Deretan Stadion Terbesar yang Ada di Bumi

  • Whatsapp
Deretan Stadion Terbesar yang Ada di Bumi


Menjadi cabang olahraga dengan peminat dan penggemar terbanyak, sepak bola memerlukan sarana berupa stadion berkapasitas besar, yang mampu menampung puluhan hingga jutaan ribu massa. Menonton pertandingan sepak bola secara langsung juga akan membuahkan kepuasan tersendiri untuk pendukung klub sepak bola. 

Bacaan Lainnya

Photo by Fionn Große on Unsplash

Selain itu, saat hadir di pertandingan langsung, tidak hanya prestasi atlet yang diperbincangkan tapi juga fasilitas dan stadion tempat laga terjadi. Nah, mengutip dari berbagai sumber, berikut ini dereta stadion terbesar yang ada di bumi.

Stadion Stade des Martyrs
Stade des Martyrs de la Pentecote (Martir dari Stadion Pentakosta), juga dikenal sebagai Stade des Martyrs, sebelumnya dikenal sebagai Stade Kamanyola, adalah stadion sepakbola yang terletak di Kota Lingwala di Kinshasa, ibu kota Republik Demokratik Kongo (DR Kongo).

Stadion ini adalah kandang Tim Nasional Republik Demokratik Kongo dan dua klub ibu kota yakni AS Vita Club dan DC Motema Pembe. Stadion ini memiliki kapasitas 80,000 untuk pertandingan internasional, tetapi memiliki kapasitas total 125.000 orang.

Rungrado May Day Stadium
Stadion yang berlokasi di Pyongyang, Korea Utara ini memiliki kapasitas penonton hingga 114.000. Stadion yang pembangunannya selesai pada 1989 ini, tidak hanya ditujukan untuk pertandingan sepak bola saja, melainkan juga untuk beberapa acara atletik lainnya dan event kenegaraan.

Salah satu acara yang pernah diselenggarakan di stadion ini adalah World Festival of Youth and Students. Kini, stadion Rungrado May Day lebih banyak digunakan untuk penyelenggaraan Festival Arirang.

Stadion yang biasa disebut dengan RMD ini, memiliki atap bergigi yang melengkung dan tampak seperti bunga magnolia. Selain itu, lapangan utama dari stadion ini memiliki luas sebesar 22.500 meter persegi dengan total luas lantai stadion sebesar 207.000 meter persegi.

Stadion Sardar Patel
Stadion terbesar lainnya terletak di Ahmedabad, sebuah kota di India. Stadion memiliki kapasitas 110.000. Stadion Sardar Patel, juga disebut Stadion Motera, dibangun di lokasi yang sama, yang sebelumnya hanya berkapasitas 49.000.

Stadion diresmikan pada 2020 oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden AS saat itu Donald Trump. Stadion Sardar Patel kini menjadi stadion kriket terbesar di dunia. Kriket memiliki penggemar di seluruh dunia, tetapi kriket menjadi olahraga paling populer di negara tersebut.

Stadion Beaver
Stadion terbesar keempat di dunia dan terbesar kedua di AS terletak di University Park, Pennsylvania. Dibuka pada 1960, stadion memiliki kapasitas 106.572. 

Sekarang berfungsi kandang untuk tim NFL Penn State Nittany Lions. Beaver Stadium adalah tempat pertama dan terpenting untuk NFLperguruan tinggi. Faktanya, pada 2016, stadion tersebut terpilih sebagai tempat NFL terbaik dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh USA Today.

Stadion Melbourne Cricket Ground (MCG)
Salah satu stadion terbesar di dunia ini lebih banyak digunakan untuk gelaran olahraga kriket. Ini karena sepak bola memang bukan favorit bagi warga di Negeri Kanguru. 

Berkapasitas 100.028 pentonton, Cricket Ground dibangun dilahan seluas 171 m x 146 m. Terletak di Yarra Park, Melbourne, Victoria. Ini adalah stadion terbesar di seluruh belahan bumi selatan dan memiliki menara pencahayaan tertinggi di setiap tempat olahraga.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *