sifat serta akhlaknya yang mulia. Di akhirat, anak-anak nanti akan bertemu serta bersama dengan Rasulullah. Sebagai orang tua, kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah serta ridlo dari Allah SWT.  Menjadikan anak-anak sebagai sosok yang mulia memang membutuhkan perjuangan, Parents. Namun hasilnya akan sepadan.

Baca juga:

Bolehkah Puasa Syawal dan Qadha Puasa Wajib Dilakukan Bersamaan? Ini Hukumnya

Perbedaan Itu Indah, Begini 10 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara

Bukan Perkara Mudah, Ini 5 Rahasiaku Mengajarkan si Kecil Puasa

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *