Connect with us

Published

on


Suara-Pembaruan.com – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta menggandeng salah satu Hotel yaitu Hotel GranDhika Iskandarsyah Jakarta untuk memberikan ruang bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di antaranya dengan mempromosikan busana batik dalam gelaran acara “Batik dan Generasi Kartini Kini”.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf DKI Jakarta Helma Dahlia saat dijumpai di Hotel GranDhika Iskandarsyah, Rabu, 7 April 2021. Ini merupakan bazar yang dilangsungkan secara langsung atau offline pertama selama pandemi COVID-19 berlangsung di Ibu Kota Jakarta.

“Harapannya dengan kolaborasi Hotel GranDhika dan Disparekraf DKI Jakarta ini dapat men-trigger hotel- hotel lainnya yang ada di Jakarta memberikan ruang atau kegiatan serupa bagi para UMKM. Karena ini kan bagian dari pemulihan ekonomi, membantu para binaan Disparekraf ini kembali meningkatkan pendapatannya,” katanya.

Bentuk kolaborasi yang diberikan Hotel GranDhika Iskandarsyah bagi para pelaku UMKM itu dengan memberikan ruang lobinya secara gratis untuk pameran dan promosi batik- batik hasil UMKM di DKI Jakarta.

Bertepatan dengan momen perayaan Hari Kartini, untuk itu UMKM yang mengikuti baZar difokuskan pada busana yang dirintis dan dirancang oleh para wanita.

Bazar ini pun sangat mematuhi protokol kesehatan sehingga pesertanya pun tidak banyak untuk menjaga agar tidak terjadi kerumunan.

Sementara General Manager Hotel GranDhika Iskandarsyah Jakarta Adi Sampurno mengatakan kehadiran bazar “Batik dan Generasi Kartini Kini” diprakarsai sebagai rasa apresiasi kepada para wanita pelaku UMKM di masa yang penuh adaptasi ini.

Ke depannya ia berharap kegiatan yang melibatkan UMKM dapat kembali dilakukan untuk mendukung pemulihan perekonomian di Provinsi DKI Jakarta.

“Ini event pertama kami yang bekerjasama dengan UMKM, ke depannya kami juga menyiapkan beberapa event lagi, yang tentunya tetap bekerjasama dengan UMKM,” ujar Adi.

Kesempatan bazar langsung itu pun disambut dengan sangat baik oleh para pelaku UMKM yang terlibat. Salah satu pelaku UMKM yang terlibat dan memberikan respon positif dalam bazar itu adalah Amalia Rachmadhani pemilik usaha kriya “Pinkapicca Craft”.

“Kami sangat senang sekali, apa lagi acara bazar seperti ini dalam satu tahun terakhir kan tidak ada. Bisa dibilang kami dalam kondisi ‘mati suri’ jadi acara ini sangat membantu kami lagi untuk bangkit dan mulai memasarkan produk kami,” kata Amalia.

“Pinkapicca Craft” menyediakan aksesoris pendukung busana seperti tas, topi, masker, hingga sandal berbahan batik yang unik.

Selain Amalia, dua UMKM lainnya yang terlibat dalam bazar “Batik dan Generasi Kartini Kini” adalah Selvia Lie dengan “Tiba” dan Noviatry Metri Mudita dari “Klambi Abite”.

“Tiba” berfokus pada produk pakaian batik yang didesain mengikuti tren milenial.

Sementara “Klambi Abite” berfokus pada produk pakaian batik lurik dan bertema etnik. Bazar itu akan berlangsung mulai Rabu (7/4) hingga Jumat (30/4). (red/pen)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Suara Pemda

Wali Kota Pekanbaru Berencana Terapkan PPKM Rabu Ini

Published

on

By


Suara-Pembaruan.comWalikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, S.T., M.T menegaskan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM) mikro baru berlangsung, Rabu (14/4). Ruang lingkup penerapannya di RW.

Hal ini sesuai Keputusan Walikota Pekanbaru No.402 PPKM Mikro dan mengoptimalkan penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan untuk pengendalian Covid-19.

“Tapi pemetaan belum tuntas, kita segera pertajam pemetaan. Sebab kita turunkan ruang lingkup dari kelurahan ke RW,” terangnya, Senin (12/4).

Hasil proses pemetaan nantinya tertuang dalam surat keputusan. Hasil pemetaan berisi wilayah yang menerapkan PPKM.

“Kalau sudah selesai Selasa, tentunya Rabu bisa diterapkan,” jelasnya.

Walikota pun mengingatkan tim satgas di tingkat kelurahan bisa siap menerapkan PPKM. Ia mengatakan bahwa regulasi penerapan PPKM di Kota Pekanbaru mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri.

Dirinya menyebut pemerintah kota juga memperkuat Peraturan Walikota Pekanbaru No.130 Tahun 2020 tentang Perubahan Pedoman Prilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif dan Aman Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Pekanbaru.

“Adanya penguatan ini mendukung penerapan PPKM di Kota Pekanbaru,” ujarnya.

 



Continue Reading

Suara Pemda

Siap Amankan Kebijakan Larangan Mudik, Masyarakat yang Nekat akan Dipaksa Putar Balik

Published

on

By


Suara-Pembaruan.com – Jajaran aparat kepolisian di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Demak, siap mengamankan kebijakan larangan mudik dari pemerintah. Masyarakat yang nekat mudik, terancam akan diputar balik.

Hal itu disampaikan Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama pada apel keselamatan lalu lintas Candi 2021 menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442 H di Halaman Setda Kabupaten Demak, Senin (12/4/2021). Menurutnya, untuk meminimalkan penyebaran Covid-19, masyarakat diimbau untuk tidak mudik pada Lebaran kali ini.

Pihaknya pun terus menyosialisasikan larangan mudik tersebut. Termasuk, pada operasi keselamatan lalu lintas di Demak, yang khusus untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang larangan mudik.

“Jika ada mereka yang nekat melakukan mudik akan kita paksa untuk kembali putar balik dari arah semula. Penempatan petugas atau personel, kita tempatkan di perbatasan dan titik strategis untuk mengawasi mereka yang nekat mudik,” tegas Kapolres.

Disampaikan, tema dalam agenda kali ini yaitu, mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang mantap dan pencegahan penyebaran Covid-19, dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan, serta tidak melaksanakan mudik lebaran pada tahun ini.

Selanjutnya, bersama Wakil Bupati Demak, Kapolres dengan didampingi beberapa pejabat melakukan pengecekan kendaraan operasional petugas, untuk mengetahui kondisi dan kesiapan sarana tugas.



Continue Reading

Suara Pemda

Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil, Bupati Tinjau Pasar Tradisional Semarang Jelang Ramadan

Published

on

By


Suara-Pembaruan.comBupati Semarang Ngesti Nugraha memastikan harga kebutuhan pokok stabil dengan melakukan pantauan di Pasar Bandarjo sehari menjelang Ramadan, Senin (12/4/2021).

“Kita ingin memastikan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadan tahun ini stabil dan tidak ada lonjakan harga,” katanya di hadapan para wartawan.

Disampaikan, dari hasil pantauan, terjadi kenaikan harga untuk komoditas telur dan daging ayam. Namun, kenaikan harga tersebut masih dinilai wajar. Selain itu harga beras dan bawang merah stabil.

“Secara keseluruhan harga berbagai komoditas termasuk hasil pertanian masih relatif stabil,” ungkapnya.

Bupati mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan melakukan operasi pasar jika terjadi lonjakan harga yang meresahkan warga.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan (Diskumperindag) Kabupaten Semarang melalui Kepala Bidang Perdagangan Widada Mutiara menjelaskan, pantauan dilakukan di beberapa pasar tradisional utama seperti Pasar Bandarjo, Babadan, Karang Jati, Projo, Suruh, dan Sumowono. Berdasarkan pantauan, pasokan komoditas kebutuhan pokok, seperti telur, daging ayam, dan daging sapi ke pasar tradisional, masih mencukupi.

“Ketiga komoditas itu yang rawan naik saat Ramadan dan menjelang lebaran nanti,” terangnya.

Data di Diskumperindag, lanjut Widada, harga daging ayam ras tercatat Rp38 ribu per kilogram, harga daging sapi rata-rata Rp115 ribu per kilogram, dan daging ayam kampung rata-rata Rp70 ribu per ekor. Untuk harga cabai merah keriting Rp40 ribu per kilogram, dan cabai rawit hijau Rp 45 ribu.

Pada kesempatan itu, selain melakukan pantauan harga, Bupati bersama rombongan juga membagikan 1.460 masker medis, 695 masker kain, 74 botol hand sanitizer ukuran 200 ml, dan 72 botol ukuran 500 ml kepada para pedagang dan pengunjung pasar.



Continue Reading

Headline

Headline3 jam ago

Skill Langka yang Paling Dicari oleh Perusahaan Ternama di 2021 | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Sudah serba daring, banyak orang yang kini mulai terjun ke dunia bisnis. Banyaknya kegiatan yang beralih dari sistem offline...

Headline7 jam ago

Rahasia Membuat Kue Lamington yang Gurih dan Manisnya Pas | Suara-Pembaruan.com

www.instagram.com Pernah dengar istilah Lamington, dong? Kue ini beberapa tahun lalu sempat diadopsi salah satu selebriti yang membuka usaha oleh-oleh...

Headline1 hari ago

Tips Tampil Stylish dengan Belted Cullotes yang Kekinian | Suara-Pembaruan.com

www.marieclaire.com Tampil dengan jeans setiap hari mungkin akan membuat pemakai setianya bosan. Bagaimana kalau sesekali kamu mencoba belted cullotes yang tak...

Headline1 hari ago

Cara Membuat Chicken Schnitzel dengan Salad Sebagai Menu Makan Siang Baru | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Bingung mau bekal makan siang apa buat besok? Coba sisihkan nasi dan tempemu sejenak. Coba panganan ala Barat bernama...

Headline3 hari ago

Tempat Berburu Kerajinan Tangan di Yogyakarta

Tak hanya dianugerahi pesona alam, Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja juga menyimpan banyak potensi karya kerajinan tangan...

Headline3 hari ago

Menciptakan Cinta Abadi, Menurut Orang Yunani Kuno

Semua orang ingin menemukan jenis cinta yang bertahan lama. Faktanya, orang Yunani Kuno mengidentifikasi delapan jenis cinta yang berbeda. Dan,...

Headline3 hari ago

NU Care Gelar Khitanan dan Operasi Katarak Gratis Hasil Donasi Konsumen Alfamart

Suara-Pembaruan.com, Mustafa, seorang pemuda berusia 24 tahun menunggu bapaknya yang sedang menjalani operasi katarak di klinik Asshomadiyah Medicare Centre, Kelurahan...

Headline3 hari ago

Bagaimana Jenggot Pria Bisa Mengubah Gaya

Fakta tak terbantahkan bahwa jenggot membuat pria lebih menarik. Apalagi, banyak pria yang disurvei menjawab bahwa mereka merasa lebih tampan...

Headline4 hari ago

Terobosan Digital, Solusi Jitu UMKM Go Global

Pandemi Covid 19 ternyata juga membawa dampak positif bagi UMKM Indonesia. Bagaimana tidak, melalui sentuhan teknologi digital dan komunikasi mampu...

Headline4 hari ago

Dua Kapal Perang TNI AL Berhasil Menembakan Rudal C-705

Mengenai Target!! Dua Kapal perang TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI Clurit-641 dan KRI Kujang 642 berhasil menembakan peluru kendali...

Trending

Copyright © 2021 Suara-Pembaruan.com | Kerjasama dan kolaborasi silahkan email: pimpinanmedia@gmail.com. Hotline 0817-21-7070