Pelindo III dan Pemkot Surabaya Perkuat UMKM di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
Pelindo III dan Pemkot Surabaya Perkuat UMKM di Tengah Pandemi


Suara-Pembaruan.com – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersinergi untuk pemperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto saat bincang kompas secara daring bersama Walikota Surabaya, Eri Cahyadi dan juga Dosen FEB Unesa, Rosa Prafitri Juniarti dengan tema Penguatan Ekonomi Kota Surabaya dengan mengokohkan UMKM yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT Kota Surabaya ke 728, Selasa (15/6/2021).

Edi menyampaikan, sebagai Badan Usaha Milik Negara, Pelindo III memiliki dua program unggulan dalam mendukung UMKM, diantaranya adalah program pendanaan UMKM melalui pembiayaan dan pembinaan usaha mikro dan kecil serta program TJSL yang merupakan program berkelanjutan melalui 4 pilar yaitu sosial, lingkungan ekonomi dan hukum dan tata kelola. Hal ini menurut Edi sudah menjadi bagian dari kewajiban Pelindo III sebagai BUMN memberi manfaat bagi masyarakat khususnya UMKM.

“Pelindo III merupakan bagian dari negara yang wajib turut membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat, salah satunya yang kami lakukan adalah upaya bantuan pada UMKM melalui program pembiayaan dan TJSL kepada para UMKM di wilayah kerja kami khususnya Surabaya”. Ujar Edi Priyanto.

Hingga saat ini Pelindo III i telah membantu 159 UMKM dengan bentuk pembiayaan mencapai total Rp18,4 miliar dana pinjaman modal hingga stimulus pinjaman sebesar Rp662 juta kepada 11 UMKM di Surabaya. Pelindo III berharap upaya tersebut bisa membantu masyarakat keluar dari kondisi krisis dampak dari pandemi Covid-19 yang masih berjalan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menambahkan, meskipun jajaranya telah melakukan berbagai hal untuk memajukan UMKM mulai dari kemudahan proses perijinan hingga mewajibkan jajarannya untuk menggunakan produk UMKM, namun tetap tidak bisa dilakukan sendiri, perlu dukungan berbagai pihak, salah satunya seperti yang dilakukan Pelindo III. Eri yakin yang dilakukan pihaknya dan Pelindo III pada UMKM Surabaya menjadi penguat pondasi ekonomi kota melalui UMKM.

“Kami telah melakukan berbagai upaya dalam mengokohkan UMKM kami namun tentu ini tidak bisa kami lakukan sendiri, dukungan dari berbagai pihak akan sangat bermanfaat bagi kemajuan UMKM. Karena kami sadar UMKM menjadi pondasi ekonomi dalam kondisi krisis seperti saat ini,”tuturnya Eri Cahyadi.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *