7 Bentuk Dukungan Suami Saat Istri Hamil, Menyehatkan Kehamilan hingga Persalinan

  • Whatsapp
7 Bentuk Dukungan Suami Saat Istri Hamil, Menyehatkan Kehamilan hingga Persalinan


Menjalani kehamilan bukanlah hal yang mudah. Ibu hamil akan mengalami sejumlah perubahan baik secara fisik maupun emosi. Belum lagi ketika perut sudah semakin membesar, biasanya ia akan makin sulit menjalani aktivitas sehari-harinya. Nah, di sinilah dukungan suami saat istri hamil dibutuhkan. Baik dukungan psikologis maupun fisik, tentunya akan bermanfaat demi kesehatan istri Anda selama masa kehamilan hingga melahirkan nanti.

Bacaan Lainnya

Masa kehamilan sebaiknya tidak ditanggung sepihak saja oleh sang ibu, tetapi libatkan juga suami untuk berperan sebagai penolong yang selalu siaga dan memberi dukungan. Kehamilan membuat ibu tidak hanya mengalami perubahan secara fisik saja, loh. Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh juga dapat membuat ibu mengalami ketidakstabilan emosi. Maka itu, untuk membantu Bumil melewati rintangan tersebut, peran suami pun dibutuhkan.

Selengkapnya, melansir berbagai sumber, yuk, langsung saja simak bentuk dukungan bagi Bumil yang bisa pak suami berikan sebagai berikut!

Dukungan Suami Saat Istri Hamil, Punya Banyak Manfaat hingga Persalinan Tiba

1. Temani Istri Memeriksa Kandungan

Hal yang paling menyedihkan bagi istri yang sedang hamil adalah jarangnya suami ikut berperan dalam menemani dirinya ke dokter untuk memeriksa kandungan. Sebab, pastilah istri ingin berbagi kebahagian ketika mendengar detak jantung si kecil.

Peran suami pun yang paling penting adalah ikut menanyakan kondisi ibu dan janin ketika menemani istri periksa kandungan. Dengan begitu, istri Anda akan merasa diperhatikan oleh suaminya dan membuat dirinya bahagia. Sebab, ibu hamil akan lebih sensitif dari sebelumnya.

2. Mengingatkan untuk Konsumsi Vitamin

Pekerjaan istri dan tanggung jawabnya di rumah terkadang membuat ia mengabaikan hal-hal terkecil misal konsumsi vitamin. Nah, sebagai suami, Anda bisa menyiapkannya dengan memberikan sarapan terlebih dahulu untuk penunjang sebelum meminum vitaminnya.

Namun, ketika Anda sedang bekerja di luar kota misalnya, kirimkan pesan singkat sebagai pengingat untuk sang istri mengonsumsi vitamin yang diberikan oleh dokter.

3. Membantu Sang Istri Menghitung Tendangan si Kecil dalam Perut

7 Bentuk Dukungan Suami Saat Istri Hamil, Menyehatkan Kehamilan hingga Persalinan

Aktivitas ini merupakan jalinan ikatan antara suami-istri, sekaligus sebagai metode sederhana untuk memastikan istri Anda mendapatkan kehamilan yang sehat. Untuk menentukan tendangan si kecil, baiknya sesaat sebelum Parents tidur. Mintalah istri Anda untuk berbaring

Pilih satu jam di siang hari (yang terbaik adalah saat Anda berdua bersiap untuk tidur) dan berbaring dengan istri Anda dengan tangan di perutnya. Rasakan tendangan bayi dan hitung dengan istri Anda. Pada saat yang sama, Anda dapat bernyanyi dan berbicara dengan bayi Anda sehingga dia akan mengenali suara Anda saat mereka lahir.

Untuk melacak penghitungan dengan lebih baik, Anda dapat mengunduh aplikasi theAsianparent dan memanfaatkan fitur penghitung tendangan.

Artikel terkait: Risiko Sering Hamil dan Melahirkan, Bisa Ancam Keselamatan Ibu serta bayi

4. Memberikan Pijatan 

7 Bentuk Dukungan Suami Saat Istri Hamil, Menyehatkan Kehamilan hingga Persalinan

Seiring bertambahnya usia kehamilan, ada banyak perubahan dan keluhan yang dialami oleh ibu hamil. Misal, kaki yang membengkak. Pijatan akan sangat membantunya apalagi sambil rutin disediakan air hangat. Hal itu bisa membantu mengatasi keluhan bengkak di kakinya.

Sederhana, tapi langkah ini pastinya akan membuat istri Anda sangat nyaman di masa kehamilannya, loh. 

5. Membantu Pekerjaan Rumah

7 Bentuk Dukungan Suami Saat Istri Hamil, Menyehatkan Kehamilan hingga Persalinan

Saat hamil, kondisi fisik istri Anda pun akan mengalami perubahan. Ia mungkin tidak bisa cekatan seperti sebelum hamil, bahkan mudah kelelahan. Untuk itu, bantuan kecil Anda sebagai suami dalam membantu pekerjaan rumah pun akan membuatnya bisa beristirahat.

Tidak ada salahnya bantu istri Anda untuk mencuci piring kotor, pakaian kotor, menyapu dan mengepel lantai rumah, ya. 

Artikel terkait ; 16 Bentuk Dukungan Keluarga untuk Ibu Hamil Berdasarkan Kebutuhannya

6. Belajar Tentang Kehamilan dan Persalinan

Dukungan suami saat istri hamil

Meskipun yang mengalami kehamilan dan melakukan persalinan adalah istri Anda. Namun, sebagai suami yang terus mendampingi dan menjadi support system untuknya, jangan ragu belajar dan mencari informasi mengenai kehamilan. Karena sebagai support system, Anda pun perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni, bukan?

7. Senantiasa Berikan Perhatian pada Istri

Dukungan suami saat istri hamil

Sensitivitas ibu hamil akan meningkat berkali-kali lipat. Untuk itu, tidak ada salahnya berikan perhatian ekstra juga kepada istri Anda. Sebab, dengan perhatian dari Anda sebagai suami, ibu hamil merasa bahagia. Bentuk perhatian yang diberikan misalnya, menanyakan keadannya dan bisa juga ajak sang istri untuk mulai mempersiapkan kamar bayi.

Dengan begitu, istri Anda akan merasa bahwa tidak hanya dirinya yang turut antusias dan bahagia menyambut kelahiran si kecil. 

Artikel terkait ; Parents, Ini 8 Cara Mendukung Ibu yang Baru Mengalami Stillbirth

Parents, itulah beberapa bentuk dukungan yang bisa diberikan suami saat istri hamil. Suami merupakan support system utama bagai para istri dalam menjalani kehamilan. Maka itu, untuk para Suami, tetap ada dan support istri Anda dengan penuh cinta dan kasih sayang, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

***

Baca juga:

Lezat dan Kaya Nutrisi, Ini 6 Produk Susu untuk Busui Lancar MengASIhi

Ini 5 Perlengkapan Setelah Melahirkan yang Wajib Bunda Miliki

7 Upaya Memulihkan Rasa Duka Setelah Stillbirth, Jangan Ragu Melakukannya!

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *