Baca agar Terhindar dari Musibah, 3 Doa Tolak Bala Beserta Latin dan Artinya

  • Whatsapp
Baca agar Terhindar dari Musibah, 3 Doa Tolak Bala Beserta Latin dan Artinya


Datangnya bala bencana atau musibah tak bisa kita prediksi kapan datangnya. Berbagai bentuk kejadian buruk dapat menimpa sewaktu-waktu. Nah, sebagai seorang muslim, salah satu cara membentengi diri dari segala keburukan tersebut adalah dengan membaca doa tolak bala.

Bacaan Lainnya

Rasulullah pun telah mengajarkan umatnya untuk senantiasa membaca doa agar Allah memberikan perlindungan terbaik. Sebagaimana sabdanya dalam sebuah hadist:

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya: “Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari)

Doa adalah perisai utama bagi setiap muslim. Maka berdoalah dengan penuh keyakinan bahwa Allah memperkenankan doa tersebut.

ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ

Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (HR. Tirmidzi, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Artikel terkait: 4 Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat Serta Waktu Terbaik Melafalkannya, Catat!

3 Doa Tolak Bala Beserta Latin dan Artinya

Semua orang tentu ingin selalu terhindar dari keburukan dan mendapatkan perlindungan oleh Allah SWT setiap saat. Selain senantiasa menjaga diri dan bersikap waspada, terdapat tiga doa yang bisa Parents panjatkan agar terhindarkan dari bala bencana.

1. Doa Tolak Bala dalam Al Quran

doa tolak bala

Doa pertama adalah doa memohon perlindungan sesuai yang termaktub dalam Al Quran. Doa ini bisa Parents panjatkan sesering mungkin, misalnya usai salat atau saat bepergian.

Robbii inni auudzubika an asalaka ma laisa lii bihi ‘ilmun wa illa taghfir lii wa tarhamnii akun minal khoosiriin

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku berlindung pada‐Mu dari sesuatu yang aku tidak tahu hakikatnya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun serta tidak menaruh belas kasihan padaku, niscaya aku termasuk orang‐orang yang merugi.” (QS. Hûd : 47)

Artikel terkait: Doa Sapu Jagat dan Keutamaannya, Yuk Hafalkan dan Ajarkan pada Anak!

2. Doa yang Dicontohkan Rasulullah

doa tolak bala

Dari Ustman bin Affan RA, ia pernah mendengar Rasulullah SAW menganjurkan bacaan doa berikut agar terhindar dari bala. Doa ini termasuk salah satu doa mustajab.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzii laa yadhurru ma’asmihi syai un fil ardhi wa laa fissamaa i wahuwassamii’ul ‘aliim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

3. Bacaan Doa Usai Shalat Berjamaah

Baca agar Terhindar dari Musibah, 3 Doa Tolak Bala Beserta Latin dan Artinya

Ada pula doa yang kerap dibaca usai salat berjamaah. Berikut ini lafalnya:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَاوَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

****

Nah, itulah tadi 3 doa tolak bala yang bisa Parents amalkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

Ingin Dagangan Laris Manis? Ini Doa yang Perlu Dibaca, Parents!

3 Doa Nabi Ibrahim yang Bisa Parents Amalkan Setiap Hari

Begini Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun, Parents Wajib Tahu!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *