Nella Kharisma Digigit Tomcat Saat Hamil 8 Bulan, Bagaimana Penanganannya?

  • Whatsapp
Nella Kharisma Digigit Tomcat Saat Hamil 8 Bulan, Bagaimana Penanganannya?
banner 468x60


Biduan Nella Kharisma dan sang suami Dory Harsa kini tengah berbahagia menantikan kelahiran anak pertama. Seperti telah diketahui sebelumnya, kehamilan Nella sudah memasuki usia 8 bulan. Sayangnya, belum lama beredar kabar Nella Kharisma digigit tomcat!

Bacaan Lainnya
banner 300250

Cerita Nella Kharisma Digigit Tomcat

Sabar menanti, rasa penasaran warganet akhirnya terjawab ketika pertengahan April lalu Nella mengumumkan kabar kehamilan. Mengikuti saran kerabat sepuh di dekatnya membuat ia memutuskan tidak tergesa-gesa mengumumkan kabar gembira tersebut.

Merasa sudah menemukan waktu yang tepat, Nella Kharisma akhirnya mengumumkannya melalui sesi tanya jawab dengan warganet dan para penggemarnya dalam video bertajuk ‘Netizen Bertanya Nella Hamil?’ yang diunggah di akun YouTube Dory Harsa Music pada Sabtu (24/4/2021).

“Jadi sebenarnya kita itu mau ngumuminnya dari dulu. Pas pertama kali test pack. Jadi di bulan Desember 2020 itu aku pagi-pagi di tanggal 21 Desember, pulang dari Jakarta aku ngetes pas bangun tidur, ternyata hasilnya, taraaa (positif). Sudah mau enam bulan.

Niat kita, tuh, mau langsung umumin ke kalian semua. Tapi kata orang Jawa, jangan dulu kalau belum tiga bulan. Itu menurut orang-orang tua, pamali katanya,” ujar Nella antusias.

Akan tetapi, kebahagiaan pasangan ini kini telah terusik. Baru-baru ini beredar kabar bahwa Nella digigit tomcat dalam kehamilannya. Hal ini terlihat di akun Instagram Dory Harsa. Dalam unggahannya, terlihat Nella berpose dengan kondisi wajah dipenuhi bercak merah di area pipinya.

Nella Kharisma Digigit Tomcat hingga Muncul Bercak Merah di Wajah

Belakangan diketahui bercak merah tersebut diakibatkan serangga jenis tomcat. Hal itu dibuktikan dengan penemuan tomcat yang sudah mati di area kamar tidur Nella Kharisma.

“Ada yang tahu obat pembasmi tomcat? Lekas sembuh bumilku,” urai Dory Harsa diikuti emoticon sedih. Tidak mau kejadian ini berulang, pasangan ini sigap membersihkan area kamar tidur agar tomcat hilang.

“Siang tadi, dibantu oleh bapak @doryharsa. Kami adalah team pembasmi tomcat,” tulis Nella Kharisma. Kini, Nella tengah dalam masa penyembuhan.

Artikel terkait: Baru Terungkap, Nella Kharisma Umumkan Sudah Hamil 6 Bulan

Mengatasi Gigitan Serangga Saat Hamil

Apa yang dialami Nella Kharisma bisa mengenai siapa saja. Menariknya, fakta memaparkan bahwa ibu hamil nyatanya menjadi sasaran empuk para serangga!

Hal ini diamini oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, yang menuturkan bahwa nyamuk pembawa malaria menganggap ibu hamil lebih menarik daripada perempuan yang tidak hamil. Kesimpulannya, ibu hamil memikat jumlah nyamuk dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak hamil.

Satu pengamatan lain memaparkan bahwa di akhir kehamilan, ibu hamil mengembuskan udara 21 persen lebih banyak daripada yang tidak hamil. Hal ini yang membuat nyamuk tertarik pada kelembapan ekstra dan karbondioksida pada napas yang diembuskan tersebut.

Adapun suhu perut ditengarai turut menjadi faktor. Suhu perut seorang perempuan kemungkinan lebih tinggi 0,7 derajat celcius ketika hamil. Zat volatile yang terlepas dari permukaan kulit yang hangat sontak menarik perhatian serangga.

Perawatan dini dapat membantu mengurangi gejala dan efek samping gigitan serangga selama kehamilan. Kebanyakan gigitan dan sengatan dapat dirawat di rumah, jika reaksinya ringan. Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Artikel terkait: Sempat Disembunyikan, Ini Potret Pernikahan Nella Kharisma dan Dory Harsa

1. Gunakan Kompres Dingin

Cerita Nella Kharisma Digigit Tomcat

Mengatasi gigitan serangga termasuk tomcat yang dapat dilakukan saat hamil ialah menggunakan kompres dingin. Cucilah dan bersihkan area yang terkena gigitan serangga dengan air sesegera mungkin.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menggunakan kompres es yang dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada area yang tergigit serangga.

2. Salep Antigatal

Jika kompres dingin dirasa tak efektif, oleskan salep antigatal pada area kulit yang digigit serangga. Pastikan produk salep yang dipilih aman untuk bumil, ya. Anda bisa mencoba losion kalamin atau salep hidrokortison, sebagai cara mengatasi gigitan serangga saat hamil.

3. Obat Penghilang Rasa Sakit

Selanjutnya adalah konsumsi obat penghilang rasa sakit. Tak bisa dipungkiri selain gatal, gigitan serangga memungkinkan timbulnya rasa sakit akibat peradangan pada kulit. Namun sebelumnya, konsultasikan lebih dulu ke dokter kandungan perihal obat yang dapat dikonsumsi tanpa membahayakan kehamilan dan janin.

Artikel terkait: Ini 5 bahan alami untuk usir serangga, kecoa dan semut bisa minggat!

4. Pertolongan Pertama

Cerita Nella Kharisma Digigit Tomcat

Melakukan pertolongan pertama alias pencegahan adalah hal krusial untuk dilakukan. Merujuk Center for Disease Control and Prevention, ini deretan langkah yang dapat dilakukan:

  • Kenakan pakaian yang tertutup. Pakaian berwarna terang kurang menarik bagi banyak serangga menggigit. Jika berada di luar ruangan, tutupi kulit dengan mengenakan baju lengan panjang, celana panjang, sepatu, dan kaus kaki.
  • Pengendalian hama berkala dapat menghilangkan sarang dan meminimalkan reproduksi serangga yang menggigit.
  • Hindari produk beraroma kuat seperti parfum, deodoran, sabun, dan sampo karena baunya dapat menarik serangga.
  • Hindari keluar saat fajar dan senja karena nyamuk dan serangga lainnya sangat aktif di waktu ini. Tutup pintu dan jendela juga dapat membantu menghindari serangga.
  • Jauhi tanaman berbunga, kolam dan rawa-rawa, kompos, dan area sampah karena serangga betah berkumpul di tempat yang kotor dan lembap seperti ini.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan kelambu di sekitar tempat tidur.
  • Jika Anda memiliki hewan piaraan, rawat dengan berkala agar selalu bersih.

Digigit serangga termasuk tomcat saat hamil seperti yang dialami Nella Kharisma memang sangat mengganggu, tetapi tidak semuanya mengakibatkan komplikasi serius. Periksakan dengan dokter kandungan untuk anjuran medis terbaik.

Baca juga:

Sempat Bedrest Total hingga Turun BB 4Kg, Ini Kondisi Nella Kharisma saat Hamil

Unggah Foto USG, Hidung Bayi Nella Kharisma Jadi Sorotan Warganet

Ayah Meninggal Dunia, Nella Kharisma: “Suwargi Langgeng, Pak,”

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *